SISTEM INFORMASI GEOGRAFIS PEMETAAN DAERAH PARIWISATA

  • Saefudin Universitas Serang Raya
  • Diah Islamiati Universitas Serang Raya
Abstract views: 727 , PDF downloads: 934

Abstract

Kabupaten Serang merupakan salah satu kabupaten yang berada di provinsi Banten yang memiliki beragam destinasi wisata. Pariwisata merupakan kegiatan perjalanan dari satu tempat ke tempat lainnya yang sudah direncanakan. Dalam bidang pariwisata, sebuah infromasi sangatlah diperlukan dalam menghasilkan sebuah informasi yang jelas dan tepat sehingga akan dapat membantu masyarakat dalam melakukan perjalanan wisata. Berdasarkan hasil observasi dan wawancara dengan Dinas pariwisata Kabupaten Serang permasalahan yang terjadi yaitu informasi yang digunakan hanya menggunakan brosur yang terdapat scan QR sehingga kurang efisien. Maka dibutuhkan sistem informasi geografis berbasis website yang dapat menampilkan gambaran peta dan memberikan informasi secara detail lokasi wisata di kabupaten Serang sehingga masyarakat dapat mengaksesnya dimanapun dan kapan saja. Aplikasi dalam penelitian ini dengan memanfaatkan Leaflet Js. Metode pengembangan yang digunakan yaitu metode waterfall dengan menggunakan pemodelen Unified Modelling Language (UML). Pengujian aplikasi menggunakan metode Blackbox. Hasil dari penelitian ini berupa aplikasi pemetaaan daerah pariwisata berbasis web di Kabupaten Serang.

 

Kata Kunci : Pariwisata, Sistem Informasi Geografis, Kabupaten Serang, Unified Modelling Language, Waterfall, Website.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Adil, A. (2017). Sistem Informasi Geografis. Andi : Yogyakarta

Alamsyah, N., Erpuruni, W., & Setiawan, F. (2021). Rancang Bangun Sistem Informasi Geografis Berbasis Website Untuk Pemetaan Objek Wisata Pada Dinas Kebudayaan Dan Pariwisata Pada Kota Bandung, Jurnal Sains Sosio Huaniora, Vol. 5 (No.1), 544-552.

Dinas Pemuda Olahraga Dan Pariwisata Kabupaten Serang, 2014-2025, Rencana Induk Pembangunan Kepariwisataan Kabupaten Serang, Peraturan Daerah Nomor 8 Tahun 2014, Kabupaten Serang.

Hutahaean, Jeperson (2016). Konsep Sistem Informasi. Deepublis : Yogyakarta.

Kurnialensya, T., & Susatyono, J. D. (2019). Sistem Informasi Geografis Jalur Obyek Propinsi Jawa Tengah Dengan Metode Djistrak. JOUTICA, Vol. 4(No.2), 212–219.

Nurhindarto, A., Santoso, D. R., & Hidayat, E. Y. (2020). Rancang Bangun Aplikasi Sistem Informasi Geografis Objek Wisata dan Kuliner di Kabupaten Kudus Berbasis Smartphone Android. JOINS (Journal of Information System), Vol. 5(No.2), 288–299.

Prasetyo, J. E., Widiartha, I. B. K., & Albar, M. A. (2018). Sistem Informasi Geografis Pencarian Lokasi Wisata Kuliner Terdekat di Kota Mataram Berbasis Website. Journal of Computer Science and Informatics Engineering (J-Cosine), Vol. 1(No.1), 65.

Saefudin, Ratu DM. Suandi (2018). Aplikasi Education Mapping (AEM) Dengan Pendekatan Sistem Informasi Geografis Untuk Pemetaan Pendidikan Di Kota Serang. Jurnal Sistem Informasi (JsiI), Vol.6, No.2, September 2018.

Ridho Eldita, B., Kurniawan, D., & Eka Febriansyah, F. (2018). Aplikasi Sistem Informasi Geografis Objek Wisata Berbasis Mobile Android Pada Dinas Kepemudaan, Olahraga Dan Pariwisata (Bidang Pariwisata) Kota Metro. Jurnal Komputasi, Vol. 6(No.1), 54–63.

Rosa A. S dan M. Shalahuddin. (2013). Rekayasa Perangkat Lunak Terstruktur dan Berorientasi Objek. Informatika Bandung : Bandung.

Santoso, S., Ilamsyah, I., & Abilaji, R. (2019). Pandu Lokasi Wisata Kota Tangerang Dengan Sistem Informasi Geografis Berbasis Web. Jurnal Sistem Informasi Dan Informatika (Simika), Vol. 2(No.1), 91–101.

Yuniarti, E., Fitriani, M. I., & Khairiyah, T. (2021). Pemetaan Jalur Jalan Wisata Bukit Jamur di Kabupaten Bengkayang Menggunakan Sistem Informasi Geografis (SIG). Tataloka, Vol. 23(No.4), 563–574.

PlumX Metrics

Published
2023-03-22
Section
Articles