Perancangan Reaktor Biogas dengan Pemanfaatan Kotoran Hewan pada Peternakan Tradisional

  • Dedy Nataniel Ully Politeknik Negeri Kupang
  • Bernadus Wuwur Politeknik Negeri Kupang
Abstract views: 1117 , PDF downloads: 1151
Keywords: Biogas, Biodigester, Kotoran Ternak

Abstract

Masyarakat Desa Delo memiliki usaha peternakan yang dilakukan secara tradisional yaitu dengan cara melepaskan ternaknya pada siang dan membuang kotoran di sembarang tempat, sehingga menimbulkan bau busuk yang tidak sedap dan mencemari lingkungan sekitar pemukiman.  Bau yang ditimbulkan oleh kotoran ternak juga mengganggu para tetangga di sekitar rumah sehingga menimbulkan persoalan dalam kehidupan bermasyarakat. Program pengabdian ini bertujuan merancang reaktor biogas dengan memanfaatkan kotoran ternak masyarakat. Reaktor ini berfungsi mengolah kotoran ternak menjadi biogas sehingga dapat dipakai sebagai sumber bahan bakar untuk keperluan memasak. Hasil pengabdian ini menghasilkan reaktor biogas yang mampu mengubah kotoran hewan menjadi biogas sebagai energi alternatif untuk rumah tangga. Penggunaan instalasi biodigester portable memudahkan pengoperasian dan didesain membuang ampas kotoran yang langsung dapat digunakan sebagai pupuk. Pembuatan alat ini diharapkan dapat menjadi sumber energi alternatif sebagai pengganti minyak tanah atau kayu hasil penebangan di hutan.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Amirullah, A., Mandasini, M., & Syahrir, M. 2018. Biogas Kotoran Ternak Sapi di Desa Kampung Beru Dusun Lauwa Kecamatan Polut Kabupaten Takalar. ILTEK JOURNAL, 13(25), 1837–1841.

Aysia, D. A. Y., Panjaitan, T. W. S., & Adiputra, Y. R. 2012. Pembuatan Biogas dari Kotoran Sapi dengan Metode Taguchi. In Prosiding Seminar Nasional Manajemen Teknologi XV, Surabaya.

Direktorat Jenderal Peternakan. 1995. Buku Saku Peternakan. Jakarta: Dit. Bina Program. Direktorat Jenderal Peternakan.

Marlina, E. T., Zamzam, D. B., & Hidayati, Y. A. 2019. Pengolahan Terpadu Limbah Ternak di Kelompok Tani Rancamulya Sumedang. Media Kontak Tani Ternak, 1(1), 5–10.

Saputri, Y. F., Yuwono, T., & Mahmudsyah, S. 2014. Pemanfaatan Kotoran Sapi untuk Bahan Bakar PLT Biogas 80 KW di Desa Babadan Kecamatan Ngajum Malang. Jurnal Teknik POMITS, 1(1), 1–6.

Soeprijanto, S. 2017. Pembuatan Biogas dari Kotoran Sapi Menggunakan Biodigester di Desa Jumput Kabupaten Bojonegoro. SEWAGATI, 1(1), 17–25.

Suniantara, I. K. P., Putra, I. G. E. W., & Ayuni, N. P. S. 2019. Pengolahan Pupuk Organik Padat dari Limbah Biogas Pada Kelompok Ternak Sedana Murti. SINDIMAS, 1(1), 133–138.

PlumX Metrics

Published
2019-12-01
How to Cite
Ully, D. N., & Wuwur, B. (2019). Perancangan Reaktor Biogas dengan Pemanfaatan Kotoran Hewan pada Peternakan Tradisional. Wikrama Parahita : Jurnal Pengabdian Masyarakat, 3(2), 64-68. https://doi.org/10.30656/jpmwp.v3i2.849
Section
Articles