RANCANG BANGUN SISTEM E-TICKET BERBASIS PAYMENT GATEWAY

  • Arinda Inansya Nariswari Universitas Serang Raya
  • Sumiati Universitas Serang Raya
  • Riyan Naufal Hay’s Universitas Serang Raya
  • Viktor Vekky Ronald Repi Universitas Nasional
Abstract views: 182 , PDF downloads: 143

Abstract

DAN Tiket adalah agen penjualan tiket wisata dan booking hotel. Penjualan dan pemasaran di DAN Tiket saat ini menggunakan media sosial. Transaksi jual beli tiket dan reservasi melalui media social, yaitu pelanggan mengirimkan foto bukti pembayaran transfer. Penelitian ini menggunakan metode waterfall. Dalam menghadapi tingginya persaingan dunia e-ticketing pada era saat ini dibutuhkan sebuah sistem website untuk memperluas media promosi dan metode pembayaran yang dapat memudahkan pengguna dalam melakukan transaksi pembayaran yaitu dengan payment gateway. Payment gateway memberikan layanan transaksi secara mudah, efisien, dan aman. Salah satu layanan payment gateway yang digunakan adalah API midtrans. API Midtrans adalah sistem pembayaran yang dapat memfasilitasi penjual dan pembeli untuk melakukan transaksi. Dalam membangun aplikasi ini, peneliti menggunakan metode penelitian terapan. Hasil dari penelitian yang telah dilakukan, diperoleh analisis kebutuhan, rancangan, dan pengujian sistem. Metode pengujian yang digunakan adalah blackbox. Hasil pengujian pada sistem ini dapat membantu dalam proses transaksi pelanggan dan memudahkan admin dalam mengelola pesanan yang masuk.

Kata kunci: Blackbox, DAN Tiket, Payment Gateway Midtrans, Reservasi, Website

 

Downloads

Download data is not yet available.

References

Dwi Jayanto, A., Kumalasari Niswatin, R., & Kasih, P. (2021). Sistem Informasi Dan Pelayanan E-tiket Berbasis Website Menggunakan Algoritma FIFO Pada Kawasan Wisata Trenggalek..

Fian, A., Sokibi, P., & Magdalena, L. (2020). Penerapan Payment Gateway pada Aplikasi Marketplace Waroeng Mahasiswa Menggunakan Midtrans. Jurnal Informatika Universitas Pamulang, 5(3), 387.

https://doi.org/10.32493/informatika.v5i3.6719.

Maulana, D., & Dzulatkha, A. (2020). Analisis website e-commerce usaha clothing line menggunakan payment gateway dengan metode waterfall studi kasus pada hangover brand bekasi.

Muda, A., Huda, S., & Fernando, Y. (2021). E-Ticketing Penjualan Tiket Event Musik Di Wilayah Lampung Pada Karcismu Menggunakan Library Reactjs. Jurnal Teknologi Dan Sistem Informasi (JTSI), 2(1), 96–103. http://jim.teknokrat.ac.id/index.php/JTSI.

Nasri, E., Nuryani, E., & Agustiawan, N. (2021). Rancangan E-Commerce Dan Payment Api Midtrans Untuk Produk Umkm (Studi Kasus Pada Rumah Kemasan). Jurnal Sistem Informasi Dan Informatika (SIMIKA), 4.

Nisrina, Y. E., Hayuhardhika, W., Putra, N., & Hanggara, B. T. (2019). Pengembangan E-Commerce Dengan Pemanfaatan Sistem Payment Gateway (Studi Kasus: Wisata Kampung Sapi Adventure) (Vol. 3, Issue 10). http://j-ptiik.ub.ac.id.

Tirozul Achyar, M., Indra Pratama, F., & Jl Menoreh Tengah, H. X. (2021). Jurnal Informatika dan Rekayasa Perangkat Lunak Sistem Informasi E-Commerce Furniture Berbasis Web Pada Toko Mebel Ubaidillah Kamal Jepara. 3(2), 156– 161

Yolanda, F., & Sueya Intan Kotabumi, S. (2021). Sistem informasi penjualan barang elektronik berbasis e-commerce pada toko hadi.

Jurnal Ilmiah Informatika Dan Komputer Surya Intan (JIIKSI).

PlumX Metrics

Published
2023-09-06
Section
Articles