INTERVENSI NEGARA DALAM MEKANISME PASAR : KASUS PENATAAN RITEL MODERN OLEH PEMERINTAH DAERAH KABUPATEN BANTUL YOGYAKARTA

  • Silviana Silviana
Abstract views: 211 , PDF downloads: 378

Abstract

Tulisan ini menggambarkan tentang intervensi negara dalam mekanisme pasar dalam kasus penataan ritel modern oleh pemerintah Daerah Kabupaten Bantul . Kondisi saat ini dalam rangka otonomi daerah memberikan ruang yang begitu luas bagi Pemda untuk mengeluarkan pengaturan dalam rangka mengintervensi mekanisme pasar. Namun, menciptakan kondisi pasar yang adil dan sehat dengan mengatur mekanisme pasar lewat kebijakan dengan memberikan perlindungan bagi golongan ekonomi lemah haruslah hati-hati. Kesimpulan dalam penelitian ini adalah, jika pemerintah daerah ingin melakukan intervensi terhadap pasar hal yang perlu dilakukan adalah mengetahui seperti apa arena persaingan yang akan dikelola. Dari situlah kemudian pemerintah bisa memikirkan sejauh apa campur tangan yang harus dilakukan. Apakah Pemda hanya ingin berperan sebagai fasilitator atau akan berpihak pada salah satu pelaku usaha dengan cara memberikan keistimewaan tertentu. Diharapkan keistimewaan itu hanya diberikan pada pelaku usaha kecil yang tumbuh dengan kondisi pasar yang kurang sehat.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Adiningsih, Sri, et.all., (2005), Pemikiran dan Permasalahan Ekonomi di Indonesia dalam Setengah Abad Terakhir edisi 5, Kanisius, Yogyakarta.

Bailey, J.Stephen, (1999), Lokal Government Ekonomics:

Principles and Practices, Mac millan Press, London.

Deliarnov, (2006), Mencakup Berbagai Teori dan Konsep yang

Komprehensif Ekonomi Politik, Erlangga, Jakarta.

Ma’ruf, Hendri, (2006), Pemasaran Ritel, Gramedia Pustaka Utama, Jakarta.

Rachbini, Didik.J, (2001), Analisis Kritis Ekonomi Politik Indonesia, Grasindo. Jakarta.

Rachbini, Didik.J, (2001), Ekonomi Di Era Transisi Demokrasi, Ghalia Indonesia, Jakarta.

Salim, Agus, (2006), Teori dan Paradigma Penelitian Sosial, Tiara Wacana, Yogyakarta.

Suparmoko, M, (2000), Keuangan Negara Dalam Teori dan Praktek, BPFE, Yogyakarta.

Suryadarma, Daniel, et.all, 2007, Dampak Supermarket Terhadap Pasar dan Pedagang Ritel Tradisional di Daerah Perkotaan di Indonesia, Lembaga Penelitian SMERU, J a k a r t a .

http://www.smeru.or.id/report/rese arch/supermarket/supermarket_ind

.pdf

Mariani,Vini, et.all, 2008, Evaluasi Terhadap Program Frenchise Studi Kasus Alfamart dan Indomaret, Bina Nusantara Jurusan Akuntansi, www.wartawarga.gunadarma.ac.id/ .../evaluasi-terhadap-programfranchise- studi-kasus-alfamartdan- indomaret/, Diakses tgl 2 Desember 2009

Published
2014-01-12
Section
Articles