PERANCANGAN APLIKASI DATA PENJUALAN BATIK BERBASIS ANDROID MENGGUNAKAN DATABASE FIREBASE
DOI:
https://doi.org/10.30656/jsii.v11i2.6043Abstract
Batik merupakan warisan budaya Indonesia yang diakui oleh UNESCO dan telah mengalami peningkatan permintaan di pasar lokal maupun internasional. Meskipun pertumbuhannya signifikan, banyak toko batik masih menghadapi tantangan dalam pengelolaan data penjualan, stok, dan informasi pelanggan. Proses pengelolaan data yang dilakukan secara manual sering kali tidak efisien dan rentan terhadap kesalahan, sehingga dapat menghambat pertumbuhan bisnis dan mengurangi kemampuan bersaing di pasar global. Di era digital ini, penggunaan teknologi berbasis aplikasi Android menawarkan solusi efektif untuk mengatasi masalah ini. Android, sebagai sistem operasi mobile paling populer, memungkinkan pengelolaan data yang lebih sistematis, terintegrasi, dan real-time. Penelitian ini menghasilkan aplikasi penjualan berbasis Android yang dirancang khusus untuk toko batik, yang memungkinkan pencatatan penjualan, pengelolaan stok, dan analisis data pelanggan dengan lebih efisien dan akurat. Aplikasi ini juga dilengkapi dengan fitur notifikasi otomatis untuk restock dan integrasi dengan platform e-commerce, yang dapat memperluas jangkauan pasar dan meningkatkan daya saing toko batik di era digital. Hasil implementasi menunjukkan bahwa aplikasi ini mampu meningkatkan efisiensi operasional, mengurangi kesalahan pencatatan, dan mendukung pengambilan keputusan bisnis yang lebih tepat. Dengan demikian, aplikasi ini diharapkan dapat menjadi solusi yang efektif untuk mendukung digitalisasi proses operasional toko batik dan memaksimalkan potensi penjualannya.
Kata kunci: Perancangan, Implementasi, Batik, Firebase, Aplikasi.
Downloads
References
“UNESCO - Indonesian Batik.†Diakses: 10 September 2024. [Daring]. Tersedia pada: https://ich.unesco.org/en/RL/indonesian-batik-00170
S. Sumardi, Z. R. Ridlo, R. P. N. Puji, dan D. Dafik, “The Research-based Learning-STEM Learning Activity Framework: The use of Software J-Batik in Designing the Indonesian Batik Motifs as Traditional Cultural Heritage to Improve Students Historical Literacy,†2022.
G. Kurniawan, F. Adnan, dan J. A. Putra, “Perancangan User Interface dan User Experience Aplikasi E-Commerce Kain Batik pada UMKM Rezti’s Batik Menggunakan Pendekatan Design Thinking,†JTIIK, vol. 10, no. 3, hlm. 551–560, Jul 2023, doi: 10.25126/jtiik.20231036733.
A. Wibowo, A. S. Hidayat, dan E. Rahmawati, “Pembangunan Aplikasi E-Commerce Pemasaran Batik pada Toko Batik Rifqi,†Journal of Computer System and Informatics (JoSYC), vol. 1, no. 2, Art. no. 2, Feb 2020.
W. Handayani, B. Widianarko, dan A. R. Pratiwi, “Toward water friendliness in batik production: addressing the key factors on water use for batik production in Jarum village, Klaten Regency, Indonesia,†Environmental Science and Pollution Research, vol. 30, no. 28, hlm. 71826–71837, 2023, doi: 10.1007/s11356-021-16743-9.
N. Nurjamiyah dan H. Hasdiana, “Pelatihan Pembuatan Aplikasi E-Commerce untuk Penjualan Baju Batik pada UKM Batik Ardhina,†Prioritas: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, vol. 4, no. 02, Art. no. 02, Des 2022, doi: 10.35447/prioritas.v4i02.623.
E. Pudjiarti dan S. Faizah, “Perancangan Aplikasi Penjualan Berbasis Android sebagai Media Pemesanan pada Distro Online,†Bina Insani ICT Journal, vol. 8, no. 2, hlm. 176–186, Des 2021, doi: 10.51211/biict.v8i2.1589.
T. Wahyudi, “Pengembangan Aplikasi Berbasis Web dan Android Sebagai Penunjang Kerja di Indonesia: Systematic Literature Review,†Indonesian Journal Computer Science, vol. 1, hlm. 96–102, Okt 2022, doi: 10.31294/ijcs.v1i2.1428.
N. Sibarani, G. Munawar, dan B. Wisnuadhi, Analisis Performa Aplikasi Android Pada Bahasa Pemrograman Java dan Kotlin. 2020.
W. Ardani, “Pengaruh Digital Marketing Terhadap Perilaku Konsumen,†Jurnal Tadbir Peradaban, vol. 2, hlm. 40–47, Jan 2022, doi: 10.55182/jtp.v2i1.102.
H. Sularsih, “Transformasi digital dan financial technology terhadap peningkatan pendapatan umkm dimasa pandemi Covid- 19 di Kabupaten Pasuruan,†Juli September, 2022.
M. Martono, “Implementasi Prototype Aplikasi Pengelolaan Inventaris Barang,†Jurnal Ilmiah Media Sisfo, vol. 13, no. 1, hlm. 38–47, 2019, doi: 10.33998/mediasisfo.2019.13.1.566.
R. A. S. & M. Shalahuddin, Rekayasa Perangkat Lunak Edisi Revisi. Informatika, 2018.
G. R. Paraya dan R. Tanone, “Penerapan Firebase Realtime Database Pada Prototype Aplikasi Pemesanan Makanan Berbasis Android,†Jurnal Teknik Informatika dan Sistem Informasi, vol. 4, no. 3, hlm. 397–406, 2018
Downloads
Published
Issue
Section
License
- This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
-
Author(s)' Warranties
The author warrants that the article is original, written by stated author(s), has not been published before, contains no unlawful statements, does not infringe the rights of others, is subject to copyright that is vested exclusively in the author and free of any third party rights, and that any necessary written permissions to quote from other sources have been obtained by the author(s).
- Information
- Notice about change in the copyright policy of the journal 'Jurnal Sistem Informasi (JSiI)' : "From Vol 1, onwards the copyright of the article published in the journal 'Jurnal Sistem Informasi' will be retained by the author"