Rancang Bangun Aplikasi e-health Untuk Peningkatkan Pelayanan Kesehatan Pada Puskesmas Kibin

  • Harsiti .
  • Tedi .
  • Marlia Purnamasari
  • Saleh Dwiyatno
Abstract views: 2030 , PDF downloads: 1049

Abstract

Puskemas merupakan salah satu organisasi fungsional yang berada dibawah naungan Dinas Kesehatan Kabupaten atau Kota, dimana Puskesmas ini ditujukan untuk memberikan pelayanan kepada masyarakat yang belum bisa terjangkau oleh pelayanan rumah sakit.  Pelayanan yang dimaksud adalah mulai dari pendaftaran pasien baik pasien lama ataupun pasien baru, pencatatan rekam medis pasien, distribusi obat ke pasien, pengolahan data dokter dan perawat yang menangani pasien sampai sebagai bentuk keterbukaan informasi kepada masyarakat. Penelitian ini akan membangun sebuah aplikasi yang dapat melakukan berbagai fungsi pelayanan dalam bidang kesehatan (e-health) yang bertujuan agar dapat membantu dan mempermudah pelayanan di Puskesmas terkait dengan pelayanan pasien, khususnya mempermudah pasien melihat riwayat kesehatannya sendiri, serta pasien bisa mendapatkan pendidikan kesehatan.  Aplikasi e-health dirancang memiliki beberapa fitur yaitu pendaftaran online, pengiriman resep, pasien bisa melihat riwayat kesehatannya selama berobat di Puskesmas dan menyediakan informasi kesehatan. Perancangan sistem e-health ini menggunakan pendekatan perencangan berorientasi pada objek menguunakan tools Unified Modelling Language (UML) yang terdiri dari lima diagram yaitu usecase diagram, activity diagram, sequence diagram, class diagram dan collaboration diagram  dan pengembangan aplikasi menggunakan bahasa pemrograman PHP, database menggunakan PHPMysql dan Dreamweaver. 

Downloads

Download data is not yet available.

References

Acmat Supriyatno,Muchamad Romzi. (2006). E-health Solusi Enterprise Bidang Kesehatan Berbasiskan Open Source, Prosiding Konferensi Nasional Teknologi Informasi & Komunikasi untuk Indonesia.

Inasari Widyastuti. (2008). Analisa Aplikasi E-Health Berbasis Website di Instansi Kesehatan Pemerintah dan Swasta serta Potensi Implementasinya di Indonesia. Jurnal Penelitian Ilmu Pengetahuan dan Teknologi Komunikasi Vol 10 No. 2, Desember.

Prof. Soegijardjo Soegijoko. (2010). Perkembangan Terkini Telemedika dan E-health serta Prospek Aplikasinya di Indonesia, Seminar Nasional Aplikasi Teknologi Informasi 2010 (SNATI 2010).

Gideon, Silvy, Dharma, Nilo., Perancangan E-health Sistem Telemedicine Penyakit Dalam Untuk Praktisi Kesehatan,

Tri pujadi. (2010) Prototipe E-Klinik Untuk Layanan Kesehatan Berbasis Web Pada Balai Pengobatan Kantor Pusat Kementrian Pertanian, ComTech Vol.1 No.1 Juni 2010: 157-169,.

Harsiti, Tb Ai Munandar, Roy.(2012) Perancangan Sistem Informasi Catatan Hasil Diagnosis Penyakit pada Pasien Pusat Kesehatan Masyarakat, Prosiding Seminar Nasional Teknikom 2012.

Solecha, Emil, 2012, “Pembangunan Aplikasi E-health pada Klinik Sehat Budi Luhur”. Skripsi pada Unikom. Diterbitkan

Sasube, Irvie Miria, 2013, “Pembangunan Infrastruktur Cloud Computing E-health Sebagai Layanan Pengolahan Informasi Kesehatan di Dinas Kesehatan Provinsi Jawabarat”. Skripsi pada Unikom. Diterbitkan

Wibowo, Arif, 2013, “Pemangunan Aplikasi E-health dalam Bidang Kebidanan Berbasis Web Pada Klinik Bersalin Bidan Maryati Sudiro”. Skripsi pada Unikom. Diterbitkan.

Hs, Muflihah Ana, 2010, “Tingkat Implementasi Permenkes Nomor 741/Menkes/Per/VII/2008 Tentang standar Pelayanan Minimal Bidang Kesehatan di Puskesmas Kibin Kabupaten Serang”. Skripsi pada Untirta. Diterbitkan

Profil Puskesmas Kibin 2012

Prasetio, Arif, 2012, Buku Pintar Pemrograman Web. Jakarta. Mediakita.

Madcoms, 2011, Aplikasi Web Database dengan Dreamweaver dan Php- Mysql Yogyakarta. Andi.

Nugroho, Adi, 2005, Analisa dan Perancangan Sistem Informasi dengan Metodologi Berorientasi Objek. Bandung. Informatika Bandung.

Achmadi, Umar Fachmi. 2013, Kesehatan Mayarakat Teori dan Aplikasi. Jakarta. Raja Grafindo Persada.

Priyadi, Yudi. 2013 Kolaborasi SQL dan ERD dalam implementasi Database. Bandung. Andi.

AS,Rosa Shalahuddin. 2012 Modul Pembelajaran Rekayasa Perangkat Lunak Tersetruktur dan Berorientasi Objek. ModulaLANG.

Harsiti (2011) Pengembangan Sistemm Informasi Manajeme Puskesmas (SIMPUS) Berbasis Radio Frequency Identification, Tesis Magister Komputer STMIK Eresha Jakarta, 2011.

Published
2017-03-04
Section
Articles