Engklek Etno-Game dengan BRUSLE Android Apps Sebagai Media Pembelajaran Matematika untuk Mereduksi Miskonsepsi Siswa
DOI:
https://doi.org/10.30656/gauss.v6i1.6489Abstrak
Pembelajaran yang dilakukan perlu ditunjang dengan media yang relevan. Media pembelajaran harus sesuai dengan kebutuhan siswa dan sejalan dengan kemajuan ilmu pengetahuan maupun teknologi. BRUSLE Android Apps merupakan media pembelajaran mutakhir yang dikembangkan dalam bentuk Hologram Augmented Reality. Media ini digunakan dengan strategi engklek etno-game untuk menunjang proses pembelajaran siswa di kelas, baik secara berkelompok maupun individu. Tujuan dilakukan penelitian ini adalah untuk mengetahui tingkat efektivitas penggunaan media BRUSLE Android Apps terhadap kemampuan matematis siswa. Penelitian dilakukan terhadap 29 siswa SMP Kelas IX pada materi Bangun Ruang Sisi Lengkung. Penelitian dilakukan dengan pendekatan Mix Methode dengan skema Kuantiatif-Kualitatif. Pengumpulan data dilakukan dengan angket dan observasi langsung pada saat pelaksanaan pembelajaran. Hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa media BRUSLE Android Apps sangat efektif digunakan dalam menunjang proses pembelajaran untuk meningkatkan kemampuan matematis siswa.
Unduhan
Unduhan
Diterbitkan
Terbitan
Bagian
Lisensi
Authors who publish articles in GAUSS : JURNAL PENDIDIKAN MATEMATIKA agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal the right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) before and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).