IMPLEMENTASI SISTEM INFORMASI TRACER STUDY UNIVERSITAS JAMBI BERORIENTASI KEPADA KEMUDAHAN PENGGUNAAN END USER

  • Riyan Mahmudin Universitas Jambi
  • Jefri Marzal Universitas Jambi
  • Pradita Eko Prasetyo Utomo Universitas Jambi
Abstract views: 357 , PDF downloads: 447

Abstract

Pelaksanaan tracer study yang dikelola oleh Unit Pelaksana Teknis Kemahasiswaan Universitas Jambi yang telah berjalan saat ini dianggap masih kurang optimal, pelaksanaan tracer study yang masih menggunakan layanan google formulir membuat data tracer study tersimpan kedalam banyak file dan belum tersimpan dalam sebuah database Universitas Jambi. Selain potensi kehilangan file-file data tracer study sangat mungkin terjadi, belum tersimpannya data tracer study kedalam sebuah database yang terpusat mengakibatkan data tracer study belum dapat dimanfaatkan untuk pemenuhan data aplikasi Borang Universitas Jambi dan Sistem Laporan Kinerja Universitas Jambi. Oleh karena itu untuk mengatasi permasalahan yang ada saat ini, maka akan dilakukan penelitian pengembangan sistem informasi untuk pelaksanaan tracer study di Universitas Jambi. Metode penelitian yang digunakan pada penelitian ini adalah model prototype, karena penelitian yang dilakukan adalah implementasi terhadap sebuah rancangan maka penelitian ini melakukan dua tahapan dalam prototype yaitu tahapan Construction of Prototype dan tahapan Deployment Delivery and Feedback. Hasil penelitian berupa sebuah perangkat lunak Sistem Informasi Tracer Study yang telah diuji aspek fungctionality, efficiency, portability dan evaluasi pada persepsi kemudahan penggunaan software oleh end user. Hasil pengujian perangkat lunak pada aspek functionality adalah 1 (baik), nilai aspek efficiency yang diperoleh adalah 0.483 dimana angka tersebut menunjukan nilai yang baik, hasil pengujian portability menunjukan sistem tidak mengalami masalah pada web browser dan pengujian usability diperoleh nilai persentase 85% yang artinya sistem yang diterapkan telah dianggap sangat layak oleh pengguna sistem.

 

Kata Kunci: Sistem Informasi, Tracer Study, Prototype, Pengujian Sistem, Persepsi Kemudahan Pengguna

Downloads

Download data is not yet available.

References

Fajri, R. M. (2016). Rancang Bangun Sistem Informasi Tracer Study Berbasis Web Studi Kasus Fakultas Ilmu Komputer Universitas Indo Global Mandiri. Jurnal Ilmiah Informatika Global, 7(1), 1–9.

Sidi, M., Fajri, F., & Hendra, R. (2015). Pengujian Aplikasi Menggunakan Black Box Testing Boundary Value Analysis. Ilmiah Teknologi Informasi Terapan, 1-6.

Susanto, Azhar, & Meiryani. (2019). System Development Method with The Prototype Method. International Journal of Scientific and Technology Research, 8(7), 141–144.

Barus, A. C., & Leo, S. (2019). Android Comparative Study of Automated Testing Tools for Android. JTIIK : Jurnal Teknologi Informasi Dan Ilmu Komputer, 6(6).

Munandar, G. A., & Amarudin, A. (2017). Rancang Bangun Aplikasi Kepegawaian Pegawai Negeri Sipil Dan Pegawai Honorer pada Badan Kepegawaian dan Diklat Kabupaten. Jurnal Teknoinfo, 11(2), 54. https://doi.org/10.33365/jti.v11i2.27.

ISO/IEC. 2010. Information Technology - Software Produc Quality -Part 1 : Quality Model.

Musyaffi, A. M., Muna, A., & Fariani, N. (2016). Pengaruh persepsi kemudahan dan Persepsi Kegunaan terhadap Penerimaan Pengguna Sistem Informasi Akademik Terpadu. JRAK: Jurnal Riset Akuntansi Dan Komputerisasi Akuntansi, 7(2), 71–82.

Arikunto. (2009). Analisis dan Desain Sistem Informasi. Yogyakarta: Graha Ilmu.

Sugiyono. 2015. Metode Penelitian Pendidikan (Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif dan R&D), Alfabeta, Bandung.

Mulyanto, A., Sumarsono, Niyartama T. F., Syaka, A.K., (2020). Penerapan Technology Acceptance Model (TAM) dalam Pengujian Model Penerimaan Aplikasi MasjidLink. Jurnal Semesta Teknika.

ISO/IEC. 2002. Software Engineering - Product Quality - Part 2: External Metric.Canada: International Technical Report.

Nielsen, J. (2010). Website Response Times. Diakses pada http://www.nngroup.com/articles/website-response-times/. pada tanggal 7 Desember 2021.

PlumX Metrics

Published
2022-09-01
Section
Articles