Sistem Pendukung Keputusan Pemberian Beasiswa Menggunakan Metode Simple Additive Weight(SAW) (Studi Kasus : SMP Negeri 2 Mekar Baru Kab. Tangerang)

  • Fajar Widianto Universitas Islam Syekh Yusuf Tangerang
  • Taufik Hidayat Universitas Islam Syekh Yusuf Tangerang
Abstract views: 693 , PDF (Bahasa Indonesia) downloads: 536

Abstract

Abstrak Pemberian beasiswa harus sesuai kriteria dan memiliki rasa keadilan bagi semua siswa. Pemberian beasiswa di SMPN 2 Mekar Baru Kab.Tangerang masih bersifat manual. Bagian tata usaha masih mengurutkan siswa per kriteria untuk menetukan penerima beasiswa, kriteria yang digunakan seperti pekerjaan orang tua, penghasilan orang tua, kepemilikan Kartu Perlindungan Sosial (KPS)/Program Keluarga Harapan (PKH), jumlah tanggungan, nilai raport semester. Dalam melakukan penyeleksian lembaga membutuhkan waktu yang cukup lama, untuk itu perlu diterapkan sistem yang mampu bekerja secara cepat, tepat dan obyektif dalam pengambilan keputusan sehingga hasil yang dikeluarkan tersebut valid dan benar bisa dikatakan bahwa siswa tersebut merupakan siswa yang dapat diberikan beasiswa. Metode yang digunakan penelitian ini dilakukan dengan mencari nilai bobot untuk setiap atribut, kemudian dilakukan proses perankingan yang akan menentukan alternatif yang optimal.

Kata kunci: Sistem Pendukung Keputusan, Beasiswa, SAW.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Gunawan, sabda. (2015). Sistem Pendukung Keputusan Pemilihan Guru Terbaik Pada SMA Negeri 2 Kutacane Dengan Menggunakan Metode Simple Addictive Weighting (SAW).

Kadir, A.. (2014). Pengenalan Sistem Informasi. Edisi Revisi, Yogyakarta, Andi.

Nofriansyah, D.(2014). Konsep Data Mining VS Sistem Pendukung Keputusan, Medan : Deepublish.

Rosa A.S, M.S. (2016). Rekayasa Perangkat Lunak Terstruktur dan Berorientasi Objek. Bandung : Informatika.

PlumX Metrics

Published
2018-10-18
Section
Articles