Pendayagunaan Potensi Kotoran Kambing Menjadi Biogas Pada Peternakan Bina Mandiri Farm Solear Tangerang Banten

  • Rifky Rifky Universitas Muhammadiyah Prof. Dr. HAMKA
  • Oktarina Heriyani Universitas Muhammadiyah Prof. Dr. HAMKA
  • Dan Mugisidi Universitas Muhammadiyah Prof. Dr. HAMKA
Abstract views: 104 , Pdf downloads: 102
Keywords: Energi, Kotoran, Kambing, Biogas, Listrik

Abstract

Sumber energi terbarukan yang berkaitan dengan sumberdaya hayati berasal dari biomassa. Biomassa merupakan bahan baku dalam produk bioenergi. Energi yang dihasilkan berbentuk gas disebut sebagai biogas. Dalam pembuatan biogas terjadi konversi energi biomassa melalui proses biokimia yang menghasilkan energi panas dan energi listrik. Bahan biogas diperoleh dari limbah pertanian, limbah peternakan, limbah kehutanan, limbah tanaman, dan limbah organik. Oleh karena itu potensi biogas sangat besar, karena limbah tumbuhan dan limbah hewan sebagai bahan baku melimpah. Limbah hewan yang digunakan untuk membuat biogas berupa kotoran hewan ternak yang salah satu contohnya adalah kotoran kambing. Kambing diternak dan dipelihara untuk dijadikan sebagai hewan akikah dan hewan kurban. Sebagai hewan untuk akikah kambing dipelihara dalam kandang. Jumlah kandang lebih dari satu memerlukan bangunan posko. Bangunan-bangunan sederhana tersebut yang hampir semua materialnya terdiri dari kayu tetap memerlukan energi untuk dapat ditempati. Kebutuhan energi untuk penerangan kandang dan posko tidak dapat dihindari. Selama ini energi listrik dipasok dari rumah sebelah, sedangkan kotoran kambing tidak dimanfaatkan. Kotoran tersebut dikumpulkan dan dikeringkan kemudian dibuang atau dibiarkan begitu saja. Sebagian ada yang memintanya untuk pupuk tanaman. Dengan demikian tampak bahwa ada permasalahan pada pengelolaan ternak kambing untuk keperluan akikah dan kurban yang berkaitan dengan efisiensi penggunaan energi dan pengelolaan limbah. Kotoran kambing harus dikelola dengan menjadikannya sebagai bahan baku biogas. Biogas dapat menghasilkan energi listrik untuk penerangan dan energi panas untuk memasak. Biogas diperoleh dari kotoran kambing yang dimasukan ke dalam reaktor/digester. Gas ini dihasilkan dari proses penguraian bahan organik oleh mikroorganisme dalam keadaan anaerob. Dalam digester yang kedap udara itu terjadi proses dekomposisi bahan organik tersebut. Melalui pemanfaatan kotoran kambing diharapkan terjadi penghematan dalam penggunaan energi listrik, sehingga dapat menekan biaya pemakaian listrik.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Amaranti, R., & Rejeki, M. S. Y. S. (2012). Energi Alternatif Dan Pupuk Organik. 12(1), 99–104.

Ana Wahyu, S. W. (2012). Penggunaan Bahan Bakar Biogas Sebagai Energi Penggerak Mula Pompa Air Model Ccwp-30. Rekayasa Teknologi, 4(2), 40–50.

Arwindah, D., Umrah, & Kasman. (2018). Formulasi Substrat Dasar Kotoran Kambing Dan Limbah Cair Tempe Dengan Inokulum Rumen Sapi Untuk Studi Awal Produksi Biogas. BIocelebes, 12(3), 41–53.

Eswanto, Ilmi, & Siahaan, A. R. (2018). Analisa Reaktor Biogas Campuran Limbah Kotoran Kambing Dengan Jerami Dan Em4 Sistem Menetap. Sintek Jurnal: Jurnal Ilmiah Teknik Mesin, 12(Vol 12, No 1 (2018): Sintek Jurnal), 40–46. https://jurnal.umj.ac.id/index.php/sintek/article/view/2626

Hendriyanto C, O., & Nabila, S. N. (2021). Produksi Biogas Dari Kombinasi Kotoran Kambing Dan Limbah Ikan Dalam Biodigester Anaerob. EnviroUS, 2(1), 88–95. https://doi.org/10.33005/envirous.v2i1.76

Luthfi, S. A. C., Fitria, R., & N.Hindratiningrum. (2021). Pemanfaatan Kotoran Kambing Sebagai Bahan Bakar Renewable (Gas Bio) Untuk Menghindari Pencemaran Lingkungan Di Desa Binangun Kecamatan Banyumas Kabupaten Banyumas. Bulletin of Applied Animal Research, 3(2), 67–70.

Putri, A. A. I. K., Asmara, W. S., & Aryana, K. (2014). Pengaruh Jenis Kotoran Ternak terhadap Kuantitas Biogas. Jurnal Kesehatan Lingkungan, 4, 45–49.

Rahmat, M. B., Putro, J. E., Widodo, H. A., & ... (2018). Potensi Sumber Energi Terbarukan dan Pupuk Organik dari Limbah Kotoran Ternak di Desa Sundul Magetan. Seminar Master …, 1509, 175–182. http://journal.ppns.ac.id/index.php/Seminarmaster/article/view/870

Santoso, M. C., Giriantari, I. A. D., & Ariastina, W. G. (2019). Studi Pemanfaatan Kotoran Ternak Untuk Pembangkit Listrik Tenaga Biogas Di Bali. Spektrum, 6(4), 58–65.

PlumX Metrics

Published
2023-12-27
How to Cite
Rifky, R., Heriyani, O. and Mugisidi , D. (2023) “Pendayagunaan Potensi Kotoran Kambing Menjadi Biogas Pada Peternakan Bina Mandiri Farm Solear Tangerang Banten”, BANTENESE : JURNAL PENGABDIAN MASYARAKAT, 5(2), pp. 370-377. doi: 10.30656/ps2pm.v5i2.7570.