Perancangan Sistem Pendukung Keputusan Pemilihan Supplier di PT. Alfindo Dengan Metode Analytical Hierarchy Process (AHP)

  • Ninik Wulandari
Abstract views: 2637 , PDF downloads: 5161

Abstract

PT. Alfindo merupakan perusahaan yang bergerak di bidang contractor, fabrikasi, manufacturing, general trading, and labour supply. PT. Alfindo tidak memproduksi barang sendiri melainkan membutuhkan supplier dalam proses pengadaan barang. Namun, dalam proses pemilihannya PT. Alfindo masih mengalami kesulitan dalam memilih supplier yang terbaik, perusahaan juga belum memiliki kriteria khusus dalam melakukan penilaian terhadap supplier, serta membutuhkan waktu yang lama dalam proses pemilihannya. Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan suatu rancangan aplikasi yang dapat digunakan untuk pemilihan supplier, dan dapat membantu dalam memberikan evaluasi terhadap supplier berdasarkan kriteria yang dimiliki perusahaan, diantaranya harga, kualitas, pelayanan, waktu pengiriman, dan responsibilitas, serta dapat mengefisienkan waktu dalam pembuatan laporan. Penelitian dilakukan dengan metode observasi, wawancara, dan studi pustaka. Penelitian dilakukan di PT. Alfindo Banten Sukses Bersama. Sistem dirancang dengan menggunakan metode Analytical Hierarkhi Process (AHP) sebagai perhitungannya dan menggunakan Unified Modelling Language (UML) sebagai model perancangannya. Adapun software yang digunakan untuk membangun sistem ini adalah menggunakan Hypertext Preprocessor (PHP) dengan MySQL Server sebagai database-nya. Dari penilitian yang telah dilakukan maka dihasilkan sebuah sistem pendukung keputusan pemilihan supplier di PT. Alfindo dengan metode Analytical Hierarkhi Process (AHP), untuk membantu dalam proses pemilihan supplier terbaik sebagai pemasok barang-barang atau spare part alat kebutuhan industri yang dibutuhkan konsumen

Downloads

Download data is not yet available.

References

Taufiq, R. (2013). “Rancang Bangun Sistem Pendukung Keputusan Penilaian Kinerja Kependidikan Menggunakan Metode Analytical Hierarchi Process (Studi Kasus Di Fakultas Teknik Universitas Muhammadiyah Tangerang).” Jurnal Tekno Insentif Kopwil4. Vol. 7. No. (2). 36 – 44.

Artika, R. (2013). “Penerapan Analitycal Hierarchy Proccces (AHP) Dalam Pendukung Keputusan Penilaian Kinerja Guru Pada SD Negeri 095224.” Pelita Informatika Budi Darma. Vol. IV. No. (3). 1 - 6.

Kusrini Dan Gole, A W. (2007). “Sistem Pendukung Keputusan Penentuan Prestasi Pegawai Nakertrans Sumba Barat Di Waikabubak.” SNATI 2007. ISSN: 1907-5022. Hal. D-47 s/d D-52.

Tominanto. (2012). “Sistem Pendukung Keputusan Dengan Metode Analytical Hierarchy Process (AHP) Untuk Penentuan Prestasi Kinerja Dokter Pada Rsud. Sukoharjo.” INFOKES. Vol. 2. No. (1). 1 - 15.

Indah, (2009), Sistem Informasi Geografis Fasilitas Kota Bogor Menggunakan Framework Pmapper, Institut Pertanian Bogor, Bogor pada tanggal 23 Juni 2014 pukul 13.14 WIB, diakses di http://repository.ipb.ac.id/bitstream/handle/123456789/13023/G09ika.pdf?sequence=10

Murdiyanto, (2010), Simulasi Daerah Banjir Menggunakan Sistem Informasi Geografis Di Kabupaten Sragen, Universitas Islam Negeri Malang, Malang. , pada tanggal 25 Juni 2014 pukul 13.14 WIB, diakses di http://lib.uin-

Published
2017-01-23
Section
Articles