Main Article Content

Safrida Ika Febrianti

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk merancang antarmuka pengguna (UI/UX) untuk aplikasi pengelolaan sampah berbasis mobile yang diberi nama BANGSA (Berbasis Aplikasi untuk Pengelolaan Sampah). Metode perancangan yang digunakan adalah Design Thinking, dengan focus pada tahapan Empathize, Define, Ideate, Prototype, dan Testing. Melalui kolaborasi dengan Tim Product Manager dan Data Analytics, aplikasi BANGSA dirancang untuk membantu mengatasi isu krisis iklim dengan mempermudah pengelolaan sampah, khususnya bagi ibu rumah tangga dan pengepul sampah. Proses perancangan melibatkan pengumpulan informasi dari berbagai sumber, pembuatan user persona, pembuatan affinity diagram, information architecture, wireframe, design system, dan prototype. Uji coba usability dilakukan untuk memastikan bahwa aplikasi dapat digunakan dengan baik dan efisien oleh pengguna. Diharapkan aplikasi BANGSA dapat menjadi Solusi yang efektif dalam mengelola sampah, meningkatkan partisipasi Masyarakat dalam menjaga kebersihan lingkungan, serta mempromosikan gaya hidup berkelanjutan.

Downloads

Download data is not yet available.

Article Details