Penguatan Kapasitas Kelompok Tani dalam upaya meningkatkan Produktivitas Budidaya Ubi Ungu sebagai Produk Olahan Pangan Lokal di Desa Sidamukti Baros Kabupaten Serang

  • Sukendar Alwi Universitas Serang Raya
  • Marthalena Marthalena Universitas Serang Raya
  • Hasuri Hasuri Universitas Serang Raya
Abstract views: 455 , PDF downloads: 491

Abstract

Tujuan dari kegiatan pengabdian masyarakat ini adalah bimbingan  dan  pelatihan sosialisasi  inovasi teknologi pengembangan demplot  budidaya pangan lokal ubi ungu sebagai pangan lokal, edukasi  tentang  kegiatan desain produk aneka olahan pangan local, Training pengembangan usaha industri pangan lokal seperti pengetahuan teknologi pengolahan ubi ungu, analisis usaha pangan lokal dan keamanan pangan dan Knowledge Sharing penataan tata kelola administrasi dan manajemen kelembagaan kelompok tani seperti penataan buku administrasi dan kelembagaan. Metode kegiatan yang digunakan adalah Participatory Learning And Action. Kesimpulan kegiatan pengabdian masyarakat ini adalah ; anggota kelompok tani memiliki respon dan antusias yang sangat besar terutama dalam proses pelatihan walaupun dengan segala keterbatasan yang dimiliki, tingkat keberhasilan pencapaian kegiatan  bimbingan  dan  pelatihan sosialisasi  inovasi teknologi pengembangan demplot  budidaya pangan lokal ubi ungu sebagai pangan lokal berada pada kategoti very good atau skala 70-85%, kegiatan pengabdian masyarakat masyarakat tentang edukasi  dan Training pengembangan usaha industri pangan lokal serta Knowledge Sharing penataan tata kelola administrasi dan manajemen kelembagaan kelompok tani seperti penataan buku administrasi dan kelembagaan berjalan sesuai dengan rencana dan target yang telah ditetapkan.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Mardikanto T dan Soebiato P, 2013, Pemberdayaan Masyarakat dalam Perspektif Kebijakan Publik. Alfabeta, Bandung.

Sururi, Ahmad dan Mulyasih, R. (2017). Penguatan Kapasitas Masyarakat melalui Inovasi Formulasi Kebijakan Perencanaan Pembangunan Partisipatif di Kecamatan Wanasalam Kabupaten Lebak. Wikrama Prahita, 1(1), 5–18. https:// doi.org/http://dx.doi.org/10.30656/jpmwp.v1i1.267

Sururi, A. (2014). Pemberdayaan Masyarakat Melalui Program Pembangunan Infrastruktur Perdesaan Dalam Meningkatkan Kesejahteraan Masyarakat Kecamatan Wanasalam Kabupaten Lebak. Sawala Jurnal Administrasi Negara, 3(2), 1–25.

Sururi, A., & Mulyasih, R. (2017). Pemberdayaan Masyarakat melalui Inovasi Perencanaan Pembangunan berbasis 4R (Rembug, Rencana, Realisasi dan Rawat) di Desa Cilangkap Kecamatan Wanasalam sebagai Pilar Utama Kebijakan Partisipatif dan Gotong Royong. Engagament Jurnal Pengabdian Masyarakat, 1(2).

Theresia, Aprillia, at al, 2014, Pembangunan Berbasis Masyarakat. Bandung, Alfabeta

PlumX Metrics

Published
2019-02-09
How to Cite
Alwi, S., Marthalena, M. and Hasuri, H. (2019) “Penguatan Kapasitas Kelompok Tani dalam upaya meningkatkan Produktivitas Budidaya Ubi Ungu sebagai Produk Olahan Pangan Lokal di Desa Sidamukti Baros Kabupaten Serang”, BANTENESE : JURNAL PENGABDIAN MASYARAKAT, 1(1). doi: 10.30656/ps2pm.v1i1.1045.