Pelatihan Manajemen Pengelolaan Homestay di Desa Wisata Cikolelet, Serang, Banten

  • Rina Fitriana Politeknik Pariwisata Sahid
Abstract views: 135 , PDF downloads: 85
Keywords: Desa Wisata Cikolelet, Manajemen Homestay, Keuangan, Media Sosial, Pemasaran, Potensi Desa

Abstract

Desa Wisata Cikolelet Kabupaten Serang Banten merupakan desa wisata yang menjadi destinasi alternatif bagi wisatawan pantai Anyer dan sekitarnya. Daerahnya yang sejuk dan berbukit menjadikannya lebih nyaman dan dipandang relatif aman dari gelombang tsunami. Seiring kunjungan masyarakat yang semakin tinggi, tidak sedikit wisatawan yang tertarik menginap dan menyebabkan keberadaan homestay bertambah penting. Program pengabdian ini bertujuan untuk memberikan pelatihan manajemen pengelolaan homestay terhadap pemilik homestay.  Metode yang digunakan dalam pengabdian ini adalah observasi, interview, diskusi, praktek aplikasi pembukuan dan pemasaran, pendampingan dan monitoring evaluasi. Subjek dari pelatihan ini adalah pemilik homestay yang berjumlah 18 orang dan tergabung di bawah naungan Kelompok Sadar Wisata (Pokdarwis) Desa Cikolelet. Tujuan yang akan dicapai yaitu meningkatkan kemampuan manajerial pemilik homestay. Hasil dari kegiatan pengabdian ini yaitu adanya perubahan dalam manajemen pengelolaan homestay yang dibuktikan dengan digunakannya media sosial dalam pemasaran yang mampu menambah tamu sebanyak 15%. Selain itu mereka juga memiliki pencatatan keuangan tentang transaksi sehari-hari mereka yang dapat menjadi dasar untuk penghitungan laba rugi guna mengukur perkembangan homestay. Perubahan ini diharapkan menjadikan homestay lebih maju dan ramai sehingga pada akhirnya dapat meningkatkan kesejahteraan para pemiliknya. 

Downloads

Download data is not yet available.

References

Ayu, D., Dianasari, M. L., Saputra, I. G. G., & Tirtawati, N. M. (2018). Homestay dan Wisatawan Repeater: Studi Fenomenologi Aktivitas Wisatawan Eropa yang Menginap di Desa Ubud Bali. Bali: Pusat Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat Sekolah Tinggi Pariwisata Nusa Dua-Bali.

Bryden, J. M. (1973). Tourism and development. Cambridge University Press.

Dewi, R. K. (2018). Empat Dosen Unibraw Sebut Susu Kambing Bisa Cegah Sejumlah Penyakit. Retrieved August 13, 2019, from https://edukasi.kompas.com/read/2018/09/03/14011901/empat-dosen-unibraw-sebut-susu-kambing-bisa-cegah-sejumlah-penyakit?page=all. Diakses pada 13 Agustus, 2019. Pukul 23.53 WIB

Faulkner, B. (2003). Tourism development options in Indonesia and the case of agro-tourism in central Java. In Embracing and Managing Change in Tourism (pp. 237–256). London: Routledge.

Kementerian Pariwisata. (2019). Menpar Fokus Terapkan 3 Strategi Pariwisata Hadapi Era Industri 4.0. Retrieved March 28, 2020, from http://www.kemenparekraf.go.id/index.php/post/siaran-pers-menpar-fokus-terapkan-3-strategi-pariwisata-hadapi-era-industri-40

Muljadi, A. J. (2009). Kepariwisataan dan perjalanan. Jakarta: Rajawali Press.

Rahmayuni, S. (2017). Peranan Laporan Keuangan dalam Menunjang Peningkatan Pendapatan Pada UKM. JSHP: Jurnal Sosial Humaniora Dan Pendidikan, 1(1), 93–99.

Rusyidi, B., & Fedryansah, M. (2018). Pengembangan pariwisata Berbasis Masyarakat. Focus: Jurnal Pekerjaan Sosial, 1(3), 155–165.

Sugiwa, I. (2013). Profil Obyek Dan Tujuan Wisata (ODTW) di Provinsi Banten Dan Daya Tariknya Terhadap Wisatawan. Epigram, 10(2), 102–109.

Suprina, R., Rachman, A. F., & Fitriana, R. (2019). Peningkatan Kapasitas Desa Wisata Cikolelet Melalui Program Pendampingan. Jurnal Pemberdayaan Pariwisata, 1(1), 26–35.

Umam, C., & Fitriana, R. (2019). Packaging Susu Kambing Etawa “Ettakolet” di Desa Wisata Cikolelet Serang. ABDIKARYA: Jurnal Pengabdian Dan Pemberdayaan Masyarakat, 1(1), 93–99.

Utama, I. G. B. R. (2017). Pemasaran Pariwisata. Yogyakarta: Penerbit Andi.

Widawati, I. A. P. (2020). Kebutuhan Pelatihan Pengelolaan Keuangan bagi Homestay. In Homestay Mozaik Pariwisata Berbasis Kerakyatan (Vol. 1). Bali: Pusat Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat Sekolah Tinggi Pariwisata Bali.

Wikipedia. (n.d.). Homestay. Retrieved March 30, 2020, from https://id.wikipedia.org/wiki/Homestay

Published
2020-05-20
Section
Articles