Main Article Content

Saleh Dwiyatno
Iksal Iksal
Sandi Nugraha

Abstract

Kesegaran ikan adalah faktor terpenting dalam menentukan kelayakan dari sebuah ikan untuk dikonsumsi. Pada tugas akhir ini dirancang sebuah sistem yang dapat mengidentifikasi tingkat kesegaran ikan secara cepat. Sistem ini diimplementasikan ke dalam Arduino Uno dengan menggunakan sensor warna sebagai alat pendeteksi kesegaran yang menggantikan indera penglihatan pada manusia dalam menentukan tingkat kesegaran ikan. Pada tugas akhir ini digunakan K-Neirest Neighbor sebagai metode untuk melakukan pengenalan tingkat kesegaran ikan yang diuji. Input yang digunakan pada K-Neirest Neighbor adalah berupa nilai warna RGB yang didapatkan dari sensor warna. Terdapat 3 buah kondisi kesegaran ikan yang diuji yaitu ikan segar, ikan cukup segar dan ikan busuk. Penggunaan sensor warna pada sistem telah berhasil mendapatkan pola yang khusus untuk setiap tingkat kesegaran ikan yang diuji. Dari hasil pengujian terhadap tiga buah sampel yang mewakili tingkat kesegaran ikan, didapatkan tingkat keberhasilan dalam proses identifikasi mencapai 73,33 %. Error terjadi pada identifikasi cukup segar dan busuk yang mempunyai pola yang tidak terlalu berbeda, bagaimanapun ikan ini tidaklah layak untuk dikonsumsi.

Downloads

Download data is not yet available.

Article Details

References
Abdullah. (2017). “ Sistem Penyeleksi Barang dan Berat Barang Menggunakan Pergerakan Lengan Robot Empat DOF (Degree Of Freedom)”. Jurnal Sains Komputer dan Informatika (J-SAKTI) Vol. 1 No. (1).
Budiharto, W. dan Firmansyah, S. (2010). Elektronika Digital+Mikroprosesor. Jakarta: Elex Media Komputindo.
Informatikalogi. (2018). Algoritma K-Nearest Neighbor (K-NN). [online]. Tersedia: https://informatikalogi.com/algoritma-k-nn-k-nearest-neighbor/ [27 April 2018].
Ipanda. (2015). Pengertian Arduino Uno. [online]. Tersedia: http://ilearning.me/sample-page-162/arduino/pengertian-arduino-uno/ [10 Desember 2017].
Kho. (2017). Pengertian LED (Light Emitting Diode) dan Cara Kerjanya.[online]. Tersedia: http://teknikelektronika.com/pengertian-led-light-emitting-diode-cara-kerja/ [07 Desember 2017].
Mandari, Y. dan Pangaribowo, T. (2016). “Rancang Bangun Sistem Robot Penyortir Benda Padat Berdasarkan Warna Berbasis Arduino”. Jurnal Teknologi Elektro Universitas Mercu Buana Vol.7 no. (2).
Priyadi. (2012). “Aplikasi Sensor Warna Jenis TCS230 Sebagai Alat Penentu Komposisi Warna Pada Cat Mobil”. Jurnal Eltek Vol. 10 No. (2).
Romadhon dan Balhaqi. (2015). “Prototipe Alat Pemilah Jeruk Nipis Menggunakan Sensor Warna TCS230”. Jurnal Ilmiah Mikrotek Vol. 1 No. (4).
Santoso. (2015). Panduan Praktis Arduino Untuk Pemula. [online]. Tersedia: www.elangsakti.com [27 September 2017].
Tn. (2017). Algoritma K-neirest neigbor. [online]. Tersedia : https://informatikalogi.com/algoritma-k-nn-k-nearest-neighbor/. [07 Januari 2018].
Wibowo, Rivai dan Tasripan. (2016). “Alat Uji Kualitas Madu Menggunakan Polarimeter Dan Sensor Warna”. Jurnal Teknik ITS Vol. 5 No. (1).
Wijayanti dan Nugroho. (2015). “Alat Pendeteksi Telur Berbasis Mikrokontroler PIC16F84”. Jurnal Ilmiah Go Infotech Vol. 21 No. (1).
Yodha, J. W. dan Kurniawan, A. W. (2014). “Pengenalan Motif Batik Menggunakan Deteksi Tepi Canny Dan K-Nearest Neighbor”. Techno.COM, Vol. 13 No. (4).
Zainal. (2016). ITS Didukung KKP Desain Alat Deteksi Kesegaran Ikan. [online]. Tersedia: http://www.republika.co.id/berita/pendidikan/dunia-kampus/16/11/04/og452v284-its-didukung-kkp-desain-alat-deteksi-kesegaran-ikan [06 Desember 2017].
Zona elektro. (2014). Resistor, karakteristik, nilai dan fungsinya. [online]. Tersedia: http://zonaelektro.net/resistor-karakteristik-nilai-dan-fungsinya/ [07 Desember 2017].

Author Biographies

Saleh Dwiyatno, Universitas Serang Raya

Fakultas Teknologi Informasi

Iksal Iksal, Universitas Serang Raya

Fakultas Teknologi Informasi

Sandi Nugraha, Universitas Serang Raya

Fakultas Teknologi Informasi