Peningkatan Pengetahuan Pembuatan Game dalam Rangka Pengenalan Industri Kreatif pada Siswa di Madrasah Aliyah An-Nur Samarinda

Abstract views: 489 , Pdf downloads: 398
Keywords: game ;industri kreatif; software ; construk

Abstract

Game merupakan industri yang sangat besar saat ini.Menurut data asosiasi IP development, Cipta Kreasi (CAKRA) pasar game Indonesia pada 2018 lalu mencapai US$1,13 miliar atau setara Rp 16 triliun (asumsi Rp 14.000/US$). Sayang game buatan lokal hanya menguasai 0,2%. Sisanya dikuasai game buatan luar negeri.  pemerinta harus fokus untuk mendorong produksi game nasional menjadi sektor unggulan untuk membantu perekonomian nasional. Untuk meningkatkan industri kreatif bidang game maka diperlukan kegiatana pengabdian masyarakat yang bertujuan untuk meningkatkan pengetahuan guru dan siswa dalam membuat game dengan berbagai software yang ada melalui pelatihan.   software yang digunakan untuk pembuatan adalah software construk 2.0 tahapan yang dilakuakan dalam pelatihan ini adalah pre test, pemberian materi pelatihan,praktik pembuatan game, post test dan pemantauan hasil.  kegiatan program pengabidan masyarakat untuk peningkatan pengetahuan pembuatan game dalam rangka penegenalan industrikreatif dengan cara pelatihan dapat mewujudkan wirausaha baru di bidang industri kreatif.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Adiwijaya, M., S, K. I., & Christyono, Y. (2015). Perancangan Game Edukasi Platform Belajar Matematika Berbasis Android Menggunakan Construct 2. Transient, 4(1), 128–133.

Ardiantoro, L., & Rohmah, M. F. (2019). Komputerisasi Untuk Peningkatan Layanan Nasabah Pada Bank Sampah Gaposi Sejahter Mojokerto. Bantenese-Jurnal Pengabdian Masyarakat, 1(2).

Damar, P. (2015). Bikin Game Tanpa Coding dengan Construct 2. Yogyakarta: Penerbit Andi.

Dirgantara, H. B., Prabowo, Y. D., Kurniawati, Y. E., Windriyani, P., Septanto, H., & Marselino, T. L. (2020). Pelatihan Pengenalan Game Maker Studio dan. Kalbisabdimas, 3(10), 45–47.

E, E., Usman, A., & Dafitri, H. (2019). Peluang Industri Kreatif Melalui Pelatihan Pembuatan Video Kreatif Bagi Mahasiswa Akademi Dakwah Indonesia Sumatera Utara. Jtunas, 1(1), 39. https://doi.org/10.30645/jtunas.v1i1.11

gustaf Leonandri, D. (2020). Meningkatkan Keterampilan Mahasiswa Melalui Kegiatan Expert Sharing in Revenue Management di Politeknik Pariwisata Palembang. BANTENESE-Jurnal Pengabdian Masyarakat, 2(1), 42–49.

Martono, K. T. (2015). Pengembangan Game Dengan Menggunakan Game Engine Game Maker. Jurnal Sistem Komputer, 5(1), 23–30.

Nugroho, M. T. (2019). Industri Kreatif berbasis Budaya Peluang dan Tantangan di Era Industry 4.0.

PlumX Metrics

Published
2020-12-31
How to Cite
Qomariah, S., Rangan, A. Y. and Amelia Yusnita (2020) “Peningkatan Pengetahuan Pembuatan Game dalam Rangka Pengenalan Industri Kreatif pada Siswa di Madrasah Aliyah An-Nur Samarinda”, BANTENESE : JURNAL PENGABDIAN MASYARAKAT, 2(2), pp. 110-119. doi: 10.30656/ps2pm.v2i2.2872.