IMPLEMENTASI FRAMEWORK BOOTSTRAP PADA SISTEM KERJA PRAKTEK BERBASIS WEB RESPONSIVE

  • Hafiz Maulana Siagian UIN Sumatera Utara
  • M. Irwan Padli Nasution UIN Sumatera Utara
  • Triase UIN Sumatera Utara
Abstract views: 1678 , PDF downloads: 1438

Abstract

Sistem informasi memfasilitasi integrasi data, kecepatan dan perkiraan pemrosesan data, meningkatkan kualitas informasi dan kontrol manajemen, meningkatkan layanan, dan menyederhanakan prosedur. Universitas Islam Negeri Sumatera Utara (UINSU) adalah sebuah universitas di Medan, Sumatera Utara, Indonesia. Sains dan Teknologi merupakan salah satu fakultas. Kerja Praktek (KP) merupakan salah satu mata kuliah di program studi sistem informasi yang mewajibkan mahasiswa untuk melakukan KP di perusahaan atau instansi dengan persyaratan saat ini. Sistem ini dapat memberikan laporan kerja praktek, petunjuk kerja praktek, izin kerja praktek, dan informasi kerja praktek. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengumpulkan data tentang KP, mempermudah pengolahan data, dan membuat sistem informasi kerja (KP) yang realistis di Universitas Islam Negeri Sumatera Utara Fakultas Sains dan Teknologi Medan. RAD (Rapid Application Development), bahasa pemrograman PHP, dan database MySQL semuanya digunakan dalam proses pengembangan sistem. Sistem dapat menyajikan informasi kerja praktek berbasis web yang responsif yang dapat memudahkan kegiatan KP di FST seperti bisa mendapatkan izin KP secara online, melaporkan kegiatan KP setiap hari dengan tepat waktu, dan mengunggah hasil laporan KP. hasil akhir yang dievaluasi menggunakan black box pengujian.

 

Kata kunci: Fakultas Sains dan Teknologi, Framework Bootstrap, Kerja Praktek, Web Responsive

 

Downloads

Download data is not yet available.

References

H. T. Sihotang, “Sistem Informasi Pengagendaan Surat Berbasis Web Pada Pengadilan Tinggi Medan,” vol. 3, no. 1, pp. 6–9, 2019, doi: 10.31227/osf.io/bhj5q.

F. Sains, D. A. N. Teknologi, U. I. Negeri, and S. U.

Medan, “Buku panduan penulisan laporan kerja

praktik program studi sistem informasi.”

R. Widia, V. Novianti, Y. Syahidin, and M. Hidayati, “Sistem Informasi Korespondensi Rekam Medis di Rumah Sakit Menggunakan Microsoft Visual Studio,” Expert J. Manaj. Sist. Inf. dan Teknol., vol. 11, no. 1, p. 56, 2021, doi: 10.36448/expert.v11i1.2013.

S. R. I. Solehah, P. Pancasila, D. A. N.

Kewarganegaraan, F. Keguruan, D. A. N. Ilmu, and U. M. Mataram, “Skripsi Penanaman Nilai – Nilai Pancasila Dalam Membentuk Karakter Anak Sebagai Upaya Pencegahan ‘ Lost Generation ’ Di Tpa Pendidikan Pesantren Nu Hidayatul Muttaqin – Pagutan,” 2019.

L. Aldianto, I. Raafaldini Mirzanti, D. Sushandoyo, and E. Fitriana Dewi, “Pengembangan Science Dan Technopark Dalam Menghadapi Era Industri 4.0 - Sebuah Studi Pustaka,” J. Manaj. Indones., vol. 18, no.

, pp. 68–76, 2018, doi: 10.25124/jmi.v18i1.1261.

J. R. Sagala, “Model Rapid Application Development (Rad) Dalam Pengembangan Sistem Informasi Penjadwalan Belajar Mengajar,” J. Mantik Penusa,

Suendri, Triase, and S. Afzalena, “Implementasi Metode Job Order Costing Pada Sistem Informasi Produksi Berbasis Web,” J. Sekol., vol. Vol 4, pp. 97–

, 2020.

Suendri, “Implementasi Diagram UML (Unified Modelling Language) Pada Perancangan Sistem Informasi Remunerasi Dosen Dengan Database Oracle (Studi Kasus: UIN Sumatera Utara Medan),” J. Ilmu Komput. dan Inform., 2018.

N. Yuslem, M. Nasution, and A. B Syarbaini, “Development of Database of The Abu Lais’ Thought Regarding Hadith,” 2020, doi: 10.4108/eai.2-10-

2295289.

A. P. Erwan and R. S. Dyath, “Implementasi_Kebijakan_Publik._pdf.pd f,” no. September. p. 194, 2018, [Online]. Available: www.gavamedia.net.

PlumX Metrics

Published
2022-03-02
Section
Articles