KOMPARASI METODE SIMPLE ADDITIVE WEIGHTING (SAW) DENGAN WEIGHTED PRODUCT (WP) UNTUK PENILAIAN TENAGA KERJA INDONESIA

  • Jovanica Universitas Pradita
  • Erick Dazki Universitas Pradita
Abstract views: 162 , PDF downloads: 146

Abstract

Muara Mas Global merupakan salah satu perusahaan penyalur tenaga kerja profesional. Untuk memudahkan kegiatan perusahaan yang ada serta dalam pengambilan keputusan, perlu dibantu dengan Sistem Penunjang Keputusan (SPK). Tujuan dari SPK yakni untuk menentukan penilaian tenaga kerja dengan menggunakan metode Simple Additive Weighting (SAW) dan juga Weighted Product (WP). Dua metode tersebut dipilih karena mampu menyeleksi alternatif terbaik dari sejumlah alternatif, dalam hal ini alternatif yang dimaksud adalah kualitas pekerja berdasarkan kriteria yang telah ditentukan. Penelitian ini dilakukan dengan mencari nilai bobot pada setiap pekerja dengan beberapa kriteria yaitu umur, jenis pengalaman kerja, jangka waktu pengalaman kerja, Pendidikan terakhir serta keahlian Bahasa yang dimiliki. Dalam penelitian ini menunjukkan hasil bahwa metode WP lebih sesuai digunakan dibandingkan dengan metode SAW karena hasil yang diperoleh hampir mirip dengan data yang dimiliki oleh narasumber.

 

Kata kunci: Sistem Pendukung Keputusan, TKI, SAW, WP

Downloads

Download data is not yet available.

References

Kemendagri, “273 Juta Penduduk Indonesia Terupdate Versi Kemendagri,” Direktorat Jendral kependudukan dan Pencatatan Sipil kementrian dalam negeri republik Indonesia, 2022. https://dukcapil.kemendagri.go.id/berita/baca/1032/273-juta-penduduk-indonesia-terupdate-versi-kemendagri (accessed Apr. 04, 2022).

Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 20 Tahun 1999, Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 20 Tahun 1999 Tentang Pengesahan ILO Convention No 138 Mengenai Usia Minimum Untuk Diperbolehkan Bekerja, no. 138. 1999.

Badan Pusat Statistik, “Penduduk Berumur 15 Tahun Ke Atas Menurut Golongan Umur dan Jenis Kegiatan Selama Seminggu yang Lalu, 2000-2013,” bps.go.id, 2014. http://www.bps.go.id/linkTabelStatis/view/id/974 (accessed Apr. 04, 2022).

A. Sari, “Sistem Pendukung Keputusan Penempatan Tenaga Kerja Indonesia dengan Menggunakan Metode Simple Additive Weighting,” 2016. [Online]. Available: www.stmikpringsewu.ac.id

PT. Muara Mas Global, “Tentang pt. Muara mas global,” muaramasglobal.co.id, 2020. https://muaramasglobal.co.id/tentang-kami/ (accessed Apr. 04, 2022).

D. Gulo, “Sistem Pendukung Keputusan Pemilihan Tenaga Kerja Indonesia (TKI) Berdasarkan Kualitas Untuk Menentukan Tempat Kerja Menggunakan Metode Profile Matching (Studi Kasus: PT Adila Prezkifarindo Duta),” J. Sist. Komput. dan Inform., vol. 1, no. 2, p. 142, Jan. 2020, doi: 10.30865/json.v1i2.1940.

I. K. Dwi and G. Supartha, “Jurusan Pada Smk Kertha Wisata Denpasar,” J. Nas. Pendidik. Tek. Inform., vol. 3, no. 2, pp. 64–69, 2014.

A. P. Manullang, A. Prahutama, R. Santoso, D. Statistika, F. Sains, and D. Matematika, “Penerapan Metode Simple Additive Weighting (Saw) Dan Weighted Product (Wp) Dalam Sistem Penunjang Pemilihan Laptop Terfavorit Menggunakan Gui Matlab,” vol. 7, no. 1, pp. 11–22, 2018, [Online]. Available: https://ejournal3.undip.ac.id/index.php/gaussian/

H. Hertyana, E. Mufida, and A. Al Kaafi, “Sistem Pendukung Keputusan Pemilihan Laptop Dengan Menggunakan Metode Topsis,” J. Tek. Inform. UNIKA St. Thomas, vol. XX, no. 1, pp. 36–44, 2021, doi: 10.54367/jtiust.v6i1.1216.

A. K. Nugroho, I. Permadi, and A. Hanifa, “Sistem Pendukung Keputusan Perekomendasian Oli Menggunakan Fuzzy Madm.”

E. L. Ruskan, A. Ibrahim, and D. C. Hartini, “Sistem Pendukung Keputusan Pemilihan Hotel Di Kota Palembang Dengan Metode Simple Additive Weighting (Saw),” J. Sist. Inf., vol. 5, no. 1, pp. 546–565, 2013, [Online]. Available: http://ejournal.unsri.ac.id/index.php/jsi/index

R. A. Prakoso and D. Djuniadi, “Komparasi Metode SAW dan TOPSIS untuk Menentukan Prioritas Perbaikan Jalan.”

P. Andika Pratomo, M. Gumanti, S. Mukodimah, P. Sistem Informasi STMIK Pringsewu Lampung, J. Wisma Rini No, and pringsewu Lampung, “Perbandingan Metode Simple Additive Weighting (SAW) dan Weighted Product (WP) Untuk Penilaian Rumah Sehat,” JTKSI, vol. 02, no. 03, 2019.

J. A. D. Guterres, Pemanfaatan Metode Saw Dan Topsis Sebagai Media Pendukung Keputusan Pemberian Bantuan Rumah Layak Huni. 2017. [Online]. Available: https://unisbank.ac.id/ojs/index.php/sintak/article/view/6512

J. Y. Augusto, B. Mulyawan, and T. Sutrisno, “Jurnal Ilmu Komputer dan Sistem Informasi Perbandingan Metode Topsis Dan Simple Additive Weighting Untuk Rekomendasi Penentu Penerima Beasiswa Sma Dy.”

PlumX Metrics

Published
2022-09-01
Section
Articles