IMPLEMENTASI METODE MAUT (MULTI ATTRIBUTE UTILITY THEORY) UNTUK MENENTUKAN PENILAIAN KINERJA PEGAWAI PPNPN DI KANTOR PENGADILAN AGAMA TANJUNG BALA

  • Andika Universitas Royal
  • Nofriadi Universitas Royal
  • Rohminatin Universitas Royal
Abstract views: 13 , PDF downloads: 10

Abstract

Perkembangan teknologi telah membawa perubahan signifikan dalam berbagai aspek kehidupan, termasuk dalam operasional instansi pemerintah. Pengadilan Agama Tanjungbalai merupakan salah satu instansi yang perlu beradaptasi dengan teknologi untuk meningkatkan efisiensi dan akurasi dalam penilaian kinerja pegawainya. Saat ini, proses penilaian kinerja di Pengadilan Agama Tanjungbalai masih menggunakan sheet Excel yang tidak efisien dan rentan terhadap kesalahan. Penelitian ini bertujuan untuk membangun sistem pendukung keputusan berbasis metode Multi Attribute Utility Theory (MAUT) yang dapat membantu pimpinan dalam menilai kinerja pegawai secara lebih akurat dan efisien. Metode MAUT dipilih karena mampu mengkonversi berbagai kriteria penilaian menjadi nilai numerik dalam skala 0 sampai 1, memudahkan proses evaluasi dan pemeringkatan. Penelitian ini dilakukan di kantor Pengadilan Agama Kota Tanjungbalai dengan fokus pada pegawai honor. Sistem yang dibangun menggunakan bahasa pemrograman PHP Codeigniter 3 dan mengimplementasikan metode MAUT untuk menilai kinerja berdasarkan beberapa kriteria. Hasil menunjukkan bahwa penggunaan sistem berbasis website meningkatkan efisiensi proses penilaian sebesar 40%, karena waktu yang diperlukan untuk mengumpulkan, memproses, dan menganalisis data berkurang secara signifikan. Selain itu, akurasi penilaian juga meningkat sebesar 25% karena sistem otomatis mengeliminasi kesalahan input data yang sering terjadi pada metode manual. Dengan demikian, sistem ini tidak hanya mempercepat proses penilaian tetapi juga menghasilkan keputusan yang lebih andal dan tepat sasaran dibandingkan dengan sistem manual yang ada sebelumnya.

 

Keywords: Teknologi, Penilaian Kinerja, Pengadilan Agama, MAUT, Sistem Pendukung Keputusan

Downloads

Download data is not yet available.

References

G. Bangsawan, “Kebijakan Akselerasi Transformasi Digital di Indonesia: Peluang dan Tantangan untuk Pengembangan Ekonomi Kreatif,” Jurnal Studi Kebijakan Publik, vol. 2, no. 1, pp. 27–40, May 2023, doi: 10.21787/jskp.2.2023.27-40.

T. Pitri, “Pengaruh Pengetahuan Dan Pengalaman Kerja Terhadap Kinerja Karyawan Pada CV. Ria Busana,” Jurnal Ekonomedia, vol. 9, 2020.

E. Riyanti, “Pengaruh Disiplin Terhadap Efektivitas Kerja Pegawai Pada Dinas Kependudukan Dan Catatan Sipil Ogan Komering Ulu Timur,” Jurnal Signaling, 2019.

N. K. Suartini, “Optimalisasi Manajemen Sumber Daya Manusia Pada Pegawai Negeri Sipil: Praktik Terbaik Dan Tantangan,” Jurnal Ilmu Sosial dan Humaniora, vol. 6, 2023, [Online]. Available: https://jayapanguspress.penerbit.org/index.php/ganaya809

M. Basyir, “Pengajaran Maharah Al Kalam Wewenang Mahkamah Syar’iyah Aceh Untuk Menggantikan Peran Peradilan Agama dalam menjalankan Kekuasaan Kehakiman,” 2023.

A. Q. Maharani and T. Ardiansah, “Kombinasi Metode Multi-Attribute Utility Theory dan Pivot Pairwise Relative Criteria Importance Assessment Dalam Penentuan Lulusan Terbaik,” Jurnal Media Informatika Budidarma, vol. 7, no. 4, p. 2074, Oct. 2023, doi: 10.30865/mib.v7i4.6884.

P. Nugra Sukaria and P. Prima Rosa, “Sistem Pendukung Pengambilan Keputusan Berbasis Web Menggunakan Metode Multi Attribute Utility Theory (MAUT),” 2018.

N. Rivaldy, D. Irmayanti, M. Defriani, S. T. Teknologi, and W. Purwakarta, “Perancangan SPK Kelayakan Pinjaman Koperasi Karyawan Perum Jasa Tirta Karya Bhakti Raharja dengan Metode MAUT,” 2023.

F. El Khair, S. Defit, and Y. Yuhandri, “Sistem Keputusan dengan Metode Multi Attribute Utility Theory dalam Penilaian Kinerja Pegawai,” Jurnal Informasi dan Teknologi, pp. 215–220, Aug. 2021, doi: 10.37034/jidt.v3i4.155.

W. Saputra, S. A. Wardana, H. Wahyuda, and D. A. Megawaty, “Penerapan Kombinasi Metode Multi-Attribute Utility Theory (MAUT) dan Rank Sum Dalam Pemilihan Siswa Terbaik,” Journal of Information Technology, Software Engineering and Computer Science (ITSECS, vol. 2, no. 1, 2024, doi: 10.58602/itsecs.v2i1.89.

D. Nur Sholihaningtias, “Penerapan Kombinasi Metode MAUT dan ROC Dalam Seleksi Karyawan,” Techno.COM, vol. 22, no. 1, pp. 145–155, 2023.

A. Wanto and A. P. Windarto, “Analisis Prediksi Indeks Harga Konsumen Berdasarkan Kelompok Kesehatan Dengan Menggunakan Metode Backpropagation,” Jurnal & Penelitian Teknik Informatika, vol. 2, no. 2, 2017.

S. Hermawan and M. S. Amirullah, Metode Penelitian Bisnis Pendekatan Kuantitatif & Kualitatif. Bandung: Alfabeta, 2021.

S. Kete, “Implementasi Evaluasi Program Model Formatif Mata Pelajaran Bahasa Indonesia Pada SMP Negeri 4 Kendari Kota Kendari,” 2017.

Y. Rifa’i, “Analisis Metodologi Penelitian Kulitatif dalam Pengumpulan Data di Penelitian Ilmiah pada Penyusunan Mini Riset,” Jurnal Ilmu Sosial dan Humaniora, vol. 1, no. 1, pp. 31–37, 2023, [Online]. Available: https://glorespublication.org/index.php/ekodestinasi

J. Hendrawan, “Rancang Bangun Aplikasi Mobile Learning Tuntunan Shalat,” INTECOMS: Journal of Information Technology and Computer Science, vol. 1, no. 1, pp. 44–59, Mar. 2018, doi: 10.31539/intecoms.v1i1.138.

U. Suprapto, Pemodelan Perangkat Lunak SMK/MAK Kelas XI. Jakarta: Gramedia Widiasarana Indonesia, 2021.

PlumX Metrics

Published
2024-09-15
Section
Articles