Aplikasi Enkripsi Pesan Teks Dengan Metode Advanced Encryption Standard Pada Ponsel Berbasis Android

  • Saefudin .
  • syamsudin .
Abstract views: 165 , PDF downloads: 396

Abstract

Android adalah salah satu sistem operasi ponsel pintar yang saat ini banyak digunakan oleh masyarakat luas, android memiliki berbagai fasilitas dan salah satu fasilitas yang paling banyak digunakan adalah fasilitas lama yaitu layanan pesan singkat atau sering kita sebut dengan istilah sms, namun dengan fasilitas sms yang ada saat ini, timbul pertanyaan mengenai keamanan informasi jika seseorang mengirim pesan yang bersifat rahasia melalui fasilitas sms, ditambah lagi pendistribusian informasi yang saat ini semkain rentan terhadap serangan dan gangguan. Dengan melakukan enkripsi pada pesan teks sms, maka keamanan informasi dari pesan tersebut dapat ditingkatkan, dan dari berbagai teknik enkripsi, enkripsi AES (Advanced Encryption Standard) adalah teknik yang saat ini dianggap sebagai teknik enkripsi yang paling kuat. Dengan menggunakan teknik AES untuk mengenkripsi pesan maka pesan yang kita kirim tidak akan dapat dibaca oleh orang lain yang tidak berhak.

Downloads

Download data is not yet available.

References

(1) Al-qdah, Majdi.Lin, Yi.(2012). Simple Encryption/Decryption Application. International Journal of Computer Science and Security.1 (1).

(2) A.S, Rosa dan Salahudin,M, 2001. Rekayasa Perangkat Lunak. Bandung : Modula

(3) Fajar,Dyah.(2012). Android Programming Modul Indonesian Language. http://www.academia.edu/1809022/Android_Programming_Modul_Indonesian_Language_.

(4) Irawan.(2012). Membuat Aplikasi Android Untuk Orang Awam. Palembang: Maxikom.

(5) Irawan.(2013). Perancangan Aplikasi Sms (Short Message Service) Dengan Enkripsi Teks Menggunakan Algoritma Block Cipher Aes (Advanced Encryption Standard) Berbasis Mobile Pada Platform Android, Jurnal Sistem Dan Teknologi Informasi.1(1).

(6) National Institute of Standard and Technology (NIST).2001.Fips-pub 197, Announcing the Advanced Encryption Standard (AES), http://csrc.nist.gov/publications/fips/fips197/fips-197.pdf.

(7) Veronica, Lusiana.(2011).Implementasi Kriptografi pada File Dokumen Menggunakan Algoritma Aes-128.Jurnal Dynamika Informatika.3(2).

(8) Yuniate, Voni. Gani, Indriyanta, dan Antonius, Rachmat. (2009). Enkripsi dan Dekripsi dengan Algoritma AES 256 untuk Semua Jenis File. Jurnal Informatika.5(1).

Published
2017-03-04
Section
Articles