Penerapan Model Problem Based Learning Berbasis Budaya Industri untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kreatif Matematis Siswa SMK

  • Yosi Adiputra Yosi Akademi Maritim Cirebon
  • Handayani Eka Putri Puput Akademi Maritim Cirebon
Abstract views: 289 , pdf downloads: 325

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh banyaknya lulusan SMK yang tidak bekerja. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui peningkatan kemampuan berpikir kreatif matematis antara kelompok yang mendapatkan pembelajaran dengan model Problem Based Learning berbasis Budaya Industri (PBL-BI) dengan kelompok yang memperoleh pembelajaran biasa. Desain yang digunakan dalam penelitian ini adalah Non Equivalent Pretest-Postest Control Group Design. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XII SMK Teknologi Manufaktur Indonesia. Pengambilan sampel dilakukan dengan teknik purposive sampling sebanyak dua kelas. Analisis data dilakukan dengan menggunakan uji Independen Sample T-Test. Hasil dari penelitian ini adalah peningkatan kemampuan berpikir kreatif matematis siswa yang mendapatkan pembelajaran dengan model problem based learning berbasis budaya industri lebih baik dibandikan dengan siswa yang mendapatkan pembelajaran biasa.

 

Kata Kunci : Problem Based Learning, Budaya Industri, Kreatif Matematis

 

 

Abstract

The purpose of this research was to examine the improvement of mathematical creative thinking skills between students who received learning with problem based learning  model based on industrial culture and the students who received conventional learning. This research Non Equivalent Pretest-Postest Control Group Design. The population of this research is all students of class XII SMK Teknologi Manufaktur Indonesia using purposive sampling technique. Data were analysis by using Independent Sample T-Test. The result of this research are the improvement of mathematical creative thinking skills from students who get learning with the industrial culture-based problem-based learning model is significantly better than students who get conventional learning.

 

Keywords : Problem Based Learning, Industrial Culture, Mathematical Creative

Downloads

Download data is not yet available.

PlumX Metrics

Published
2020-12-14
Section
Articles