Komputerisasi Untuk Peningkatan Layanan Nasabah Pada Bank Sampah Gaposi Sejahter Mojokerto

  • Luki Ardiantoro Universitas Islam Majapahit, Mojokerto
  • Mimin F Rohmah Universitas Islam Majapahit
Abstract views: 425 , PDF downloads: 385

Abstract

Bank Sampah adalah suatu unit kegiatan masyarakat untuk mengatasi pencemaran lingkungan di wilayah perkotaan. Bank Sampah ini memungkinkan masyarakat untuk memperoleh penghasilan tambahan, dengan mengisi tabungan menggunakan sampah yang ditimbang dan diberi nilai uang (moneter), sesuai harga yang sudah ditentukan oleh BSI ( Bank Sampah Induk ) Kota Mojokerto. BSI merupakan unit pemerintah daerah yang  penampung sampah yang terkumpul pada tiap bank sampah di masing-masing kelurahan di Kota Mojokerto. Permasalahan yang dihadapi oleh Bank Sampah “Gaposi Sejahtera “ adalah sering terjadinya kerepotan dalam transaksi dan laporan bulanan, sering tertukarnya jenis sampah dan harganya, harga sampah per kilo sering berubah, serta tidak adanya backup data yang bagus untuk menanggulangi data dari nasabah maupun jumlah tabungannya. Untuk mengatasi permasalahan diatas, peneliti berinisiatif untuk membangun sistem aplikasi untuk mengolah data tabungan pada Bank Sampah “Gaposi Sejahtera“. Perancangan menggunakan metode Waterfall, diharapakan memudahkan dalam pelayanan kepada pelanggan dan meningkatkan akurasi data.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Haryati Wattimena, Danang Aditya Nugraha. 2014. “Sistem Informasi Pengolahan Bank Sampah Malang“. Malang. [2] Jogiyanto. HM, 2018. Analisis dan desain Sistem Informasi: Pendekatan Terstruktur Teori dan Praktek Aplikasi. Bisnis, Andi Offset, Yogyakarta. [3] Kadir, Abdul. 2012. Algoritma & Pemrograman Menggunakan Java. Yogyakarta: Andy Offset, Yogyakarta. [4] Kusbianto, Deddy. 2010. Analisa & Perancangan Sistem Informasi. Bangil: STMIK Yadika. [5] Helsinawati.2017. “Analysis of the Implementation of Simple Financial Statements on Waste Bank Group in West Jakarta “. ISSN 2581-0405. [6] Lia Herlani. 2016. “Sistem Informasi Bank Sampah Pada Bank Sampah Binangkit Sukagalih “. Bandung : Universitas Komputer Indonesia [7] Mega Lestari, Rina Yuniarty Sinaga. 2014. “Pembuatan Sistem Informasi Pengolahan Data Pada Bank Sampah Bumi Lestari Yogjakarta“. Yokjakarta : AMIKOM Yogyakarta. [8] Pengetahuan dan Teknologi. 2017. “MetodeWaterfall : Definisi, Tahapan, Kelebihan dan Kekurangan”. situs http://www.pengetahuandanteknologi.com/2016/09/metode-waterfall-definisi-tahapan.html diakses pada tanggal 20 April 2018. [9] Restiani, Cahyo Darujati, Immah Inayati.2015. ”Rancang Bangun Sistem Informasi Bank Sampah Unit Pengelola Lingkungan Hidup“. Indah, Surabaya. [10] Samudi, Herlambang Brawijaya ,Slamet Widodo. 2018. “Bank Sampah Berbasis Web”, Jurnal JITK. E-ISSN: 2527-4864. [11]. Praptiningsih. Yulia Eka. 2012. “Aplikasi Penyewaan Ruangan PT. Simaeru Indonesia Raya Dengan Visual Basic 6.0”, Universitas Gunadarma Jurnal Vol. 6 No. 01, 2012. Depok: Universitas Gunadarma.

PlumX Metrics

Published
2019-12-31
How to Cite
Ardiantoro, L. and Rohmah, M. F. (2019) “Komputerisasi Untuk Peningkatan Layanan Nasabah Pada Bank Sampah Gaposi Sejahter Mojokerto”, BANTENESE : JURNAL PENGABDIAN MASYARAKAT, 1(2), pp. 69-78. doi: 10.30656/ps2pm.v1i2.1720.