Game Based Learning Berbantuan Kahoot! dalam Mendorong Keaktifan Siswa pada Pembelajaran Matematika

Authors

  • Erina Hannawita Br Sembiring
  • Tanti Listiani Universitas Pelita Harapan

DOI:

https://doi.org/10.30656/gauss.v6i1.5708

Abstract

Pembelajaran online yang diterapkan akibat pandemi Covid-19 menjadikan siswa dan guru terbiasa dengan penerapan teknologi dalam pembelajaran. Penelitian ini dilakukan di sebuah sekolah di Tangerang Selatan, pembelajaran dilakukan secara tatap muka. Subjek penelitian merupakan siswa kelas X IPA yang terdiri atas 17 siswa. Pada proses pembelajaran, guru tidak menerapkan metode pembelajaran yang terintegrasi dengan teknologi dan menyebabkan keaktifan siswa kurang. Penerapan metode pembelajaran yang relevan di era digital dapat mempengaruhi keaktifan siswa. Tujuan dari penelitian ini adalah melihat bagaimana penerapan metode yang relevan dengan era digital, yaitu metode game based learning berbantuan Kahoot! dapat mendorong keaktifan siswa dalam proses pembelajaran. Metode yang digunakan dalam penulisan paper ini adalah metode kualitatif deskriptif. Berdasarkan penelitian yang dilakukan, penerapan game based learning berbantuan Kahoot! menunjukkan bahwa siswa sebelumya kurang aktif menjadi aktif dalam proses pembelajaran. Penerapan metode game based learning berbantuan Kahoot! terbukti dapat mendorong keaktifan siswa dalam proses pembelajaran.

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Published

2023-05-30

Issue

Section

Articles