Bimbingan Belajar Dalam Meningkatkan Minat Belajar Siswa Sekolah Dasar di Desa Batukuwung

  • Helga Merilla Zafirah Widad Universitas Sultan Ageng Tirtayasa
  • Ipah Ema Jumiati Universitas Sultan Ageng Tirtayasa
  • Dinda Rizqi Amrinaa Rosyada Universitas Sultan Ageng Tirtayasa
  • Mutiara Septiani Universitas Sultan Ageng Tirtayasa
  • Raihan Fahrezi Universitas Sultan Ageng Tirtayasa
  • Robby Sofian Gulantir Universitas Sultan Ageng Tirtayasa
  • Yohanes Willy Bona Gabe Universitas Sultan Ageng Tirtayasa
  • Khoerul Umam Universitas Sultan Ageng Tirtayasa
  • Ana Sajidah Universitas Sultan Ageng Tirtayasa
Abstract views: 628 , Pdf downloads: 517
Keywords: Bimbingan Belajar, Motivasi Belajar, Pendampingan Belajar

Abstract

Minat belajar dan kurangnya motivasi menjadi permasalahan utama yang dihadapi siswa di Desa Batukuwung. Terlihat bahwa anak desa memiliki kekurangan kesadaran akan hal pendidikan, maka dari itu pentingnya bimbingan belajar yang akan memotivasi para siswa supaya sadar akan pentingnya pendidikan untuk masa depan. Sehingga mahasiswa KKM 27 Universitas Sultan Ageng Tirtayasa bertujuan mengadakan kegiatan bimbingan belajar untuk Meningkatkan Minat Belajar Siswa Sekolah Dasar di Desa Batukuwung. Bimbingan belajar menjadi salah satu program kerja KKM 27 Universitas Sultan Ageng Tirtayasa khususnya di bidang Pendidikan. Pada penelitian pengabdian ini menitik beratkan pada siswa-siswi di Desa Batukuwung. Metode penelitian yang digunakan adalah deskriptif kualitatif. Berdasarkan hasil penelitian, kegiatan bimbingan belajar ini memberikan dampak yang signifikan seperti peningkatan pemahaman anak-anak, tumbuhnya kesadaran anak dalam belajar, anak lebih aktif dalam berdiskusi dan bertanya tentang materi yang kurang dipahami, dan bertambahnya minat untuk mengikuti kegiatan bimbingan belajar tersebut.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Abidin, Z. 2006. Layanan Bimbingan Belajar sebagai Upaya Peningkatan Kualitas Proses Belajar Mengajar. Jurnal Pemikiran Alternatif Kependidikan, Vol. 11 No. 1 34-38.

Amelia, J. 2021. Pentingnya Penerapan Bimbingan Belajar Pada Siswa Sekolah Dasar di Masa Pandemi Covid 19 di Desa Bronjong Kecamatan Bluluk. EKONOMI: JURNAL PENGABDIAN MASYARAKAT, 76-81.

Erlita, B. 2014. Slow Learner: Bagaimana Memotivasinya Dalam Belajar. Widya Dharma: Jurnal Kependidikan 27, 1-8.

Prasetya, I., Ulima, E. T., Pangestu, S. G., Anggraeni, R., & Arfiah, S. 2019. Kegiatan Bimbingan Belajar dalam Meningkatkan Minat Belajar Siswa di Kelurahan Bolong Karanganyar. Buletin KKNDik, 30-34.

Rusmawati, Y., & Santoso, A. 2019. Pendampingan Belajar Siswa Di Rumah Melalui Kegiatan Bimbingan Belajar Di Desa Guci Karanggeneng Lamongan. Jurnal Pengabdian Masyarakat, Vol.2 No.2.

Slameto. 1995. Belajar dan Faktor-faktor yang mempengaruhinya. Jakarta: Rineka Cipta.

Sriyono, H. 2021. Bimbingan dan Konseling Belajar Bagi Siswa di Sekolah. Depok: Rajagrafindo.

PlumX Metrics

Published
2022-06-30
How to Cite
Widad, H. M. Z. W., Jumiati, I. E., Rosyada, D. R. A., Septiani, M., Fahrezi, R., Gulantir, R. S., Gabe, Y. W. B., Umam, K. and Sajidah, A. (2022) “Bimbingan Belajar Dalam Meningkatkan Minat Belajar Siswa Sekolah Dasar di Desa Batukuwung”, BANTENESE : JURNAL PENGABDIAN MASYARAKAT, 4(1), pp. 20-34. doi: 10.30656/ps2pm.v4i1.4484.