PERANCANGAN APLIKASI EDUKATIF BERBASIS MULTIMEDIA UNTUK MEMUDAHKAN SISWA BELAJAR MEMBACA PADA MATA PELAJARAN BAHASA INDONESIA
Abstract
Semakin pesatnya perkembangan teknologi multimedia sekarang ini sangat membantu masyarakat dalam bidang pendidikan sebagai media pembelajaran dengan adanya multimedia, kegiatan belajar menjadi lebih efektif dan interaktif dan teknologi multimedia diharapkan dapat dibuat sebuah media pembelajaran berupa aplikasi untuk membantu siswa belajar membaca yang interaktif sehingga dapat mendukung pengajar dalam proses belajar mengajar dan diharapkan dengan aplikasi berbasis multimedia tersebut dapat membantu para siswa supaya lancer dalam pembelajaran membaca. Analisa yang dilakukan adalah mempelajari tentang belajar membaca pada mata pelajaran bahasa Indonesia untuk kelas I dan II serta mengumpulkan bahan yang berkaitan dengan media pembelajaran berbasis multimedia ini, seperti mencari materi-materi yang sesuai dengan materi yang diajarkan di sekolah dan mencari serta mengedit gambar yang akan digunakan dalam program ini. Adapun dibuatnya aplikasi edukatif berbasis multimedia ini adalah agar siswa dapat lebih mudah dan cepat dalam memahami pelajaran tersebut.Berdasarkan hasil penelitian dapat di simpulkan bahwa adanya beberapa siswa yang mengalami kesulitan dalam memahami pelajaran yang didapat khususnya mata pelajaran bahasa Indonesia tentang belajar membaca untuk kelas I dan II, sehingga di buatlah aplikasi edukatif berbasis multimedia untuk membantu siswa lebih mudah memahami pelajaran dan meningkatkan minat belajar siswa dalam pelajaran bahasa Indonesia tentang belajar membaca.Downloads
References
Andi. (2013). Mahir dalam 7 hari Adobe Flash CS6. Yogyakarta : Madcoms
Chandra. (2011). Flash CS5 untuk Orang Awam. Palembang : Maxikom
Darmawan, Deni. (2011). Teknologi Pembelajaran. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.
Hidayatullah, Priyanto. dkk. (2011). Animasi Pendidikan Menggunakan Flash. Bandung: Informatika Bandung.
Herdiana, Dadang. (2013). Pengertian Edukasi. [Online]. Tersedia : http://globalsearch1.blogspot.com/2014/02/pengertian-edukasi.html [13 Juli 2014].
Haris. Robbi. (2013). Pengertian Aplikasi. [Online]. Tersedia : http://www.ilmukomputer.com/
Munir. (2013). Multimedia Konsep & Aplikasi dalam Pendidikan. Bandung: Alfabeta
Munji Sidqi (2011). “Sistem Pembelajaran Huruf dan Angka untuk Anak Usia Diniâ€. Laporan Penelitian : Universitas Serang Raya
Nana Sutiana (2011). “Rancang Bangun Aplikasi Pengenalan Alfabet Berbasis Multimedia dengan model Luther Sutopoâ€. Laporan Penelitian : Universitas Siliwangi Tasikmalaya
Unsera. (2014). Pedoman Penulisan Karya Ilmiah. Serang: Unsera.