ANALISIS DAN PERANCANGAN UI/UX PADA WEBSITE 3 PACK SURABAYA MENGGUNAKAN METODE LEAN UX

Abstract views: 85 , PDF downloads: 94

Abstract

3 Pack Surabaya merupakan perusahaan yang memproduksi paper packaging dan memiliki kantor sekaligus menjadi pabrik produksi di Kompleks Pergudangan BizzPark C3, Jabon, Tambak Sawah, Kec. Waru, Kab. Sidoarjo. 3 Pack Surabaya memiliki berbagai platform untuk mempromosikan produk mereka, terdiri dari Instagram, marketplace, hingga website company profile beralamatkan di https://3packsby.com/. Wawancara yang dilakukan mendapatkan hasil 3 Pack Surabaya memiliki permasalahan pada desain dan pengalaman website. Desain yang kurang menarik mengakibatkan pengunjung website menurun sehingga Search Engine Optimizer (SEO) juga ikut menurun. Akibatnya traffic pengunjung website sedikit dengan jumlah pengunjung periode 14 April hingga 16 Mei 2023 berjumlah 23 user. Selain itu survey awal menggunakan metode User Experience Questionnaire (UEQ) didapatkan hasil masing-masing indikator berada pada kategori buruk di kisaran 25%. Dengan merujuk kepada masalah dan data yang diperoleh dari kuesioner tersebut, diperlukan analisis serta perancangan user interface (UI) dan user experience (UX) pada situs web 3 Pack Surabaya menggunakansmetode Lean UX. Pemilihan Metode Lean UX dilakukan karena metode ini menitikberatkan pada kebutuhan pengguna dengan mengedepankan umpan balik yang cepat dan akurat dari mereka, sehingga waktu yang digunakan dalam mendesain UI/UX lebih singkat dan efisien biaya. Pengujian prototipe website 3 Pack Surabaya menggunakan metode A/B Testing dan User Experience Questionnaire (UEQ). Analisis dan perancangan menghasilkan prototype final, yakni prototype C yangsmemiliki tampilan gabungansdari prototype A dan prototype B. Prototype A terpilihsuntuk 5 halaman yaknisberanda, produk, artikel, kontak dan cara memesan. Prototype B terpilih untuk 2 halaman yakni client dan Online Shop. Hasil pengujian prototype final menggunakansmetode User Experience Questionnaire (UEQ) didapatkan hasilsindikator daya tarik sebesar 1,89; indikator kejelasan sebesar 1,87; indikator efisiensi sebesar 1,95; indikator ketepatan sebesar 1,88; indikator stimulasi sebesar 1,65; dan indikator kebaruan sebesar 1,71. Berdasarkan penilaian metode User Experience Questionnaire, Hasil dari masing-masing indikator rata-rata berada pada kategori  good dan excellence yang berarti user interface & user experience website 3 Pack Surabaya sesuaisdengan kebutuhan user untuksmengakses website dansmendapatkan informasistentang 3 Pack Surabaya.

 

Kata Kunci: Lean UX, User Experience , User Interface

 

Downloads

Download data is not yet available.

References

S. Lastiansah, Pengertian User Interface, Jakarta: PT. Elex Media Komputindo, 2012.

K. Baker, "The Ultimate Guide to Designing for the User Experience," 1 November 2022. [Online]. Available: https://blog.hubspot.com/marketing/ux-user-experience#ux-design-principles.

L. Klein, UX for Lean Startups, United States of America: O’Reilly Media, 2013.

N. Patel, "A/B Testing: Definition, How it Works, Examples, & Tools," 2022. [Online]. Available: https://neilpatel.com/blog/ab-testing-introduction/.

A. Hinderks, M. Schrepp and J. Thomaschewski, "UEQ (User Experience Questionnaire)," 2018. [Online]. Available: https://www.ueq-online.org/.

J. Gothelf, Lean UX : Applying lean principles to improve user experience, O'Reilly Media, Inc, 2013.

P. Aprilia, "Mengenal User Interface: Pengertian, Kegunaan, dan Contohnya," 2020. [Online]. Available: https://www.niagahoster.co.id/blog/user-interface/#Pentingnya_UI_bagi_Sebuah_Produk. [Accessed 28 September 2022].

N. Rahmalia, "Lean UX, Konsep yang Mampu Tingkatkan Efektivitas Proses Desain," 2021. [Online]. Available: https://glints.com/id/lowongan/lean-ux-adalah/#.Y1XZEnZBzIU. [Accessed 22 October 2022].

Sugiyono, Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R & D, Bandung: Alfabeta, 2017.

Quora, "What Is A Minimum Viable Product, And Why Do Companies Need Them?," 2018. [Online]. Available: https://www.forbes.com/sites/quora/2018/02/27/what-is-a-minimum-viable-product-and-why-do-companies-need-them/. [Accessed 28 September 2022].

Marketo, The Power Of A/B Testing, San Mateo: Marketo, 2015.

H. Hartono, Pengertian Website dan Fungsinya, Ilmu teknologi, 2014.

A. A. Faizin, "3 Elemen Dasar Desain Visual pada UI Design yang Wajib Diketahui," 2022. [Online]. Available: https://www.dicoding.com/blog/3-elemen-dasar-desain-visual-pada-ui-design-yang-wajib-diketahui/. [Accessed 28 September 2022].

Linotype, "fonts.com," 2020. [Online]. Available: https://www.fonts.com/font/linotype/helvetica/story.

A. Gallo, "A Refresher on A/B Testing," 2017. [Online]. Available: https://hbr.org/2017/06/a-refresher-on-ab-testing. [Accessed 28 September 2022].

PlumX Metrics

Published
2023-09-06
Section
Articles