Meningkatkan Keterampilan Wirausaha Siswa Sekolah Menengah Melalui Pelatihan Bisnis Simulasi di Wilayah Jakarta dan Tangerang

Authors

  • Nila Krisnawati Manajemen, Universitas Swiss Jerman
  • Esa Mbouw Manajemen, Swiss German University
  • Sumini Salem Manajemen, Swiss German University

DOI:

https://doi.org/10.30656/jpmwp.v5i2.2573

Keywords:

Kewirausahaan, Pelatihan, Pengalaman Belajar, Simulasi Bisnis

Abstract

Program pelatihan simulasi bisnis ini bertujuan untuk menumbuhkan budaya kewirausahaan di lingkungan SEKOLAH MENENGAH, memperkaya pengala­man belajar, dan meningkatkan keterampilan siswa di bidang kewirausahaan. Pelatihan yang diadakan dari Desember 2019 hingga Januari 2020, dihadiri oleh lima sekolah menengah swasta di Jakarta dan Tangerang, yang diadakan di setiap sekolah dengan total 30-50 siswa per sekolah. Metode yang digunakan adalah untuk menggabungkan kegiatan pelatihan dengan kompetisi dengan durasi 4-5 jam per aktivitas. Hasil pelatihan ini menunjukkan bahwa para peserta memperoleh pengetahuan dan keterampilan tentang strategi bisnis ini yang sangat dibutuhkan di bidang kewirausahaan. Survei menunjukkan bahwa tingkat kepuasan peserta mencapai 95%. Program ini juga dimungkinkan untuk dilakukan secara online.

References

Alma, B. (2005). Kewirausahaan: untuk mahasiswa dan umum. Bandung: Alfabeta. https://www.onesearch.id/Record/IOS7203.ai:slims-74/TOC

Arasti, Z., Falavarjani, M. K., & Imanipour, N. (2012). A Study of Teaching Methods in Entrepreneurship Education for Graduate Students. Higher Education Studies, 2(1), 1–10. https://eric.ed.gov/?id=EJ1081428

BariÅ¡ić, A. F., & Prović, M. (2014). Business simulation as a tool for entrepreneurial learning The role of business simulation in entrepreneurship education. Obrazovanje Za PoduzetniÅ¡tvo-E4E: Znanstveno StruÄni ÄŒasopis o Obrazovanju Za PoduzetniÅ¡tvo, 4(2), 97–107. https://hrcak.srce.hr/134626

Daryanto, & Rahardjo, M. (2012). Model pembelajaran inovatif. Yogyakarta: Gava Media. https://onesearch.id/Record/IOS5236.slims-229551/Details

Direktorat Pembinaan Sekolah Menengah Atas. (2019). Pedoman program kewirausahaan SMA. Jakarta: Direktorat Pembinaan Sekolah Menengah Atas. http://repositori.kemdikbud.go.id/18602/

Fatoki, O., & Oni, O. (2014). Students’ Perception of the Effectiveness of Entrepreneurship Education at a South African University. Mediterranean Journal of Social Sciences, 5(20), 585–591. https://doi.org/10.5901/mjss.2014.v5n20p585

Ferrel, O. C., & Hirt, G. (2000). Business: A changing world. Tata McGraw-Hill Education. https://books.google.com/books/about/Business_A_Changing_World.html?id=Sjh8uWIdxKAC

Gamede, B. T., & Uleanya, C. (2017). The role of entrepreneurship education in secondary schools at further education and training phase. Academy of Entrepreneurship Journal, 23(2), 1–12. https://www.abacademies.org/articles/the-role-of-entrepreneurship-education-in-secondary-schools-at-further-education-and-training-phase-6672.html

Jusuf, H. (2016). Penggunaan gamifikasi dalam proses pembelajaran. Jurnal TICom, 4(3), 1–6. https://www.researchgate.net/publication/320920734

Krisnawati, N., & Andri, A. (2017). Crafting the Effective Learning Model for High Education: An Investigation from the business Incubator in Three Universities in Indonesia. Journal of Management and Strategy, 8(5), 18–29. https://doi.org/10.5430/jms.v8n5p18

Meredith, G. G., Nelson, R. E., & Neck, P. A. (1996). Kewirausahaan: Teori dan Praktek (terjemahan). Jakarta: PPM. https://onesearch.id/Record/IOS4933.JATIM000000000005886

Rahmawan, D. (2018). Pelatihan Literasi Media Sosial Terkait Penanggulangan Hoaks Bagi Siswa SMA. Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 2(12), 1021–1024. https://jurnal.unpad.ac.id/pkm/article/view/20404

Rogmans, T., & Abaza, W. (2019). The Impact of International Business Strategy Simulation Games on Student Engagement. Simulation & Gaming, 50(3), 393–407. https://doi.org/10.1177/1046878119848138

Sulistiyono. (2014). Strategi Pembelajaran Simulasi Kreatif Secara Terpadu Dengan Berbasis Tema (Implementasi Kurikulum 2013 untuk SD/MI) (pp. 1–16). http://repository.ut.ac.id/4914/1/2014-dn-037.pdf

Suparman, A. (2012). Desain instruksional modern: panduan para pengajar dan inovator pendidikan. Jakarta: Erlangga. https://opac.perpusnas.go.id/DetailOpac.aspx?id=1119973

Downloads

Published

2021-06-23

Issue

Section

Articles

How to Cite

Meningkatkan Keterampilan Wirausaha Siswa Sekolah Menengah Melalui Pelatihan Bisnis Simulasi di Wilayah Jakarta dan Tangerang. (2021). Wikrama Parahita : Jurnal Pengabdian Masyarakat, 5(2), 155-160. https://doi.org/10.30656/jpmwp.v5i2.2573