Rancangan Implementasi Protokol S/Mime Pada Layanan E-mail Sebagai Upaya Peningkatan Jaminan Keamanan Dalam Transaksi Informasi Secara Online (Studi Kasus : PT. XYZ )

  • Reni Haerani universitas serang raya
  • Zaenal Muttaqin Universitas Serang Raya
Abstract views: 727 , PDF (Bahasa Indonesia) downloads: 1334

Abstract

Abstrak - Perkembangan teknologi informasi memberikan dampak dalam segala aspek kehidupan manusia, yaitu cara berkomunikasi manusia yang awalnya bersifat konvensional menjadi digital. E-mail merupakan layanan yang disediakan sistem teknologi informasi sebagai sarana untuk bertransaksi informasi di dunia digital. Berkomunikasi menggunakan e-mail memiliki banyak kelebihan namun di sisi lain rentan terhadap kegiatan digital attacker, seperti penyadapan. Security adalah kunci untuk pengamanan informasi yang dibawa oleh e-mail. PT. XYZ merupakan organisasi yang bergerak di bidang bisnis yang menangani infrastruktur TI di kalangan instansi pemerintah maupun swasta, yang mana kesehariannya informasi rahasia ditransaksikan menggunakan e-mail online. S/MIME merupakan salah satu alternatif pengamanan yang dapat diimplementasikan pada e-mail. Hasil akhir dari penelitan ini berupa rancangan implementasi protokol S/MIME pada layanan e-mail bagi PT. XYZ yang menerapkan teknik kriptografi berupa tanda tangan digital dan/atau enkripsi yang terbukti dapat memenuhi aspek keamanan informasi. Dengan mengimplementasikan S/MIME, aspek information security seperti confidentiality, integrity, authentication dan non-repudiation yang diharapkan oleh PT. XYZ dapat terpenuhi.

Kata Kunci: e-mail, digital attacker, security, S/MIME, information security

Downloads

Download data is not yet available.

References

Novasandro, Ridzky, dkk. (2008). Prinsip Kerja Protokol - Protokol Electronic Mail. http://te.ugm.ac.id/. 23 Mei 2012.

Cutra, Angga O., (2007). Aplikasi Pengamanan Pesan pada Mail Client dengan Menggunakan Algoritma CAST-128, Bandung: UNIKOM.

Schneier, Bruce, (1996). Applied Cryptography, U.S America: John Wiley & Sons, inc.

Munir, Rinaldi, Pengantar Kriptografi, Bandung: Penerbit Informatika, 2006.

Sumarkidjo, dkk.,(2007). Jelajah Kriptologi, Jakarta: Lembaga Sandi Negara RI.

Hasad, Andi, Peningkatan Layanan Keamanan S/MIME, (2011). Bogor: Institut Pertanian Bogor.

Banday, M. Tariq, (2011). International Journal of Distributed and Parallel Systems (IJDPS): Effectiveness and Limitations of E-mail Security Protocols.

Forouzan, Behrouz A., (2008). Cryptography and Network Security, New York: Mc Graw Hill.

Maryati, Kun, Sosilologi, (2005) Jakarta: ESIS.

Menezes, Alfred J., Paul C. Van Oorschot, Scott A. Vanstone.,(1997). Handbook of Applied Cryptography, U.S America: CRC Press LLC.

C. Moris and S. Smith, (2007). Towards Usefully Secure E-mail, New York: IEEE Technology and Society Magazine, pp. 25-34.

Qoyyim, Ibnul, (2008). Implementasi Algoritma Kunci Publik Kriptografi Kurva Eliptik pada Aplikasi Email Mozila Thunderbird.

Setyorini, Fitri, (2010). E-mail Security (Bahan Ajar), Institut Teknologi Sepuluh Nopember.

Stalling, William, (2005). Cryptography and Network Security, Principles and Practices, New York: Prentice Hall.

PlumX Metrics

Published
2018-10-18
Section
Articles