Author Guidelines

Petunjuk Penulisan

Pengantar

Bantenese: Jurnal Pengabdian kepada Masyarakat yang diterbitkan oleh Pusat Studi Sosial dan Pengabdian Masyarakat (PSPM) Fisipkum Universitas Serang Raya. Jurnal ini meliputi berbagai kajian terkait pengabdian masyarakat dari berbagai bidang ilmu dengan menggunakan dua bahasa (Inggris dan Bahasa Indonesia). Fokus dan ruang lingkup pengabdian masyarakat pada jurnal ini diantaranya publikasi ilmiah di bidang pembangunan manusia dan daya saing bangsa, pengentasan kemiskinan berbasis sumber daya lokal, pengelolaan wilayah pedesaan dan pesisir berkearifan lokal, pengembangan ekonomi lokal dan nasional, sociopreuner, industri kreatif, dan UMKM, sosial dan budaya dan harmoni sosial. Terbit dua kali dalam satu tahun yaitu pada bulan Januari-Juni dan Bulan Juli-Desember

 Judul: Isi kolom judul naskah dalam kasus kalimat.

  1. Abstrak: Tempel abstrak ke bidang abstrak; pastikan bahwa pemformatan konsisten dengan manuskrip (mis. superskrip dan miring).
  2. Kata kunci: Berikan maksimum enam kata / frasa, dipisahkan dengan titik koma.
  3. Referensi: Referensi harus ditulis sesuai dengan APA (gaya referensi yang dipilih Kumawula: Jurnal Pengabdian kepada Masyarakat), tetapi dengan nama jurnal yang ditulis lengkap (tidak disingkat). Pisahkan setiap referensi individu dengan garis kosong.
  4. Sampul surat. Selain manuskrip dan file tambahannya, sertakan surat pengantar singkat yang menyatakan pentingnya penelitian dan kebaruan hasil, serta bagaimana itu akan menarik bagi pembaca Bantenese: Jurnal Pengabdian kepada Masyarakat. Penulis dapat secara opsional menyarankan dua pengulas potensial dari institusi yang berbeda untuk naskah mereka, yang dengannya tidak ada konflik kepentingan.
  5. Halaman judul. Berisi judul naskah, diikuti oleh nama penulis, afiliasi, dan email korespondensi.
  6. File tambahan apa pun seperti kuesioner dan data pendukung lainnya tidak lebih dari 3 halaman.

 

Struktur Naskah

Judul. Gunakan judul yang ringkas dan informatif dalam kasus kalimat, dengan maksimum 16 kata.

  1. Berikan alamat pos lengkap dari afiliasi masing-masing penulis, termasuk nama jalan dan nomor, kota, kode ZIP, dan negara.
  2. Harus terdiri dari satu paragraf tidak lebih dari 200 kata. Berikan latar belakang dan tujuan dari makalah ini, hasil utamanya, dan kesimpulannya. Hindari menggunakan singkatan dan kutipan.
  3. Kata kunci. Sertakan maksimum enam kata kunci atau frasa, disusun menurut abjad dan dipisahkan menggunakan tanda titik koma (;). Gunakan istilah spesifik dan relevan yang tidak muncul dalam judul, sehingga artikel lebih mudah ditemukan di mesin pencari. Jangan gunakan istilah yang terlalu umum atau terlalu panjang.
  4. Bagian ini harus secara singkat menjelaskan latar belakang penelitian, memberikan ulasan singkat tentang literatur terkait, menyatakan keaslian penelitian, dan menyatakan tujuan penelitian. Bagian ini juga membahas masalah, tantangan, atau persyaratan faktual dan aktual yang dibutuhkan oleh masyarakat yang terkait dengan tujuan penelitian.
  5. Tinjauan pustaka atau konseptual. Tinjauan literatur adalah ringkasan dan penjelasan tentang kondisi pengetahuan lengkap dan terkini tentang topik terbatas seperti yang ditemukan dalam buku-buku akademik dan artikel jurnal. Analisis konseptual hanya akan mencakup referensi untuk karya-karya yang diperlukan untuk analisis (meskipun secara subyektif menghilangkan karya yang mungkin bertentangan dengan analisis tidak dapat diterima dalam karya ilmiah)
  6. Desain penelitian atau Metode. Gabungkan metode dan prosedur yang digunakan menjadi satu bagian naratif. Informasi yang cukup harus disediakan untuk memungkinkan pengulangan penelitian. Untuk sumber komersial materi, nama perusahaan, dan kota dan negara di mana mereka berada harus ditunjukkan.
  7. Jelaskan hasil penelitian. Data harus disajikan sesingkat mungkin, dan dalam bentuk tabel atau gambar jika sesuai, meskipun tabel yang sangat besar harus dihindari. Jika perlu, bagian ini dapat digabungkan dengan bagian Diskusi menjadi bagian Hasil dan diskusi.
  8. Bagian ini harus menjadi interpretasi hasil pekerjaan (bukan pengulangan dari mereka) dalam konteks penelitian sebelumnya. Hindari referensi literatur yang diterbitkan secara berlebihan. Jika perlu, bagian ini dapat digabungkan dengan bagian Hasil menjadi bagian Hasil dan diskusi.
  9. Kesimpulan utama dari penelitian ini dapat disajikan dalam bagian Kesimpulan yang berdiri sendiri atau dimasukkan sebagai subbagian dari bagian Diskusi.
  10. Ucapan Terima Kasih. Akui siapa saja yang berkontribusi dalam penelitian ini, serta dana atau hibah yang diterima untuk mendukungnya. Nama-nama organisasi pendanaan harus ditulis lengkap, bersama dengan nomor hibah, jika tersedia.
  11. Daftar semua item menurut abjad. Sastra yang dikutip selama konstruksi makalah termasuk dalam daftar pustaka. Untuk tujuan efisiensi dan keringkasan, hindari menggunakan lebih dari 40 referensi dan kurang dari 10, terdiri dari 70% referensi jurnal dan 30% referensi buku. Referensi jurnal minimal 5 tahun terakhir, sedangkan referensi buku. Bantense: Jurnal Pengabdian kepada Masyarakat menggunakan format APA 6th Edition (American Psychological Association).