Penerapan Metode Profile Matching Dalam Pengembangan Aplikasi E-Commerce Pada Penjualan Barang Elektronik

  • Masitoh .
  • Akip Suhendar
Abstract views: 237 , PDF downloads: 660

Abstract

Toko Sinar Makmur merupakan salah satu toko yang berbisnis dalam bidang penjualan barang elektronik, sebagai toko yang bergerak dibidang penjualan dirasa perlu adanya sebuah aplikasi online (e-commerce) untuk membantu memperluas jangkauan penjualan dan untuk mengatasi keraguan konsumen dalam membeli secara online, perlu adanya pembuatan sistem pendukung konsumen untuk membantu konsumen dalam melakukan pembelian online dan dapat menentukan pilihan barang yang tepat. Dalam pembuatan sistem pendukung konsumen untuk pembelian barang elektronik secara online ini, metode pengumpulan data yang digunakan terdiri dari wawancara, observasi lapangan, tinjauan kepustakaan. Analisis sistem dan desain sistem dengan menggunakan diagram yang terkandung dalam UML (Unified Modelling Language) serta menggunakan metode Profile matching. Profile matching merupakan proses membandingkan antara nilai aktual dari sebuah barang elektronik dengan nilai sebuah barang elektronik yang diharapkan. Berdasarkan hasil pengembangan aplikasi e-commerce ini sehingga dapat di peroleh barang yang memiliki nilai lebih besar antara barang yang satu dengan barang yang lainnya dan barang yang memiliki nilai lebih besar tersebut akan di rekomendasikan kepada konsumen.  

Downloads

Download data is not yet available.

References

Albari. (2003). “Mengenal Perilaku Konsumen Mengenai Penelitian Motivasi.” Jurnal Siasat Bisnis UII. Vol.1. No.(7). 81-95.

Gantini, Tiur, Deny Kurniawan. (2008). “Website E-Commerce Toko Baros Elektronik Cimahi.” Jurnal Sistem Informasi. Vol.3. No. (2). 101-111.

Handojo, Andreas, Djoni H.Setiabudi, Rachma Yunita. (2012) “ Pembuatan Aplikasi sistem Pendukung Keputusan Untuk Proses Kenaikan Jabatan dan Perencanaan Karir Pada PT. X.” Journal GAP Umum.

Kadir, Abdul. (2003). Pengenalan Sistem Informasi. Yogyakarta : Andi

Kurniawan, Yahya. (2002). Aplikasi Web Database dengan PHP dan MySql. Jakarta : PT. Elex Media Komputindo

Kusrini. (2007). Konsep dan Aplikasi Sistem Pendukung Keputusan. Yogyakarta : Andi

Moch Suhir, Imam Suyadi, Riyadi. (2014). “Pengaruh Persepsi Resiko, Kemudahan dan Manfaat Terhadap Keputusan Pembelian Secara Online (Survei Terhadap Pengguna Situs Website www.Kaskus.co.id).” Jurnal Administrasi Bisnis (JAB) Vol. 8. No. (1). 1-10.

Munawar. (2005). Pemodelan Visual dengan UML, Edisi Pertama Yogyakarta: Graha Ilmu.

Nugroho, Adi. (2010). Rekayasa perangkat lunak berorientasi objek dengan metode USDP (unified Software Development Process. Yogyakarta : Andi

Pedoman Penulisan Karya Ilmiah. (2014). Serang.

Purnastuti, Losina. (2004). “Perdagangan elektronik adalah suatu bentuk pasar yang menjanjikan.” Jurnal Ekonomi & Pendidikan. Vol.1. No. (1) .10-22.

Sadeli, Muhammad. (2011). Membuat Toko Online dengan PHP Untuk Orang Awam. Palembang : Maxikom

Suhari, Yohanes. (2008). “Keputusan Membeli Secara Online dan Faktor-Faktor yang Mempengaruhinya.” Jurnal Teknologi Informasi DINAMIK. Vol. XIII. No.(2) . 140-146.

Published
2017-03-04
Section
Articles