SISTEM PENDUKUNG KEPUTUSAN PENERIMAAN BANTUAN DANA KORBAN BENCANA ALAM BANJIR

  • Yoga Pranata Universitas Mercu Buana
  • Enrico Setya Damaputra Universitas Mercu Buana
  • Pangilinan Gunawan Universitas Mercu Buana
  • Anita Ratnasari Universitas Mercu Buana
Abstract views: 232 , PDF downloads: 228

Abstract

Bencana alam adalah hal yang tidak bisa dihindari oleh tangan manusia, bencana seperti ini bisa saja menimpa semua jenis kalangan sosial. Penelitian ini berharap untuk membantu korban bencana alam banjir dengan membuat sistem pendukung keputusan berbasis komputer untuk menentukan seberapa besar yang akan diberikan kepada korban berdasarkan beban yang ditanggung. Berdasarkan tempat yang sering terkena bencana alam banjir, sumber informasi dalam penelitian ini diambil dari jurnal-jurnal yang tepercaya dan keterangan dari beberapa korban yang pernah terkena bencana alam ini. Pemilihan keterangan dari korban ditentukan secara purposive, dengan mempertimbangkan bahwa mereka termasuk ke dalam orang yang mengetahui ataupun mengalami kejadian bencana tersebut. Analisis berguna untuk menentukan seberapa besar bantuan yang dibutuhkan berdasarkan dampak kerusakaan, tinggi banjir, jumlah anggota keluarga, korban jiwa, dan anggota keluarga yang sakit menggunakan Analytical Hierarchy Process (AHP). Hasil penelitian diharapkan efektif untuk membantu para korban bencana alam banjir berdasarkan beban yang ditanggung.

 

Kata kunci: Bantuan korban bencana alam banjir, sistem pendukung keputusan, Analytical Hierarchy Process  (AHP).

 

Downloads

Download data is not yet available.

References

Waluyo, S. (2017). Optimasi Pengendalian Banjir Di Kota Tangerang Dengan Metode Goal Programming Dan Ahp (Analytical Hierarchy Process). Jurnal Teknik, 5(1).

Mustakim, M., & Apriyanto, E. W. (2014, June). Sistem Pendukung Keputusan Penentuan Penerima Bantuan Keuangan Korban Bencana Alam Menggunakan Metode Analytical Hierarchy Process. In Seminar Nasional Aplikasi Teknologi Informasi (SNATI) (Vol. 1, No. 1).

Apriawan, M., Faisal, M., & Hadi, S. (2016). Analisis Penentuan Prioritas Pengendalian Logistik Bencana Di Sulawesi Tengah. Jurnal Ilmu Manajemen Universitas Tadulako, 2(1), 59-68.

Taylor, BW., 2014. Sains Manajemen Introduction to Management Science, Penerbit Salemba Empat. Jakarta.

Gunawan, R. (2019). Sistem Pendukung Keputusan Pemilihan Anggota Terbaik Pemadam Kebakaran Dengan Menggunakan Metode Analitycal Hierarchy Proses (AHP). JURIKOM (Jurnal Riset Komputer), 6(5), 538-544.

Gustina, D., & Mutiara, D. (2017). Sistem Penunjang Keputusan Pemilihan Router Mikrotik Dengan Menggunakan Metode AHP (Analitycal Hierarchy Process). Jurnal Ilmiah FIFO, 9(1), 68-73.

Marutha, I. G. P., & Sutayasa, K. A. (2019). Sistem Pendukung Keputusan Pengembangan Pariwisata Alam Kawasan Plawangan–Turgo Menggunakan Model AHP dan TOPSIS. Jurnal Sistem Informasi dan Komputer Terapan Indonesia (JSIKTI), 1(4), 205-214.

Usman, S., Aziz, F., & Lutfi, M. (2021). Sistem Pendukung Pengambilan Keputusan Pemberian Bantuan dengan Metode AHP. Jurnal Media Informatika Budidarma, 5(2), 540-548.

Maulidiah, M., Jono, J., & Ramli, I. R. (2019). Penentuan Rute Penyaluran Bantuan Bencana Guna Meminimalkan Biaya Distribusi Dengan Metode Saving Matriks. Jurnal Rekayasa Industri (JRI), 1(1).

Septian, A. M. A., Afwani, R., & Albar, M. A. (2020). Implementasi Metode Simple Additive Weighting (SAW) dalam Sistem Pendukung Keputusan Penentuan Penerima Bantuan Korban Bencana Alam Gempa (Studi Kasus: BPBD Lombok Barat). Jurnal Teknologi Informasi, Komputer, dan Aplikasinya (JTIKA), 2(2), 196-207.

Rinawati, D. I., Sari, D. P., Priatamphatie, F., & Fahrudin, F. (2018). Rancang Bangun Sistem Informasi Bantuan Logistik Bencana Studi Kasus Pada BPBD Kabupaten Magelang. J@ti Undip: Jurnal Teknik Industri, 13(1), 51-60.

Kuntjorowati, E. (2020). Dampak Bantuan Sosial Untuk Korban Bencana Alam Tanah Longsor Di Banjarnegara. Media Informasi Penelitian Kesejahteraan Sosial, 44(1), 63-76.

PlumX Metrics

Published
2022-09-01
Section
Articles