Main Article Content

Vidila Rosalina
Yani Sugiyani
Agung Triayudi

Abstract

Smart City didefinisikan sebagai  kota yang mampu menggunakan SDM, modal sosial, dan infrastruktur telekomunikasi modern untuk mewujudkan pertumbuhan ekonomi berkelanjutan dan kualitas kehidupan yang tinggi, dengan manajemen sumber daya yang bijaksana melalui pemerintahan berbasis partisipasi masyarakat. Kota serang sebagai salah satu ibukota provinsi di pulau jawa masih belum menerapkan konsep smart city sebagai solusi untuk menyelesaikan persoalan perkotaan mereka, malahan lebih mengedepankan cara-cara konvensional yang tidak terintegrasi satu sama lain. Penerapan konsep smart city yang dilakukan di Jepang tersebut telah dimulai sejak 2010. Namun, pemikiran ini nampaknya masih kesulitan diimplementasikan oleh sejumlah negara-negara berkembang, termasuk Indonesia. Konsep ini masih baru, sehingga penelitian dan pengembangan konsep ini masih terus dilakukan. Penelitian ini mencoba membuat rancangan infrastruktur jaringan smartcity di kota serang menggunakan Zachman Framework yang merupakan salah satu metode Enterprise Architecture Planning (EAP) yang banyak digunakan diseluruh dunia dalam perancangan sistem yang mana di dalam metode ini perencanaan dilakukan dengan langkah-langkah yang sistematis, mudah dipahami dan dapat dijadikan kontrol untuk pengembangan system informasi ke depan. Hasil penelitian ini berupa blue print rancangan infrastuktur jaringan komputer yang dipetakan didalam bentuk matrik “where” pada kerangka Zachman yang dilihat dari sudut pandang Planner dan Owner. Dengan menggunakan Zachman Framework dapat diperoleh informasi secara detail tentang bagaimana infrastruktur jaringan komputer dirancang, segala kebutuhan baik data, sumber daya manusia dan infrastruktur yang mendukung berjalannya infrastruktur jaringan komputer.

Downloads

Download data is not yet available.

Article Details

References
[1] Cook, Melissa A. (1996), Building Enterprise Information Architectures, Prentice Hall
[2] Falconer, Gordon and Mitchell, Shane (2012), Smart City Framework, Cisco IBSG.
[3] Osvalds, G. (2001). Definition of Enterprise Architecture – Centric Models for The Systems Engineers, TASC Inc.
[4] Radwan, A., and Majid Aarabi (2011), Studyof Implementing Zachman Framework for Modeling Information Systems for Manufacturing Enterprises Aggregate Planning, Proceedings of the 2011 International Conference on Industrial Engineering and Operations Management, January 22 – 24, Kuala Lumpur, Malaysia.
[5] Zachman, J.A., 12 Agustus 2012, John Zachman's Concise Definition of the Enterprise Framework, http://www.zachman.com/aboutthe-zachman-framework.
[6] Zifa, Zachman Framework, http://www.zifa.com