PERAMALAN PERSEDIAAN OBAT MENGGUNAKAN METODE SINGLE EXPONENTIAL SMOOTHING

  • Ely Nuryani Universitas Banten Jaya
  • Rudianto Universitas Banten Jaya
  • Ramdani Budiman Universitas Banten Jaya
  • Eric Lazuwardi Universitas Banten Jaya
Abstract views: 208 , PDF downloads: 172

Abstract

Permintaan konsumen yang tidak menentu sering terjadi pada Toko Aqilah Herbal, hal tersebut menjadi masalah terhadap kontrol persediaan produk. Produk yang disediakan oleh toko sering mengalami kekuarangan atau kelebihan, hal ini menyebabkan kerugian atau komplain dari konsumen. Untuk mengatasi hal tersebut dan untuk memberikan perkiraan persediaan produk agar lebih tepat dan sesuai kebutuhan dengan melihat penjualan obat periode sebelumnya dan memperkirakan kondisi di periode berikutnya maka Toko Aqilah Herbal memerlukan suatu sistem yang dapat memprediksi jumlah persediaan obat herbal. Sistem tersebut pula bertujuan untuk menambah laba dan mengurangi resiko kerugian akibat berlebih maupun kurangnya persediaan jumlah obat herbal. Diagram Arus Data (DAD) dipilih untuk menunjukkan model sistem dan aliran data pada sistem. Adapun teknik peramalannya menggunakan metode Single Exponential Smoothing ialah sebuah teknik peramalan dengan perbandingan untuk mencari nilai alpha, dengan melacak nilai alpha tersebut secara random (trial) hingga memperoleh alpha yang mempunyai error paling kecil dengan pencarian memakai metode kesesuaian MSE (Mean Square Error). Ukuran atau alpha yang dipakai untuk memperkirakan persediaan obat herbal yaitu alpha = 0.1, alpha = 0.2, alpha = 0.3, alpha = 0.4, alpha = 0.5, alpha = 0.6, alpha = 0.7, alpha = 0.8, dan alpha = 0.9. dengan melacak nilai alpha secara random (trial) hingga diperoleh alpha yang mempunyai error terkecil. Maka hasil perkiraan yang mempunyai alpha dengan nilai error terkecil merupakan yang paling baik. Hasil penelitian ini berupa sebuah sistem informasi peramalan persediaan obat menggunakan metode Single Exponential Smoothing yang dapat dimanfaatkan untuk memperkirakan berapa banyak persediaan obat satu periode ke depan. Dengan menggunakan sistem ini, pemilik toko dapat dengan mudah menentukan jumlah pembelian obat untuk memaksimalkan persediaan obat.

Kata kunci: Peramalan, Persediaan, Single Exponential Smoothing.

Downloads

Download data is not yet available.

References

A. Sofjan, Manajemen Operasi Produksi Pencapaian Sasaran Organisasi Berkesinambungan. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada, 2016.

A. F. Andini, “Perancangan Dan Implementasi Sistem Absensi Online Berbasis Android Di Lingkungan Universitas Negeri Jakarta Anantassa Fitri Andini, Med Irzal, Ria Arafiyah Program Studi Ilmu Komputer, FMIPA UNJ,” Sist. Inf., pp. 1–10, 2017.

S. Suratun, S. Arif, and E. Puspa, “Sistem Pengendalian Persediaan Part Warranty Dengan Metode Peramalan Exponential Smoothing (Studi Kasus Di PT Indomobil Trada Nasional),” J u r n a l Kr e a -TI F, vol. 5, pp. 28–35, 2017.

S. Fachrurrazi, “Peramalan Penjualan Obat Menggunakan Metode Single Exponential Smoothing Pada Toko Obat Bintang Geurugok,” J. Techsi, vol. 7, no. 1, pp. 19–30, 2015.

G. Putra and A. R. Maulud, “Peramalan Kebutuhan Batubara Menggunakan Metode Single Exponential Smoothing di PT . Solusi Bangun Andalas,” J. Optim., vol. 6, pp. 131–141, 2020, [Online]. Available: www.jurnal.utu.ac.id/joptimalisasi.

R. S. Pressman, Rekayasa Perangkat Lunak: Pendekatan Praktisi. Yogyakarta: Penerbit Andi, 2012.

H. Al Fatta, Analisis & Perancangan Sistem Informasi Untuk Keunggulan Bersaing Perusahaan & Organisasi Modern. Yogyakarta: Penerbit Andi, 2007.

I. H. Santi, Analisis dan Perancangan Sistem. Pekalongan: Penerbit NEM, 2020.

L. P. Ritzman, L. J. Krajewski, and M. K. Malhotra, Operations Management Processes and Supply Chains. London: Pearson Education, 2019.

W. Hartono, A., Dwijana, D., & Handiwidjojo, “Perbandingan Metode Single Exponential Smoothing dan Metode Exponential Smoothing Trend (Holt’s Method) untuk meramalkan Penjualan,” Eksis, no. 5(1), pp. 8–18, 2012.

PlumX Metrics

Published
2022-09-01
Section
Articles