Peningkatan Pengetahuan Inovasi Dalam Proses Produksi dan Pemasaran bagi Pelaku Usaha Kuliner Serabi di Desa Panyaungan Jaya Kecamatan Ciomas

  • Haris Triono Sigit Universitas Serang Raya
  • Zaenal Muttaqien Universitas Serang Raya
Abstract views: 480 , PDF downloads: 548

Abstract

Pengembangan usaha ekonomi kreatif merupakan salah satu program Pemerintah untuk mendukung peningkatan pertumbuhan ekonomi di Indonesia. Salah satu jenis ekonomi kreatif yang dapat dikembangkan adalah usaha sektor kuliner. Desa Panyaungan Jaya memiliki potensi ekonomi kreatif yang dapat dikembangkan, terlihat dari banyaknya pelaku usaha kuliner yang memproduksi beragam jenis makanan cemilan. Salah satu usaha yang terdapat di desa ini adalah usaha kuliner serabi. Pengolahan produk serabi yang ada saat ini masih menggunakan peralatan tradisional dan lingkup pemasarannya pun terbatas hanya di desa sekitar. Produk serabi yang dihasilkan hanya terdiri dari dua pilihan rasa yaitu gurih dan manis yang dibungkus dengan kemasan produk yang masih sederhana. Oleh karena itu perlu dilakukan inovasi untuk menjadikan produk serabi sebagai salah satu kuliner favorit yang diminati oleh masyarakat. Upaya yang dilakukan dalam program pengabdian masyarakat diantaranya adalah pelatihan cara pembuatan serabi dengan pengembangan inovasi rasa dan seminar tentang teknik kreatif pengemasan produk dan strategi memasarkan produk di era milenial.   

Kata Kunci: Ekonomi kreatif, Serabi, Inovasi rasa, Kemasan.

Downloads

Download data is not yet available.

PlumX Metrics

Published
2020-07-13
How to Cite
Triono Sigit, H. and Muttaqien, Z. (2020) “Peningkatan Pengetahuan Inovasi Dalam Proses Produksi dan Pemasaran bagi Pelaku Usaha Kuliner Serabi di Desa Panyaungan Jaya Kecamatan Ciomas”, BANTENESE : JURNAL PENGABDIAN MASYARAKAT, 2(1), pp. 62-70. doi: 10.30656/ps2pm.v2i1.2282.