Pemberdayaan Perempuan Melalui Pelatihan Pembuatan dan Pengemasan Kerupuk Bola Ikan Mas di Desa Karyawangi Kecamatan Pulosari Kabupaten Pandeglang

  • Ratu Milah Hamdalah STISIP Banten Raya
Abstract views: 80 , Pdf downloads: 45
Keywords: Pemberdayaan Perempuan, Ekonomi Kreatif, Pengabdian Masyarakat

Abstract

Kaum perempuan khususnya ibu-ibu di Desa Karyawangi Kecamatan Pulosari Kabupaten Pandeglang mayoritas aktivitas sehari-harinya hanya dihabiskan di rumah sebagai ibu rumah tangga. Sementara, mereka memiliki kesempatan untuk meningkatkan segala potensi yang dimiliki agar dapat meningkatkan perekonomian dan kesejahteraan keluarga. Oleh karena itu, dilaksanakannya kegiatan pemberdayaan perempuan di bidang ekonomi kreatif melalui pelatihan pembuatan dan pengemasan kerupuk bola ikan mas agar ibu-ibu di Desa Karyawangi menjadi produktif, dapat berkreasi dan berinovasi dalam membuat produk kuliner dengan memanfaatkan potensi sumber daya alam yang ada di lingkungan Desa Karyawangi. Mengingat, Desa Karyawangi memiliki potensi wisata Papalidan Cisuwuk yang menjadi salah satu Destinasi Wisata Edukasi Terpadu (Dawet) Pulosari, maka nantinya produk kuliner tersebut dapat dipasarkan di lokasi wisata sebagai oleh-oleh khas dari Desa Karyawangi. Dalam pelaksanaan kegiatan pelatihan, narasumber memberikan sosialisasi terlebih dahulu mengenai ekonomi kreatif dalam upaya pemberdayaan perempuan di Desa Karyawangi. Setelah itu, penyampaian materi bahan-bahan dan peralatan yang dibutuhkan. Kemudian, melakukan demonstrasi cara pembuatan dan cara pengemasan kerupuk bola ikan mas. Selanjutnya, peserta langsung mempraktikkan materi pelatihan yang telah diberikan. Kegiatan ini mendapatkan respon sangat positif dari para peserta karena telah diberikan kesempatan untuk mendapatkan pengetahuan dan keterampilan baru. Semoga kegiatan pengabdian kepada masyarakat yang telah dilaksanakan ini, dapat memberikan manfaat untuk ibu-ibu di Desa Karyawangi sehingga mereka dapat berkarya dan mandiri, dapat membantu dalam meningkatkan perekonomian dan kesejahteraan keluarga.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Badan Pusat Statistik (BPS). “Indeks Pembangunan Gender (IPG) 2020-2021”. Jakarta: Badan Pusat Statistik (BPS). Diakses 20 Februari 2023. (https://www.bps.go.id/indicator/40/463/1/indeks-pembangunan-gender-ipg-.html).

Badan Pusat Statistik (BPS). “Indeks Pemberdayaan Gender (IDG) 2020-2021”. Jakarta: Badan Pusat Statistik (BPS). Diakses 20 Februari 2023. (https://www.bps.go.id/indicator/40/468/1/indeks-pemberdayaan-gender-idg-.html).

Elamnora, Rasha, dan Kenty Martiastuti. 2020. “Pelatihan Pembuatan dan Pengemasan Cookies Tepung Beras di Desa Segaran”. Wikrama Parahita: Jurnal Pengabdian Masyarakat 4 (2) 63-68.

Hartono, Sri, Fithri Setya Marwati, dan Sarsono. 2021. “Peningkatan Ekonomi Kreatif melalui Pelatihan Keterampilan Pembuatan Blangkon di Kelurahan Karangasem Laweyan Surakarta”. Bakti Banua: Jurnal Pengabdian kepada Masyarakat 2 (2) 7-16.

Indrawijaya, Adam Ibrahim dan Juni Pranoto. 2011. Revitalisasi Administrasi Pembangunan (Berbasis Jatidiri dan Karakter Bangsa dalam Pembangunan Nasional. Bandung: Alfabeta.

Jamaludin, Adon Nasrulloh. 2015. Sosiologi Perdesaan. Bandung: CV. Pustaka Setia.

Karwati, Lilis. 2019. Model Pemberdayaan Perempuan melalui Kewirausahaan Tata Boga untuk Meningkatkan Kesejahteraan Keluarga (Studi pada LKP Yuniza Tasikmalaya). Garut: YAF.

Kementerian Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan Republik Indonesia 2019. “Optimalisasi Peran Perempuan dalam Pembangunan.” Jakarta: Kementerian Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan Republik Indonesia. Diakses 20 Februari 2023. (https://www.kemenkopmk.go.id/optimalisasi-peran-perempuan-dalam-pembangunan).

Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Republik Indonesia. 2014. Ekonomi Kreatif: Kekuatan Baru Indonesia Menuju 2025. Jakarta: Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Republik Indonesia.

Majir, Abdul. 2021. Pendidikan Kewirausahaan Teori dan Praktik (Melahirkan Entrepreneurship Handal di Era Industry 4.0 & Society 5.0). Yogyakarta: Deepublish.

Mondy, R. Wayne and Joseph J. Mortocchio. 2016. Human Resource Management. Harlow: Pearson Education Limited.

Nugroho, Riant. 2008. Gender dan Strategi Pengarus-utamaannya di Indonesia. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Purnamasari, Vidya, Vika Annisa Qurrata, dan Bagus Shandy Nurmaditya. 2020. “Pemberdayaan Wanita melalui Peluang Usaha dalam Peningkatan Ekonomi Lokal”. Jurnal Graha Pengabdian 2 (1) 1-8.

Suharto, Edi. 2009. Membangun Masyarakat Memberdayakan Rakyat: Kajian Strategis Pembangunan Kesejahteraan Sosial dan Pekerjaan Sosial. Banung: Refika Aditama.

Stj, Rr. Christiana Mayang Anggreaeni, Titik Sulistyani, dan Eka Rachmawati. 2021. “Pemberdayaan Perempuan melalui Pelatihan Olahan Tempe, Tahu, Sagon, dan Frozen Food pada Masa Pandemi Covid-19”. Abdimas Akademika 2 (01) 55-65.

Undang-undang Nomor 15 Tahun 2001 tentang Merek.

Wahyudi, Nanang dan Sonny Satriyono. 2017. Mantra Kemasan Juara. Jakarta: PT. Elex Media Komputindo.

PlumX Metrics

Published
2023-12-25
How to Cite
Hamdalah, R. M. (2023) “Pemberdayaan Perempuan Melalui Pelatihan Pembuatan dan Pengemasan Kerupuk Bola Ikan Mas di Desa Karyawangi Kecamatan Pulosari Kabupaten Pandeglang”, BANTENESE : JURNAL PENGABDIAN MASYARAKAT, 5(2), pp. 257-268. doi: 10.30656/ps2pm.v5i2.6987.