Kekayaan Intelektual dan Pemanfaatan Produk Usaha Mikro Kecil Menengah Golok Untuk Meningkatkan Kesejahteraan di Desa Tejamari Kecamatan Baros

  • Sulasno Program Studi Ilmu Hukum Universitas Serang Raya
  • Inge Dwisvimiar Fakultas Hukum Universitas Sultan Ageng Tirtayasa
  • Lina Karlina Program Studi Ilmu Hukum Universitas Serang Raya
Abstract views: 33 , Pdf downloads: 41
Keywords: Produk UMKM, Digital Marketing, Kekayaan intelektual

Abstract

Kekurang pahaman masyarakat Desa Tejamari terkait dengan kekayaan intelektual perlu mendapatkan perhatian yang serius dari berbagai pihak utamanya dari pihak pemerintahan daerah Kabupaten Pandeglang. Salah satunya berkaitan dengan pemanfaatan usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM) merupakan salah satu upaya strategis dalam menggerakkan perekonomian lokal serta mendorong kemandirian ekonomi masyarakat. Di tengah persaingan global dan dinamika pasar semakin kompleks, kualitas produk menjadi hal yang sangat penting yang dapat mempengaruhi daya saing UMKM. Pelaksanaan pengabdian masyarakat ini bertujuan untuk meningkatkan pemanfaatan produk pada UMKM Golok yang berlokasi di Kampung Pasir Sirem, Desa Tejamari, Kecamatan Baros. Metode pelaksanaan yang digunakan dalam pengabdian ini meliputi survei lapangan dan pelatihan digital marketing kepada pemilik UMKM Golok. Survei lapangan dilakukan untuk mengidentifikasi tantangan dan potensi yang dimiliki oleh UMKM Golok dalam meningkatkan kredibilitas produk mereka. Adapun hasil pengabdian ini menunjukkan bahwa pemahaman yang lebih baik mengenai manajemen produksi, pengembangan kekayaan intelektual (merek, cipta, paten. desain industri, rahasia dagang. DTLST) dan strategi pemasaran memberikan dampak positif terhadap kualitas produk dan persepsi pelanggan terhadap kualitas produk UMKM Golok. Melalui pendampingan intensif, UMKM Golok mampu meningkatkan dan menyejahterakan perekonomian masyarakat setempat.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Fuadi, D. S., Akhyadi, A. S., & Saripah, I. (2021). Systematic Review: Strategi Pemberdayaan Pelaku UMKM Menuju Ekonomi Digital Melalui Aksi Sosial. Diklus: Jurnal Pendidikan Luar Sekolah, 5(1), 1-13.

Gentari, R. E., Dewi, L. M., & Hasanah, A. N. (2021). Upaya Peningkatan Penjualan dan Kemandirian Wirausahawan Golok Kecamatan Baros Kab Serang. Kaibon Abhinaya: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 3(1), 16-22.

Prasetyowati, A., Martha, J. A., & Indrawati, A. (2020). Digital Marketing.

Noor, I. H. (2010). Penelitian dan Pengabdian Masyarakat pada Perguruan Tinggi. Jurnal Pendidikan Dan Kebudayaan, 16 (3), 285-297.

PlumX Metrics

Published
2023-12-29
How to Cite
Sulasno, S., Dwisvimiar, I. and Karlina, L. (2023) “Kekayaan Intelektual dan Pemanfaatan Produk Usaha Mikro Kecil Menengah Golok Untuk Meningkatkan Kesejahteraan di Desa Tejamari Kecamatan Baros”, BANTENESE : JURNAL PENGABDIAN MASYARAKAT, 5(2), pp. 470-478. doi: 10.30656/ps2pm.v5i2.7592.