PENERAPAN METODE REGRESI LINIER SEDERHANA UNTUK PREDIKSI PERSEDIAAN OBAT JENIS TABLET

  • Harsiti Universitas Serang Raya
  • Zaenal Muttaqin Universitas Serang Raya
  • Ela Srihartini Universitas Serang Raya
Abstract views: 5711 , PDF downloads: 10861

Abstract

Klinik Teluk Banten merupakan salah satu klinik yang berlokasi di Jalan Kampung Margagiri Kecamatan Puloampel Kabupaten Serang Provinsi Banten, beroperasi baru Sembilan bulan lamanya. Fasilitas yang tersedia salah satunya adalah poli pelayanan rawat jalan dan  instalasi farmasi yang mengelola dan mengatur persedian obat. Tujuan dari penelitian ini adalah membuat prediksi terhadap pengelolaan persediaan obat. Pengelolaan persediaan obat pada klinik ini dilakukan setiap satu minggu sekali dengan pencatatan manual. Transaski penjualan obat pun dicatat dalam pembukuan biasa yaitu dicatat dalam buku besar, sehingga proses kontrol terhadap persedian obat belum dapat dilakukan dengan baik, tidak dapat dilakukan proses prediksi terhadap persediaan obat yang harus dibeli untuk periode berikutnya. Hal ini disebabkan karena catatan transaski penjualan yang tersedia hanya digunakan sebagai catatan dan arsip saja dan belum digunakan sebagai data yang dapat mendukung proses prediksi untuk menentukan obat yang harus disediakan untuk periode minggu selanjutnya. Permasalahan ini dapat diatasi dengan mengimplementasikan metode regresi linier sederhana yang dapat digunakan sebagai salah satu pendekatan untuk  menghasilkan informasi berupa hasil prediksi untuk persediaan obat dalam proses penjualan obat jenis tablet. Berdasarkan perhitungan dengan menggunakan metode regresi linier diperolah akurasi sebesar 98, 505% yang artinya metode ini dapat diimplementasikan dalam membuat prediksi stok obat jenis tablet (ibu profen) pada Klinik Teluk.

 

Kata kunci: Persediaan Obat, Prediksi, Metode Regresi Linier Sederhana, Akurasi

Downloads

Download data is not yet available.

References

Ayuni, Ghebyla Najla dkk, 2019, Penerapan Metode Regresi Linear Untuk Prediksi Penjualan Properti pada PT XYZ, Jurnal Telematika Vol. 14, No. 2 Institute Teknologi Harapan Bangsa, Bandung, 2019, p-ISSN: 1858-2516 e-ISSN: 2579-377.

Henky Saputra, Medianto. Pengelolaan Persediaan Obat available at https://supplychainindonesia.com/pengelolaan-persediaan-obat-di-apotek/, tgl akses 05 Januari 2022. 2020.

Statma, Contoh Soal Dan Pembahasan Regresi Linier Sederhana, available at https://www.statmat.net/regresi-linier-sederhana/, tgl akses 05 Januari 2020. 2020.

Baihaqi, dkk. Regresi Linier Sederhana Untuk Memprediksi Kunjungan Pasien Di Rumah Sakit Berdasarkan Jenis Layanan Dan Umur Pasien,, Jurnal Teknik Industri, Mesin, Elektronika dan Ilmu Komputer (SIMETRIS), Vol. 10 No. 2 November 2019, P-ISSN: 2252-4983, E-ISSN: 2549-3108. 2019.

Hijria, Astria, dkk. Implementasi Metode Regresi Linier Sederhana Pada Penyajian Hasil Prediksi Pemakaian Air Bersih Pdam Way Rilau Kota Bandar Lampung Dengan Sistem Informasi Geofrafis, Jurnal Informatika Mulawarman, Vol. 11 No. 2, September 2016, ISSN 1858-4853. 2016.

PlumX Metrics

Published
2022-03-02
Section
Articles