Penguatan Literasi Bahasa Inggris Siswa SD Melalui Storytelling di Desa Kuripan

  • Hastuti Retno Kuspiyah Universitas Nurul Huda
  • Cyndi Mareta Shandy Universitas Nurul Huda
Abstract views: 89 , Pdf downloads: 72
Keywords: Literasi, Storytelling

Abstract

Literasi mempunyai arti penting, sebagaimana selaras dengan mandat pendidikan di Indonesia.Saat ini, pendidikan khususnya di tingkat sekolah dasar, berfokus pada peningkatan keterampilan literasi.Berdasarkan hasil obesrvasi yang telah dilakukan di ketahui bahwa minat baca peserta didik sangat rendah bahkan terdapat beberapa peserta didik di kelas tinggi yang belum bisa dan lancar membaca. Melihat masalah yang timbul diharapkan dengan adanya program pengabdian ini dapat memberikan dampak positif yang dapat menumbuhkan semangat siswa untuk membaca dan meningkatkan kemampuan literasinya.Tujuan dari pengabdian masyarakat ini mahasiswa berupaya untuk meningkatkan kemampuan literasi pada diri setiap siswa SD di Desa Kuripan dengan menggunakan metode Storytelling. Selama tahap pengembangan, Storytelling digunakan untuk mengkomunikasikan informasi modul pembelajaran secara efektif. Di SD Negeri desa Kuripan sangatlah antusias mendengarkan dan mempraktekkan. Pendidik harus memiliki kemampuan menceritakan anekdot sekaligus mendiskusikan berbagai tantangan, guna membangun rasa hubungan emosional antara siswa dan gurunya.

 

Downloads

Download data is not yet available.

References

Dewi, A. S., Arifin, Z., Purnomo, E., & Siswanto, H. (2023). Adaptasi Teknologi Dan Literasi Melalui Program Kampus Mengajar Di Sekolah Dasar Negeri 01 Plumbon. Jurnal Ilmiah Kampus Mengajar, 3(1), 26–34. Https://Doi.Org/10.56972/Jikm.V3i1.61

Hermawan, R. (2020). Pengaruh Literasi Terhadap Keterampilan Membaca Pada Siswa Kelas Iv Sd Inpres 12 Kabupaten Sorong. Jurnal Papeda, 2.

Khairudin, Z. (2013). A Study Of Students‟ Reading Interests In A Second Language. International Education Studies.

Kharizmi, M. (2015). Kesulitan Siswa Sekolah Dasar Dalam Meningkatkan Kemampuan Literasi. Jupendas: Jurnal Pendidikan Dasar, 2(2), 11–21.

Makkawaru, M. (2019). Pentingnya Pendidikan Bagi Kehidupan Dan Pendidikan Karakter Dalam Dunia Pendidikan. Jurnal Konsepsi, 8.

Marputri. (2016). Meningkatkan Kemampuan Bahasa Anak Melalui Kegiatan Bercerita Di Paud Nurul Hidayah Aceh Besar. Jurnal Ilmiah Mahasiswa Pendidikan Anak Usia Dini.

Maryani, Y. (2022). Implementasi Metode Storytelling Berbasis Literasi Dalam Meningkatkan Kemampuan Membaca Permulaan Pada Anak Usia Dini. Jurnal Ceria (Cerdas Energik Responsif Inovatif Adaptif).

Mirzaqon. (2017). Studi Kepustakaan Mengenai Landasan Teori Dan Praktik Konseling Expressive Writing. Jurnal Bk Unesa.

Muningsih. (2015). Penerapan Metode K-Means Untuk Clustering Produk Online Shop Dalam Penentuan Stok Barang. Bianglala Informatika.

Permatasari. (2017). Literasi Dini Dengan Teknik Bercerita. Familyedu: Jurnal Pendidikan Kesejahteraan Keluarga.

Rohman. (2017). Membangun Budaya Membaca Pada Anak Melalui Program Gerakan Literasi Sekolah. Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Dasar.

Rohman, A. (2022). Literasi Dalam Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Di Era Disrupsi. Eunoia (Jurnal Pendidikan Bahasa Indonesia).

Rumaf, N. (2020). Penerapan Gaya Literasi Read And Writing Bagi Siswa Di Sd Labschool Stkip Muhammadiyah Sorong Warmon Kokoda Kabupaten Sorong. Jurnal Abdimasa.

Santoso. (2016). Budaya Literasi Dalam Pembelajaran Bahasa. Jurnal Pendidikan Bahasa Dan Sastra Indonesia.

PlumX Metrics

Published
2023-12-28
How to Cite
Kuspiyah, H. R. and Shandy, C. M. (2023) “Penguatan Literasi Bahasa Inggris Siswa SD Melalui Storytelling di Desa Kuripan”, BANTENESE : JURNAL PENGABDIAN MASYARAKAT, 5(2), pp. 378-385. doi: 10.30656/ps2pm.v5i2.7675.