Pelatihan Kepemimpinan dan Peningkatan Kapasitas Public Speaking di Pondok Pesantren Assa’adah Cikeusal Kabupaten Serang

  • Endang Tri Santi Program Studi Ilmu Komunikasi Fisipkum Universitas Serang Raya
  • Marthalena Marthalena Program Studi Ilmu Komunikasi Fisipkum Universitas Serang Raya
  • Rethorika Berthanila Program Studi Administrasi Negara Fisipkum Universitas Serang Raya
  • Indrianti Azhar Firdausi Program Studi Ilmu Komunikasi Fisipkum Universitas Serang Raya
  • Rahmi Mulyasih Program Studi Ilmu Komunikasi Fisipkum Universitas Serang Raya
  • Fitria Agustin Program Studi Ilmu Hukum Fisipkum Universitas Serang Raya
Abstract views: 75 , Pdf downloads: 52
Keywords: Pelatihan kepemimpinan, Keterampilan Berbicara, Pondok pesantren Assa’adah

Abstract

Public speaking merupakan keterampilan dasar yang harus dimiliki oleh siapapun, karena kemampuan berbicara di hadapan publik akan sangat dibutuhkan di semua bidang kehidupan. Tidak hanya laki-laki, tetapi di zaman yang modern dengan kecanggihan teknologi yang sangat mumpuni saat ini, Perempuan pun juga harus mampu menambah skill public speaking. Oleh karenanya, kegiatan ini mengambil tema peningkatan kapasitas public speaking dan memilih santri di salah satu pesantren yang ada di daerah Serang Banten. Hal ini karena Pesantren dianggap salah satu tempat atau wadah yang tepat dalam menanamkan dasar-dasar Kepemimpinan dan Public Speaking, baik secara konsep maupun secara praktik. Adapun pesantren yang dipilih dalam pengabdian ini adalah Pondok Pesantren Assa’adah Cikeusal Kabupaten Serang. Kegiatan ini dikemas dengan Seminar dan pelatihan dengan praktik secara langsung oleh peserta dihadapan Pemateri. Susunan materi yang diberikan adalah Penanaman nilai dasar kepemimpinan bagi organisasi, Bagaimana membangun komunikasi yang efektif, kemudian dilanjutkan pada materi inti yakni Public Speaking. Pelatihan berjalan sangat efektif, dengan melibatkan siswa yang banyak sekali berkontribusi dengan praktik langsung baik, yang tidak hanya menggunakan Bahasa Indonesia saja, melainkan menggunakan Bahasa Arab dan Bahasa Inggris

Downloads

Download data is not yet available.

References

Dewi, F. U. (2013). Public Speaking Kunci Sukses Bicara di Depan Publik Teori dan Praktek. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Masduki, Rambat, N. Sasaongko, and S. Widodo. (2009). “Latihan Kepemimpinan Dasar Untuk Meningkatkan Kompetensi Kepemimpinan Pengurus Organisasi Siswa Intra Sekolah (OSIS),”Universitas Bengkulu”

Oktavianti and F. Rusdi. (2019). “Belajar Public Speaking Sebagai Komunikasi Yang Efektif,” J. Bakti Masy. Indones., vol. 2, no. 1, pp. 117–122.

Sirait, C.B& Sirait, B. (2016). The Power of Public Speaking Kiat Cerdas Berbicara di Depan Publik. Jakarta: Elex Media Komputindo.

Wiratama, N. S. (2021). Kemampuan Public Speaking dalam Pembelajaran Sejarah. Istoria: Jurnal Pendidikan dan Sejarah.17(1), 1-14.

Swarte, W., & Ramadhaniyah, R. (2022). Pelatihan Dan Pembuatan Sistem Akuntansi Berbasis Excel Pada PT. Wiragas Karya Abadi Pesawaran. Bantenese: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 4(1), 1–6. https://doi.org/10.30656/ps2pm.v4i1.4658.

PlumX Metrics

Published
2023-12-30
How to Cite
Santi, E. T., Marthalena, M., Berthanila, R., Firdausi, I. A., Mulyasih, R. and Agustin, F. (2023) “Pelatihan Kepemimpinan dan Peningkatan Kapasitas Public Speaking di Pondok Pesantren Assa’adah Cikeusal Kabupaten Serang”, BANTENESE : JURNAL PENGABDIAN MASYARAKAT, 5(2), pp. 527-533. doi: 10.30656/ps2pm.v5i2.7709.