IMPLEMENTASI EXTREME PROGRAMMING PADA SISTEM INFORMASI PROGRAM KREATIVITAS MAHASISWA BERBASIS WEB

  • Silvia Oktaviani Institut Teknologi Telkom Purwokerto
  • Agus Priyanto Institut Teknologi Telkom Purwokerto
  • Citra Wiguna Institut Teknologi Telkom Purwokerto
Abstract views: 212 , PDF downloads: 182

Abstract

Pemanfaatan teknologi informasi membantu dunia pendidikan dalam mengolah data untuk mendukung pengambilan keputusan terhadap permasalahan yang sedang dihadapi. Salah satu upaya untuk meningkatkan kualitas lulusan dalam bidang pendidikan di perguruan tinggi adalah melalui Program Kreativitas Mahasiswa (PKM) yang diselenggarakan oleh Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi. PKM merupakan upaya yang dikembangkan untuk menumbuhkan, mewadahi, dan mewujudkan ide kreatif serta inovatif mahasiswa, hal ini dapat mengantarkan mahasiswa menjadi pribadi yang tahu dan taat aturan, kreatif, inovatif dan obektif kooperatif dalam membangun keragaman intelektual. Sejak awal terselenggarakannya PKM di Institut Teknologi Telkom Purwokerto, proses bisnis belum sepenuhnya didukung oleh teknologi informasi. Pengumpulan berkas dalam bentuk hard copy mengakibatkan adanya penumpukan data, dan segala informasi terkait kebutuhan data belum mempunyai tempat penyimpanan yang efisien jika sewaktu-waktu pengguna membutuhkan data dengan cepat, selain itu juga adanya penyimpanan data dapat membantu pengelola untuk menghindari adanya redundancy data. Hal tersebut tentunya dapat menghambat proses bisnis yang ada baik dari sisi pengelola maupun sisi mahasiswa. Adanya penelitian ini bertujuan untuk merancang sebuah sistem yang terkomputerisasi agar proses bisnis dapat berjalan dan terdokumentasikan dengan baik dan efektif dengan menggunakan metode Extreme Programming (XP). Metode XP melakukan pendekatan secara sistematis dan urut mulai dari level planning, design, coding dan testing. Metode ini memberikan sebuah fleksibilitas kepada user dengan melibatkan user secara langsung. Hasil penelitian berupa rancangan sistem informasi berbasis website yang dapat memudahkan pengguna dalam menjalankan proses bisnis, dengan didukung blackbox testing yang mendapatkan hasil valid/sesuai.

 

Kata kunci : Sistem Informasi, Program Kreativitas Mahasiswa (PKM), Website, Extreme Programming (XP), Blackbox Testing.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Erma Tita, “ANALISIS DAN PERANCANGAN SISTEM INFORMASI PERPUSTAKAAN,” J. Sist. Inf., Vol. 8, No. 1, Pp. 966–977, 2016.

P. Program, K. Mahasiswa, And P. Umum, Buku-Pedoman-PKM-2020. 2020.

Kemendikbud, “Program Kreativitas Mahasiswa - Pedoman Umum,” Kewirausahaan (PKM-K), Vol. 3, Pp. 89–117, 2021.

D. H. Pertiwi, “Metode Extreme Programming (Xp) Pada Website Sistem Informasi Franchise Lkp Palcomtech,” J. Mikrotik, Vol. 8, No. 1, Pp. 86–98, 2018.

L. Rusdiana, “Extreme Programming Untuk Rancang Bangun Aplikasi Pengelolaan Surat Keterangan Kependudukan,” Regist. J. Ilm. Teknol. Sist. Inf., Vol. 4, No. 1, P. 49, 2018, Doi: 10.26594/Register.V4i1.1191.

R. Sistem, P. Aplikasi, S. Sistem, I. Tanya, And A. Berbasis, “JURNAL RESTI,” Vol. 1, No. 10, Pp. 210–218, 2021.

D. Krisbiantoro Et Al., “(Naskah Diterima: 1 September 2019, Disetujui: 28 Oktober 2019),” Vol. 4, No. November, Pp. 249–258, 2019.

Supriyatna, “Penerapan Metode Extreme Programming Dalam Perancangan Aplikasi Perhitungan Kuota Sks Mengajar Dosen,” J. Khatulistiwa Inform., Vol. 3, No. 1, Pp. 106–113, 2018.

A. R. Yahya, “Blackbox Testing Dengan Tomato,” DT. Publication, 2019. [Online]. Available: Https://Medium.Com/Pujanggateknologi/Blackbox-Testing-Dengan-Tomato-71d63b2307b4. [Accessed: 30-Jun-2020].

“Perbedaan White Box Testing Dan Black Box Testing,” Binus University, 2016. [Online]. Available: Https://Student-Activity.Binus.Ac.Id/Himsisfo/2016/10/Perbedaan-White-Box-Testing-Dan-Black-Box-Testing/#:~:Text=Intinya Whitebox Testing Adalah Pengujian,Kepada Detail Pengecekan Kode Program.&Text=Black Box Testing %3A Pengujian Yang,Proses Yang Diingin. [Accessed: 30-Jun-2020].

Published
2022-03-02
Section
Articles