REKOMENDASI KOMODITAS EKSPOR MENGGUNAKAN K-NEAREST NEIGHBOR

  • Sony Simare-mare Universitas Advent Indonesia
  • Henry Pandia Universitas Advent Indonesia
Abstract views: 151 , PDF downloads: 157

Abstract

Indonesia memiliki produksi komoditas yang beragam dan melimpah dengan nilai ekspor yang luar biasa, khususnya pada bidang agrikultur. Banyaknya komoditas yang tersedia, membuat para eksportir maupun calon ekportir mengalami kesulitan menentukan komoditas yang mempunyai potensi untuk diekspor. Karena itu dibutuhkan sebuah sistem pendukung keputusan yang dapat merekomendasikan komoditas ekspor dengan cepat, tepat dan akurat. Penelitian ini bertujuan untuk menerapkan algoritme machine learning untuk menentukan komoditas yang disarankan untuk diekspor ke negara tertentu. Data pada penelitian ini diambil dari website Trademap International Trade Center (ITC) menggunakan HS Code (Harmonized System). Data yang digunakan merupakan data eksport tahun 2017-2021 yang terdiri dari data transaksi, negara pengimpor, komoditas, nilai impor, jumlah impor, dan pertumbuhan nilai. Data yang dipilih berasal dari beberapa jenis komuditas seperti: sayuran, buah-buahan, rempah-rempah, umbi-umbian, tanaman aromatik, serta jenis daun dan dahan. Menggunakan sebuah model dengan algoritme K-Nearest Neighbors (KNN), penelitian ini mengelompokkan sebuah komoditas ke dalam kelompok rekomendasi rendah, sedang dan tinggi. Hasil pengujian menunjukkan KNN memiliki nilai accuracy tertinggi yaitu pada parameter K=1 dengan nilai accuracy 85.71%. Nilai accuracy terendah terdapat pada parameter K=7 dan K=9 dengan nilai 78.57%. Peneliti berhasil menerapkan metode K-Nearest Neighbor untuk rekomendasi komoditas ekspor berdasarkan nilai yang diimpor, pertumbuhan nilai tahunan, dan jumlah yang diimpor. Penelitian dapat memberikan rekomendasi komoditas agrikultur yang bisa mempermudah para eksportir, maupun calon eksportir untuk memilih komoditas yang tepat untuk diekspor.

 

Kata Kunci: Euclidean Distance, K-Nearest Neighbor, Komoditas Ekspor, Rekomendasi

 

Downloads

Download data is not yet available.

References

M. Yuwono, "BPS: Ekspor Indonesia Desember 2022 Mencapai US$ 23,83 Miliar," Badan Pusat Statistik,

Jan. 29, 2023. [Online]. Tersedia: https://www.beritadaerah.co.id/2023/01/16/bps-ekspor-indonesia-desember.

U. Suyatna, "Implementasi Kebijakan Ekspor Di Indonesia," Jurnal Ilmu-Ilmu Sosial Dan Humaniora, vol. 21, no. 2, pp. 173–183, 2019. https://doi.org/10.24198/sosiohumaniora.v21i2.19370.

E. Fitriani, "Analisis Pengaruh Perdagangan Internasional Terhadap Pertumbuhan Ekonomi Indonesia," Jurnal Riset Bisnis Dan Manajemen, vol. 15, no. IX (1), 2019.

M.S. Amir, "Ekspor Impor Teori dan Penerapannya," Penerbit Lembaga Manajemen PPM, Jakarta Pusat, 2003.

M. E. Tawil, A. E. B. Ahmed, A. H. Hassan, and A. K. Ibrahim, "An Adaptive K-Nearest Neighbors Algorithm for Text Categorization," International Journal of Advanced Computer Science and Applications, vol. 7, no. 4, 2016.

S. R. Cholil, T. Handayani, R. Prathivi, dan T. Ardianita, "Implementasi Algoritma Klasifikasi K-Nearest Neighbor (KNN) Untuk Klasifikasi Seleksi Penerima Beasiswa," IJCIT (Indonesian Journal on Computer and Information Technology), vol. 6, no. 2, pp. 118-127, 2021. [Online]. Tersedia: http://ejournal.bsi.ac.id/ejurnal/index.php/ijcit.

E. R. Tauran, "Prediksi Harga Saham PT. Bank Central Asia Tbk Berdasarkan Data dari Bursa Efek Indonesia Menggunakan Metode K-Nearest Neighbors (KNN)," TEIKA, Oktober 2021, vol. 11, no. 2, pp. 2021. [Online]. Tersedia: https://doi.org/10.36342/teika.v11i2.2609

N.L.G.P. Suwirmayanti, "Penerapan Metode K-Nearest Neighbor Untuk Sistem Rekomendasi Pemilihan Mobil," 2017.

M. Durairaj and G. Kalaiselvi, "Prediction of Diabetes Using Soft Computing Techniques- A Survey," International Journal of Scientific & Technology Research, vol. 4, issue 03, March 2015.

ITC Trade Map, "Trade statistics for international business development Monthly, quarterly and yearly trade data. Import & export values, volumes, growth rates, market shares," Feb. 4, 2023. [Online]. Tersedia: https://www.trademap.org/.

L. Anshori, R. Regasari, and M. Putri, "Implementasi Metode K-Nearest Neighbor untuk Rekomendasi Keminatan Studi (Studi Kasus: Jurusan Teknik Informatika," Jurnal Pengembangan Teknologi Informasi Dan Ilmu Komputer (J-PTIIK) Universitas Brawijaya, vol. 2, no. 7, pp. 2745–2753, 2018.

PlumX Metrics

Published
2023-09-06
Section
Articles