Sistem Rekomendasi Penjualan Alat Musik Modern Menggunakan Metode Simple Additive Weighting

  • Yani Sugiyani
  • Adji Rizkiyanto
Abstract views: 518 , PDF downloads: 962

Abstract

Alat musik adalah suatu alat instrument yang dibuat dan dimodifikasikan untuk suara yang berirama. alat musik berbagai macam jenis, dan jika ingin melakukan pembelian terkadang kita bingung untuk menyesuaikan kriteria produknya.  Keberhasilan suatu perusahaan dagang dalam melaksanakan misinya tidak terlepas dari peran strateginya, ragam dan jumlah barang jasa yang dipasok bergantung pada jenisnya. Perusahaan dagang yang memiliki barang yang modern dengan harga terjangkau pastinya akan terbantu untuk sistem penjualan, lalu dengan sistem promosi di dunia maya  dan ditampilkan sistem rekomendasi konsumen pastinya perusahaa akan terus meningkat penjualannya. Dalam suatu perusahaan dagang perlu adanya sistem pendukung keputusan, karena untuk memberikan alternatif dalam pengembangan penjualan,   dan juga perlunya rancangan rekomendasi konsumen untuk membantu ide-ide dari konsumen yang berupa website. Sistem ini dikembangkan menggunakan perancangan aplikasi E-commerce melalui program Hypertext Processor sebagai bahasa pemogramannya, dan MysQL sebagai database. Dalam hal ini penulis menggunakan metode Simple Additeve Weigthing  (SAW), metode ini dipilih karena memiliki cara-cara untuk meperbandingkan nilai bobot pada kriteria barang. sehingga keputusan yang diambil dapat lebih obyektif. Metode SAW adalah penjumlaha  terbobot dengan konsep dasar mencari penjumlahan terbobot dari rating kinerja pada setiap alternatif pada semua atribut.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Ardina Ariani (2013). “Sistem Pendukung Keputusan Kelayan TKI Ke luar Negri Menggunakan FMADM”. Ilmu Komputer (4) Hlm.336-343.

Arianto (2012). “Sistem Pendukung Keputusan Pemilihan Karyawan Terbaik Dengan Metode SAW Studi Kasus Dipamela Swalayan”. Teknik Informatika (6) Hlm. 1-96.

Noersasongko Edi (2014). “Sistem Pendukung Keputusan Kelayakan Pemberian Kredit Motor Menggunakan Metode Simple Additive Weigthing Pada Perusahaan Leasing HD Finance”. Sistem Informasi Hlm 1-9.

Nandang Hermanto (2012). “Sistem Pendukung Keputusan Menggunakan Metode Simple Additive Weigthing (SAW) Untuk Menentukan Jurusan Pada SMK BAKTI PURWOKERTO ”. Teknik Informatika (26) Hlm. 52-62.

Hamdani (2013). “Sistem Pendukung Keputusan Pembelian Notbook Menggunakan Logika Fuzzy Tahani”.

Mundandar Tb. Ai (2013). “Metode Penyelesian Masalah Pendukung Keputusan Menggunakan MADM”. Sistem Informasi (26).

Rachmadi (2013) “Sistem Pendukung Keputusan Penentuuan Proritas Pelanggan Dealer Suzuki Soekarno-Hatta Malang Menggunakan Metode SAW dan AHP”. Ilmu Komputer.

Sukenda (2011). "Sistem Pendukung Keputusan Untuk Memilih Kendaraan Bekas Dengan Menggunakan Metode Analitic Hierarchy Process (AHP)”.Teknik Informatika (26).

Rio Kiswandaru (2011). “Sistem Pendukung Keputusan Untuk Penerimaan Pegawai Baru Menggunakan Metode Simple Additive Weighting (SAW) Studi Kasus Rumah Sakit PKU Muhammadiyah Temanggung”.Sistem Informasi (8) Hlm 6-12.

Published
2017-01-23
Section
Articles