Main Article Content

Arief Rahmawan
Liza Efriyanti
Jasmienti
Tasnim Rahmat

Abstract

Penelitian ini mengacu kepada permasalahan yang ditemukan dari hasil observasi awal, yaitu permasalahan dalam melakukan pengambilan absensi siswa masih secara manual dan orangtua siswa tidak mengetahui apakah anak nya masuk sekolah atau tidak, hal ini dikarenakan tidak ada konfirmasi dari sekolah SMA Negeri 1 Pinangsori. Adanya permasalahan ini maka penulis merancang sebuah Aplikasi Sistem Absensi Siswa Terintegrasi Dengan Orangtua Berbasis Android Melalui Telegram di SMA Negeri 1 Pinangsori Sumut. Tujuan pembuatan aplikasi ini untuk bisa mempermudah guru dalam melakukan absensi dan orangtua dapat mengetahui anaknya masuk sekolah atau tidak dan aplikasi yang dihasilkan sesuai dengan standard ISO 25010.


Penelitian ini dilakukan dengan menggunakan jenis penelitian R&D (Research and Development) dan menggunakan Waterfall versi Pressman yang terdiri dari Communication, Planning, Modeling, Construction, dan Deployment. Selanjutnya setelah selesainya perancangan sistem aplikasi, dilanjutkan dengan uji coba produk yang terdiri dari uji validitas produk, uji validitas bahasa dan uji ISO 25010


Hasil uji yang penulis lakukan yaitu uji validitas produk memperoleh nilai rata-rata keseluruhan 0,90 dengan kategori valid. Kemudian uji validitas bahasa peneliti memperoleh nilai rata-rata 0,87 dengan kategori valid.  Kemudian uji ISO 25010 yang terdiri dari pertama uji functional peneliti mendapatkan nilai kelayakan aplikasi yakni nilai 100% yang termasuk nilai sangat layak, kedua uji usability peneliti mendapatkan nilai kelayakan aplikasi yakni 94,25% yang termasuk nilai sangat layak, ketiga uji compatibility peneliti mendapatkan nilai kelayakan aplikasi yakni 100% yang termasuk nilai sangat layak. Berdasarkan nilai diatas maka Aplikasi Sistem Absensi Siswa Terintegrasi Dengan Orangtua Berbasis Android Melalui Telegram layak digunakan untuk sekolah.

Downloads

Download data is not yet available.

Article Details

Author Biographies

Liza Efriyanti, Universitas Islam Negri Sjech M. Djamil Djambek Bukittinggi

Pendidikan Teknik Informatika dan Komputer, Tarbiyah dan Ilmu Keguruan

Jasmienti, Universitas Islam Negri Sjech M. Djamil Djambek Bukittinggi

Pendidikan Teknik Informatika dan Komputer, Tarbiyah dan Ilmu Keguruan

Tasnim Rahmat, Universitas Islam Negri Sjech M. Djamil Djambek Bukittinggi

Pendidikan Teknik Informatika dan Komputer, Tarbiyah dan Ilmu Keguruan