Main Article Content

Harsiti
Nurul Muhyidin
Agus Setyawan

Abstract

Sumber daya manusia merupakan salah satu faktor penting dalam kemajuan sebuah perusahaan. Penilaian prestasi karyawan dilakukan untuk memacu kinerja karyawan agar menghasilkan karyawan yang berkualitas dan berdedikasi tinggi. Dalam pengambilan keputusan merupakan masalah yang sering terjadi terutama dalam menentukan prestasi karyawan, maka di perlukannya Sistem Pendukung Keputusan yang dapat mencari alternatif terbaik berdasarkan kriteria-kriteria yang telah di tentukan.


Penelitian ini menghasilkan sebuah Sistem Pendukung Keputusan yang dapat merekomendasikan dalam menentukan prestasi karyawan di PT. Cahaya Bintang Suralaya berdasarkan kriteria yang telah ditetapkan perusahaan, dengan menggunakan metode ELECTRE. ELECTRE merupakan metode pengambilan keputusan multikriteria berdasarkan konsep outranking dengan menggunakan perbandingan berpasangan dari alternatif-alternatif berdasarkan kriteria.


Penentuan prestasi karyawan mempunyai kriteria setiap karyawan yaitu : Absensi, Loyalitas, Kinerja, Disiplin, dan Kerjasama. Pembuatan sistem pendukung keputusan berbasis web ini dimaksudkan agar dalam pengambilan keputusan lebih efektif dan efisien. Dilakukan uji terhadap 30 karyawan kemudian berhasil diolah menggunakan metode tersebut dan menghasilkan daftar penilaian prestasi karyawan. Hal ini secara garis besar telah meningkatkan proses rekap penilaian dan juga memberikan rekomendasi, karyawan yang mendapatkan nilai tertinggi yaitu Samid Marsai.

Downloads

Download data is not yet available.

Article Details