Membangun Web Server Menggunakan Debian Server Sebagai Pendukung Media Pembelajaran Di Sma Negeri 1 Baros

  • Saleh Dwiyatno
  • Wiwin Susilawati
Abstract views: 174 , PDF downloads: 2463

Abstract

Perkembangan teknologi yang semakin maju mempengaruhi suatu sistem dan efisiensi operasional dalam dunia pendidikan yang menggunakan fasilitas jaringan internet untuk mendukung proses belajar mengajar. Dengan memanfaatkan jaringan komputer dan fasilitas internet, guru dan siswa dapat mencari referensi pembelajaran dan kemudahan komunikasi demi mendukung proses pembelajaran.  Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan web server pada SMA Negeri 1 Baros sebagai website pembelajaran siswa. Penelitian ini bermanfaat untuk meningkatkan pembelajaran siswa yang di dukung dengan media website serta mengetahui cara teknik implementasi suatu jaringan client-server di SMA Negeri 1 Baros. Dalam perancangan dan pembangunan web server ini penulis menggunakan debian. Hasil dari penelitian ini adalah jaringan yang semakin optimal dengan web server sebagai media pembelajaran sehingga siswa dapat mengakses, mengunduh materi dan mengerjakan soal secara online.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Andi (2009). Membangun Sistem Jaringan Komputer. Yogyakarta: Andi.

Ashari, A. dkk. (2010). Linux Sistem Administrator Informatika. Bandung.

Azikin, A. (2011). Debian Informatika. Bandung.

Khairil, dkk. (2013). Membangun Web Server Intranet dengan Linux (Studi Kasus di Laboratorium Komputer SMP Negeri 38 Seluma Bengkulu Selatan), “Jurnal Media Infotama”. Bengkulu.

Lukas, J. (2006). Jaringan Komputer, Graha Ilmu, Jakarta.

Mutaqin A, dkk. (2014). Web Server Embedded System.“Jurnal Teknologi Informasi dan Ilmu Komputer (JTIIK)”. Yogyakarta.

Pradana. dkk. (2008). “DNS, Web Server dan Mail Server.” Naskah Publikasi. Semarang: Teknik Elektro Universitas Negeri Diponegoro.

Purbo OW, dkk. (2000). Membangun Server Internet dengan Free BSD. Andi. Yogyakarta.

Ricky E, dkk. (2010). Virtual Private Server (VPS) sebagai Alternatif Pengganti Dedicated Server. “Seminar on Intelligent Teknoloy and Its Applicationt”. Surabaya.

Satya, I.A. (2006). Mengenal dan Menggunakan Mikrotik Winbox Router Modem Berbasis PC (Windows Dan Linux). DATAKOM : Jakarta.

Sofana I. (2006). Langkah Mudah Membangun jaringan komputer Server, Informatika. Bandung.

Theddy R. M. (2008). Perancangan dan Implementasi Web Server Clustering dengan Skema Load Balance Menggunakan Linux Virtual Server Via NAT. “Jurnal Teknologi Informasi”. Yogyakarta.

Wahana. (2001). Mari Mengenal Linux. Semarang: Wahana Komputer.

Published
2017-03-04
Section
Articles