Pemberdayaan Kader Posyandu melalui Peningkatan Pengetahuan Deteksi Dini Ibu Hamil Resiko Tinggi dan Keterampilan Pengukuran Tekanan Darah dan Lingkar Lengan Atas di Kelurahan Tejosari Kecamatan Metro Timur

  • Riyanto Prodi Kebidanan Metro, Politeknik Kesehatan Tanjungkarang
  • Islamiyati Prodi Kebidanan Metro, Poltekkes Tanjungkarang
  • Herlina Prodi Kebidanan Metro, Poltekkes Tanjungkarang
Abstract views: 105 , Pdf downloads: 41
Keywords: Kader posyandu; Ibu hamil risiko tinggi; Pengetahuan; Pengukuran tekanan darah.

Abstract

Risiko tinggi ibu hamil merupakan keadaan kehamilan yang dapat mengakibatkan bahaya kemungkinan terjadi komplikasi pada ibu hamil, bahkan kematian ibu saat melahirkan dan janin. Hasil studi pendahuluan pada kader Posyandu di kelurahan Tejosari kota Metro dari 16 kader yang aktif masih kurangnya kemampuan kader mengenali risiko tinggi kehamilan. Upaya yang dilakukan dengan pemberdayaan melalui pelatihan kader dengan tujuan PKM adalah meningkatkan pengetahuan kader Posyandu tentang deteksi dini ibu hamil risiko tinggi dengan pendekatan kartu skor poedji rockjati (KSPR) dan meningkatkan ketrampilan pengukuran tekanan darah dan LILA. Kegiatan pemberdayaan kader dilakukan dengan metode ceramah, diskusi, small group discussion dan praktik ketrampilan dengan simulasi. Hasil kegiatan PKM menunjukkan terdapat peningkatan pengetahuan dari rata-rata pengukuran pre test 69,67 menjadi 82,40 pada pengukuran post test dan ketrampilan dasar kader setelah pelatihan pengukuran tekanan darah dari hasil observasi rata-rata semua cukup baik dan untuk ketrampilan pengukuran LILA diperoleh hasil semua baik. Kesimpulan bahwa pemberdayaan kader Posyandu terjadi peningkatan pengetahuan dan ketrampilan tentang deteksi dini ibu hamil risiko tinggi. Perlu dilakukan pemantauan kemampuan kader langsung ke ibu hamil dalam melakukan fungsi edukasi.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Angraini, D. I., Merry, I. S., Mayasari, D. M., & Sofyan Mussabiq Wijaya, S. M. W. (2019). (2019). Pelatihan Kader Posyandu Dalam Deteksi Dini Ibu Hamil Risiko Tinggi (Risti) Di Puskesmas Karang Anyar Kabupaten Lampung Selatan. JPM Ruwa Jurai, 4(1), 13-17.

Dinkes Kota Metro (2018). Profil kesehatan kota Metro tahun 2017. Metro: Dinkes kota Metro.

Dinkes Provinsi Lampung (2017). Profil kesehatan provinsi Lampung tahun 2016. Bandarlampung: Dinkes Provinsi Lampung.

Hermawan, Y., & Suryono, Y. (2016). Partisipasi Masyarakat dalam Penyelenggaraan ProgramProgram Pusat Kegiatan Belajar Masyarakat Ngudi Kapinteran. Jurnal Pendidikan dan Pemberdayaan Masyarakat. 3(1). 97-108.

Kemenkes RI (2019). Permenkes No. 8 tahun 2019 tentang pemberdayaan masyarakat bidang kesehatan. Jakarta: Kemenkes RI

Kemenkes RI. (2017). Germas – Gerakan Masyarakat Hidup Sehat. Retreived from https://promkes.kemkes.go.id/germas

Kemenkes RI (2011). Pedoman umum pengelolaan posyandu. Jakarta: Kemenkes RI

Meilani, N., Setiyawati, N., & Estiwidani, D. (2013). Kebidanan komunitas. Yogyakarta: Fitramaya.

Rochjati P. Skrinning antenatal pada ibu hamil pengenalan faktor risiko. Surabaya: Airlangga University Press; 2011.

Saraswati, D. E., & Hariastuti, F. P. (2017). Efektivitas kartu skor Poedji Rochjati (KSPR) untuk deteksi resiko tinggi pada ibu hamil di Puskesmas Ngumpakdalem Kabupaten Bojonegoro. Jurnal Ilmu Kesehatan MAKIA, 5(1), 28-33.

Wiknjosastro (2006). Ilmu kebidanan. Edisi Ketiga. Jakarta: Yayasan Bina Pustaka Sarwono Prawirohardjo.

Published
2020-12-31
Section
Articles