Pendampingan Pembuatan Kuis dengan Aplikasi Quizizz bagi Guru Sekolah Dasar di Desa Made Lamongan

Authors

  • Ummu Khairiyah Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah, Universitas Islam Lamongan
  • Silviana Nur Faizah Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah, Universitas Islam Lamongan
  • Awaliah Dea Lestari Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah, Universitas Islam Lamongan

DOI:

https://doi.org/10.30656/jpmwp.v5i2.2690

Keywords:

Kuis Interaktif, Media Pembelajaran Online, Quizizz

Abstract

Kondisi Pandemi dengan adanya Covid-19 memaksa kegiatan pembelajaran berlangsung secara jarak jauh atau dilakukan secara online. Hal tersebut membuat pendidik harus siap menggunakan aplikasi-aplikasi pembelajaran guna menunjang pembelajaran secara jarak jauh. Tujuan kegiatan pengab­dian masyarakat ini adalah untuk memberikan pengetahuan dan mem­bekali pendidik sehingga terampil dalam menggunakan media pembelajaran berbasis online. Pengabdian masyarakat ini memfokuskan dalam pengguna­an aplikasi atau platform “Quizizz†dalam pembuatan evaluasi pembelajaran berbentuk kuis interaktif. Metode pelaksanaan melalui pelatihan secara daring (online) dengan ceramah, diskusi, dan praktek penggunaan Quizizz. Subjek dari pelatihan ini adalah Guru Sekolah Dasar di Desa Made Kecamatan Lamongan Kabupaten Lamongan berjumlah 32 orang. Tujuan yang dicapai yaitu penggunaan aplikasi Quizizz dalam membuat evaluasi pembelajaran yang interaktif dan menyenangkan bagi peserta didik. Berdasarkan pelatihan yang telah dilakukan, diperoleh hasil bahwa para peserta terlihat sangat antusias dibuktikan dengan aktifnya para peserta dalam bertanya, berdiskusi, dan menjawab pertanyaan yang diberikan oleh pemateri. 87% peserta pelatihan mampu mengembangkan tes interaktif dengan aplikasi Quizizz dan 81 % peserta mampu mengujicobakan aplikasi Quizizz kepada peserta didik­nya. Pelatihan ini sangat bermanfaat dilakukan bagi guru guna memotivasi peserta didik dalam melakukan evaluasi pembelajaran supaya lebih me­nyenang­kan.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Arifin, Z. (2016). Evaluasi pembelajaran. Jakarta: PT.Remaja Rosda Karya. https://adoc.pub/evaluasi-pembelajaran-drs-zainal-arifin-mpd.html

Arizona, K., Abidin, Z., & Rumansyah, R. (2020). Pembelajaran online berbasis proyek salah satu solusi kegiatan mengajar di tengah pandemic covid-19. Jurnal Ilmiah Profesi Pendidikan, 5(1), 64–70. https://doi.org/10.29303/jipp.v5i1.111

Fuady, M. J. (2017). Pengembangan aplikasi evaluasi pembelajaran online untuk pendidikan jarak jauh. Tekno, 26(2), 148–154. http://journal.um.ac.id/index.php/tekno/article/view/8281

Hartley, D. E. (2001). Selling E-Learning. American Society for Training & Development. https://books.google.co.id/books?id=jcnh8Vcw0-IC

Iqbal, W. M. G., Fadhilah, R., & Hadiarti, D. (2018). Pengembangan Alat Evaluasi Berbasis Wondershare Quiz Creator Pada Materi Koloid Kelas XI Di SMA Koperasi Pontianak. AR-RAZI Jurnal Ilmiah, 6(1), 11–19. https://doi.org/10.29406/arz.v6i1.937

Mardapi, D. (2012). Pengukuran penilaian dan evaluasi pendidikan. Yogyakarta: Nuha Medika.

Nurzannah, N., & Setiawan, H. R. (2020). Program Kemitraan Masyarakat Di Tengah Pandemi Covid-19 Bagi Guru SD (Pembuatan Media Evaluasi Pembelajaran Online). JCES (Journal of Character Education Society), 3(2), 299–310. http://journal.ummat.ac.id/index.php/JCES/article/view/2340

Pratiwi, V. (2017). Pengembangan Alat Evaluasi Pembelajaran Berbasis ICT Menggunakan Wondershare Quiz Creator Pada Materi Penyusutan Aset Tetap. Prosiding Seminar Pendidikan Ekonomi Dan Bisnis, 3(1), 1–7. https://jurnal.fkip.uns.ac.id/index.php/snpe/article/view/10698

Purba, L. S. L. (2019). Peningkatan Konsentrasi Belajar Mahasiswa Melalui Pemanfaatan Evaluasi Pembelajaran Quizizz Pada Mata Kuliah Kimia Fisika I. Jurnal Dinamika Pendidikan, 12(1), 29–39. https://doi.org/10.33541/jdp.v12i1.1028

Rolisca, C. R. U., & Achadiyah, B. N. (2014). Pengembangan Media Evaluasi Pembelajaran dalam Bentuk Online Berbasis ELearning Menggunakan Software Wondershare Quiz Creator dalam Mata Pelajaran Akutansi di SMA Brawijaya Smart School (BSS). Jurnal Pendidikan Akuntansi Indonesia, 12(2), 41–48. https://doi.org/10.21831/jpai.v12i2.2706

Safi’i, I. (2018). Nilai-nilai pendidikan karakter dalam alat evaluasi bahasa Indonesia. Jurnal Pendidikan Karakter, 8(1), 74–83. https://journal.uny.ac.id/index.php/jpka/article/view/21676

Sari, D. D., & Rini, T. P. W. (2020). Bimbingan Teknis Pembelajaran Daring Menggunakan Aplikasi Quizizz Bagi Guru Sekolah Dasar Pada Masa Pandemi Covid-19. Jurnal Pendidikan Dan Pengabdian Masyarakat, 3(4), 213–217. http://www.jurnalfkip.unram.ac.id/index.php/JPPM/article/view/2204

Suryana, Y., & Irawantoro, N. (2016). Kompetensi Pedagogik untuk Peningkatan dan Penilaian Kinerja Guru dalam Rangka Implementasi Kurikulum Nasional. Surabaya: Genta Group Production.

Suyasa, P. W. A., Divayana, D. G. H., Putrama, I. M., & Damayanthi, L. P. E. (2019). Pelatihan Pembuatan Tes Interaktif Dengan Aplikasi Quizizz Bagi Paea Guru Di SMPN 2 Kediri. Seminar Nasional Pengabdian Kepada Masyarakat, 4, 24–29. https://eproceeding.undiksha.ac.id/index.php/senadimas/article/view/1704

Yan mei, S., Yan Ju, S., & Adam, Z. (2018). Implementing Quizizz as Game Based Learning in the Arabic Classroom. European Journal of Social Science Education and Research, 5(1), 194–198. https://doi.org/10.2478/ejser-2018-0022

Downloads

Published

2021-04-20

How to Cite

Khairiyah, U. ., Faizah, S. N., & Lestari, A. D. (2021). Pendampingan Pembuatan Kuis dengan Aplikasi Quizizz bagi Guru Sekolah Dasar di Desa Made Lamongan. Wikrama Parahita : Jurnal Pengabdian Masyarakat, 5(2), 125–131. https://doi.org/10.30656/jpmwp.v5i2.2690

Issue

Section

Articles