Pengembangan Objek Wisata Tampomas Desa Gentasari Banjarnegara

  • Muhammad Lulu Latif Usman Institut Teknologi Telkom Purwokerto
  • Annisa Utami Institut Teknologi Telkom Purwokerto
  • Ratih Windu Arini Institut Teknologi Telkom Purwokerto
  • Muhamad Azrino Gustalika Institut Teknologi Telkom Purwokerto
Abstract views: 95 , Pdf downloads: 82
Keywords: Tampomas, Wisata, Peningkatan Objek Wisata

Abstract

Pengembangan objek wisata Tampomas di Desa Gentansari, Kabupaten Banjarnegara, Jawa Tengah, merupakan upaya penting dalam mendukung perekonomian lokal dan mempromosikan potensi wisata alam yang unik. Objek wisata ini awalnya adalah gunung batu andesit yang telah diubah menjadi danau buatan dengan dinding batu yang mengelilinginya. Pengelolaan objek wisata ini diprakarsai oleh Kelompok Sadar Wisata Desa Gentansari dan saat ini dikelola oleh BUMDes Tampomas Giri Mulya Gentansari. Kegiatan Pengabdian Masyarakat dalam pengembangan wisata yang terstruktur memiliki 5 tahapan antara lain analisis potensi wisata, penentuan jenis kegiatan, perencanaan kegiatan, pelaksanaan kegiatan, dan evaluasi. Hasil analisis potensi wisata menunjukkan bahwa daya tarik utama Tampomas adalah telaga yang menjadi pusat perhatian wisatawan. Dalam peningakatan objek wisata adalah dengan pengadaan kapal kano dan pengembangan digital marketing untuk promosi.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Anggreini, D., Maria Agatha Sri, W. H., & others. (2020). Pemberdayaan di sektor pariwisata sebagai upaya meningkatkan perekonomian masyarakat. Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 26(4), 241–247.

Murapi, I., Astarini, O., & Muliani, M. (2022). Potensi Sektor Pariwisata sebagai Strategi Pemulihan Ekonomi Provinsi NTB. Riset, Ekonomi, Akuntansi Dan Perpajakan (Rekan), 3(1), 43–54.

Rusyidi, B., & Fedryansah, M. (2018). Pengembangan pariwisata berbasis masyarakat. Focus: Jurnal Pekerjaan Sosial, 1(3), 155–165.

Santosa, E. D. A. I. (2015). Pengembangan Objek Pariwisata Sebagai Upaya Untuk Meningkatkan Ekonomi Lokal. Brawijaya University.

Suarto, E. (2017). Pengembangan Objek Wisata Berbasis Analisis Swot. Jurnal Spasial: Penelitian, Terapan Ilmu Geografi, Dan Pendidikan Geografi, 3(1).

Sumiasih, K. (2018). Peran BUMDes Dalam Pengelolaan Sektor Pariwisata (Studi di Desa Pakse Bali, Kabupaten Klungkung). Jurnal Magister Hukum Udayana (Udayana Master Law Journal), 7(4), 565–585.

Susanto, E. R., & others. (2021). Sistem Informasi Geografis (GIS) Tempat Wisata di Kabupaten Tanggamus. Jurnal Teknologi Dan Sistem Informasi, 2(3), 125–135.

Waseza, F. C. (2017). Faktor-Faktor Yang Mendukung Pengembangan Obyek Wisata Bukit Khayangan Di Kota Sungai Penuh Provinsi Jambi. Nur El-Islam, 4(1), 89–106.

Zulfah, S. (2022). Pariwisata Sebagai Sumber Pertumbuhan Ekonomi Daerah.

PlumX Metrics

Published
2023-12-27
How to Cite
Usman, M. L. L., Utami, A., Arini, R. W. and Gustalika, M. A. (2023) “Pengembangan Objek Wisata Tampomas Desa Gentasari Banjarnegara”, BANTENESE : JURNAL PENGABDIAN MASYARAKAT, 5(2), pp. 335-345. doi: 10.30656/ps2pm.v5i2.7519.