Tantangan Sistem Informasi Berbasis Pelayanan Publik di Era Revolusi Industri 4.0

  • Roman Hadi Saputro Universitas Terbuka
  • Safriansyah Universitas Terbuka
Abstract views: 670 , PDF downloads: 237
Keywords: Pelayanan Publik, Sistem Informasi, Revolusi Industri 4.0

Abstract

Tujuan dari penulisan tentang “Tantangan Sistem Informasi Berbasis Pelayanan Publik di Era Revolusi Industri 4.0” ini untuk menjelaskan tantangan apa saja yang harus dihadapi oleh penyedia layanan publik di era Revolusi Industri 4.0. Permasalahan yang sering dihadapi masyarakat dalam memperoleh pelayanan publik adalah keterbatasan waktu operasional kantor pelayanan publik dan letak kantor pelayanan publik yang terkadang sulit dijangkau oleh masyarakat di pedalaman. Hal tersebut ditambah dengan kekecewaan masyarakat terhadap pelayanan dari kantor pelayanan publik yang terkadang tidak maksimal. Dalam Pasal 23 ayat 1 Undang-Undang Nomor 25 Tahun 2009 tentang Pelayanan Publik disebutkan bahwa Dalam rangka memberikan dukungan informasi bagi penyelenggaraan pelayanan publik diperlukan sistem informasi nasional. Dengan kata lain kantor dinas pelayanan publik harus segera meningkatkan kinerjanya, baik dari sisi Sumber Daya Manusia (SDM) maupun sarana dan prasarana. Kemajuan sistem informasi pada masa Revolusi Industri 4.0 ini akan menjadikan semua pelayanan publik dapat diakses oleh publik kapanpun dan dimanapun berada, masyarakat tidak lagi dibatasi oleh ruang dan waktu dalam memperoleh pelayanan publik, namun yang harus diingat adalah bahwa Kemajuan sistem informasi pada masa Revolusi Industri 4.0 juga harus diimbangi dengan kemampuan Sumber Daya Manusia (SDM) yang memadai agar pelayanan publik benar-benar dapat berjalan sesuai ketentuan yang berlaku.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Agus Dwiyanto, (2008). Mewujudkan Good Governance melalui Pelayanan Publik, Gadjah Mada University Press, Yogyakarta.
Attahara, Haura. (2018). Inovasi Pelayanan Publik Berbasis E-Government: Studi Kasus Aplikasi Igan Lopian Dinas Komunikasi dan Informatika di Kabupaten Purwakarta. Jurnal Politikom Indosiana. Vol. 3. No. 1.
Darmini, Anak Agung Sagung Rai,, I Nyoman Wijana Asmara Putra. (2009) Pemanfaatan Teknologi Informasi dan pengaruhnya pada kinerja individual pada bank perkreditan rakyat di Kabupaten Tabanan. Jurnal. Universitas Udayana Vol.4 No.1.
Hartono, Dkk. (2010). Electronic Government Pemberdayaan Pemerintahan dan Potensi Desa Berbasis Web. Jurnal Teknologi Informasi. Vol. 6, No. 1.
Indrajit, Richardus Eko. (2004). e-Government Strategi Pembangunan Dan Pengembangan Sistem Pelayanan Publik Berbasis Teknologi Digital. Yogyakarta: Andi Offset.
Instruksi Presiden No.3 Tahun 2003 tentang Kebijakan dan Strategi Nasional.
Lembaga Administrasi Negara (LAN). (2017). Modul Pelatihan Dasar Calon PNS: Pelayanan Publik. Jakarta: Lembaga Administrasi Negara Republik Indonesia.
Nasir, Azwir., Ranti Oktari. (2011). PENGARUH PEMANFAATAN TEKNOLOGI INFORMASI DAN PENGENDALIAN INTERN TERHADAP KINERJA INSTANSI PEMERINTAH (Studi Pada Satuan Kerja Perangkat Daerah Kabupaten Kampar). Jurnal Ekonomi UNRI Vol 19 No.2.
Neumann, Lawrence W. (2003) Social Research Methods. Boston: Allyn and Bacon.
Sundari, Jenie. (2016). Sistem Informasi Pelayanan Puskesmas Berbasis Web. IJSE-Indonesian Journal on Software Engineering Jilid 2 No.1.
Surachmad, Winarno. (1970). Dasar dan Teknik Research: Pengantar Metodologi Ilmiah. Bandung: Tarsito.
Wardiningsih, Suprihatmi Sri. (2012). Perkembangan Teknologi Dan Sistem Informasi Untuk Peningkatan E-Government Dalam Pelayanan Publik. Jurnal Akuntansi dan Sistem Teknologi Informasi, Jilid 7 terbitan pertama.
Zul Fahlefi, dkk. (2014). (PENERAPAN TEKNOLOGI INFORMASI BAGI PELAKSANAAN PELAYANAN PUBLIK (Studi Kasus pada Badan Pelayanan Perijinan Terpadu Satu Pintu Kota Samarinda). eJournal Administrative Reform, Volume 2, Nomor 1 : 996-1007.
Published
2021-06-17
Section
Articles