Implementasi Kebijakan Kerjasama Luar Negeri Sister Province di Provinsi Jawa Tengah

  • masrohatun masrohatun Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang
Abstract views: 343 , PDF downloads: 847
IMPLEMENTASI KEBIJAKAN KERJASAMA LUAR NEGERI SISTER PROVINCE DI PROVINSI JAWA TENGAH downloads: 0
Keywords: Sister Province, Implementasi Kebijakan, Faktor-Faktor Pendukung dan Penghambat Implementasi

Abstract

Hasil penelitian Implementasi Kebijakan Kerjasama Luar Negeri sister province di Provinsi Jawa Tengah yang menggunakan metode penelitian kualitatif dengan pendekatan deskriptif analitis, menunjukkan hasil yang kurang efektif dan maksimal karena (1) tidak adanya klausal kerjasama provinsi pada pasal 3 di dalam Pergub Provinsi Jawa Tengah No. 4 Tahun 2010, (2) lemahnya komitmen dari sister province untuk mentaati perjanjian, (3) komite bersama yang diagendakan bertemu tiap setahun sekali sebagai forum evaluasi, belum bisa berjalan (4) peran dari masing-masing dinas, belum dilaksanakan dengan maksimal (5) minimnya program-program kerjasama yang terealisir, (6) data hasil investasi dan perdagangan ekspor maupun impor kurang terperinci.

Faktor-faktor pendukung, tersebut antara lain; (1) Adanya transmisi kebijakan yang jelas dan konsisten dari Biro Otda dan Kerjasama ke dinas-dinas terkait kerjasama luar negeri sister province, (2) jumlah pegawai, sumber wewenang dan sumber  anggaran yang cukup (3) adanya action plan (seperti SOP). Faktor-faktor penghambat, antara lain: (1) kemauan dan keinginan implementor dalam menindaklanjuti MoU kerjasama dalam bentuk kerjasama yang lebih teknis masih lemah (2) kemampuan berbahasa asing yang masih lemah dari pelaksana menjadikan komunikasi dalam berkoordinasi antara Jawa Tengah dengan masing-masing sister province menjadi kurang komunikatif dan maksimal, (3) jumlah dinas yang cukup banyak dan tersebar mempengaruhi penyebaran tanggungjawab kepada dinas-dinas yang berbeda sehingga menyulitkan koordinasi maupun komunikasi antara dinas satu dengan lain yang terlibat kerjasama.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Kusumanegara, Solahuddin, 2010, Model dan Aktor dalam Kebijakan Publik, Gava Media, Yogyakarta

Subarsono, 2005, Analisa Kebijakan Publik Konsep, Teori dan Aplikasi, Pustaka Pelajar, Yogyakarta

Widodo, Joko, 2010, Analisis Kebijakan Publik: Konsep dan Aplikasi Analisis Proses Kebijakan Publik, Bayu Media, Malang

Peraturan Gubernur Jawa Tengah No. 4 Tahun 2010 tentang Pedoman Pelaksanaan Kerjasama Provinsi Jawa Tengah Dengan Pihak Luar Negeri.

Peraturan Menteri Dalam Negeri No.3 Tahun 2008 tantang Pedoman Pelaksanaan Kerjasama Daerah Dengan Pihak Luar Negeri

Sururi, Ahmad. 2009. Perjanjian Kerjasama Sister Province Jawa Tengah – Queensland (Studi Evaluatif tentang Efektifitas dan Kepentingan Aktor di Jawa Tengah) (Tesis).Yogyakarta: UGM

Undang-Undang No 32 Tahun 2004, Tentang Pemerintahan Daerah

PlumX Metrics

Published
2018-05-12
Section
Articles